7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Apa itu Whatsapp Bot dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Apa itu Whatsapp Bot dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan cara efektif untuk meningkatkan loyalitas. Namun, diperlukan metode komunikasi dan platform yang dapat menjangkau banyaknya pelanggan tanpa harus banyak membuang waktu. WhatsApp Bot merupakan solusi dari kebutuhan bisnis Anda.

Hadir WhatsApp Bot sebagai solusi chatting berbasis chatbot dengan menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai platform messaging-nya. Sudah banyak pelaku bisnis di Indonesia menggunakan WhatsApp Bot untuk membantu berbagai operasional bisnis.

Apa itu WhatsApp Bot?

Chatbot bukan merupakan hal baru karena penggunaannya untuk bisnis saat ini mengalami peningkatan yang cukup pesat. Nah sebenarnya apa itu chatbot? Dan apa hubungannya dengan WhatsApp Bot?

Chatbot berasal dari kata chat yang berarti obrolan dan bot berarti robot yang diartikan sebagai layanan obrolan secara otomatis berbasis AI (Artificial Intelligent). Chatbot mampu merespon banyaknya pertanyaan layaknya percakapan antar manusia dalam bentuk pesan teks. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk membantu pekerjaan yang tidak terlalu banyak membutuhkan keahlian manusia.

Teknologi chatbot dapat diimplementasikan di platform messaging seperti WhatsApp atau WhatsApp Bot. WhatsApp Bot mampu merespon pertanyaan dan keluhan dari pelanggan yang sifatnya umum dan berulang, hal ini dapat membantu bisnis untuk meningkatkan efisiensi waktu pekerja. Dengan adanya solusi ini bisnis dapat melayani pelanggan secara cepat sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan.

Kelebihan WhatsApp Bot untuk Bisnis:

1. Mengurangi Kesalahan Human Error

Kesalahan seperti salah terjadinya typo dan lupa untuk membalas pesan pelanggan, hal ini dapat diminimalisir dengan adanya chatbot. Chatbot bersifat konsisten dalam memberikan jawaban sesuai pertanyaan yang diberikan.

2. Melayani Pelanggan selama 24/7

Pelanggan membutuhkan pelayanan yang cepat untuk melayani kebutuhan mereka. Namun ada batasan jam kerja apabila bisnis menggunakan tenaga manusia. Dengan adanya chatbot yang responsif, pelanggan akan mendapatkan pelayanan setiap saat tanpa adanya batasan waktu.

3. Menghemat Waktu dan Biaya Operasional

Bisnis dapat menghemat banyak waktu untuk membalas pesan pelanggan secara satu per satu, dan menghemat biaya untuk mempekerjakan lebih banyak pegawai untuk menangani pesan masuk. Chatbot dapat merespons otomatis setiap pertanyaan pelanggan sesuai kata kunci dan dengan cepat.

Saat ini ada pilihan yang lebih mudah dibandingkan sebuah bisnis membuat WhatsApp Bot sendiri, yaitu dengan menggunakan layanan Omni Channel Asistant (OCA) dari Telkom Indonesia. OCA merupakan layanan penyedia media komunikasi interaktif antara perusahaan (sistem/komputer) dan pelanggan dalam bentuk audio, teks, video di website ataupun aplikasi mobile menggunakan platform artificial intelligence (AI). OCA memiliki beberapa produk, salah satunya OCA AI. Dengan OCA AI, Anda bisa mendapatkan platform bot builder yang terintegrasi dengan banyak channel, fitur laporan kinerja chatbot, dan dibangun tanpa coding. Kunjungi MyTens untuk informasi lebih lanjut!

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Hubungi saya di No Telepon/WA 0821-5429-5557 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment