7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pesantren Al Ma’soem: Sekolah Unggulan untuk Para Santri di Bandung

Pesantren Al Masoem

Sebenarnya, Al-Ma’soem ini sudah berdiri cukup lama, sejak 1987-an. Namun, Lembaga Pendidikan ini baru mendirikan pesantren di tahun 2000. Dengan jumlah santri lebih dari 1000 anak, Al-Ma’soem termasuk salah satu pesantren di Bandung yang paling besar. Sistem pendidikannya yang memadukan sekolah islam terpadu berbasis asrama membuatnya cocok di era sekarang ini.

Pendidikan Formal Al-Ma’soem

Pendidikan formal Al-Ma’soem fokus di jenjang menengah, yakni SMP & SMA. Keduanya sama-sama sudah terakreditasi A. Jadi, standar mutunya telah sesuai dengan pemerintah, termasuk sistem Pendidikan, rasio siswa, dan fasilitasnya.

Yang membuatnya menarik adalah bukan hanya siswanya saja yang diawasi, tetapi juga gurunya. Bahkan, masih ada kelas pembelajaran setelah UAS selesai. Artinya, tidak ada waktu terbuang percuma untuk menunggu raport.

Pendidikan Pesantren Al-Ma’soem

Di sisi lain, Pendidikan pesantren Al-Ma’soem terbagi 3. Pertama, ada kelas regular yang fokusnya pada Al-Qur’an & tajwid, bahasa, nahwu-shorof, akidah akhlaq, dan fiqih. Kedua, ad akelas Tahsin & tahfidz Qur’an di mana Tahsin berfokus pada perbaikan bacaan Al-Qur’an sedangkan tahfidz dikhususkan untuk menghafap Al-Qur’an. Kelas lainnya adalah kelas khusus pendalaman kitab kuning seperti Safinatunnajah, Sulamut Taufiq, Ta’limul Muta’alim, Jurumiyah, Tijan Addarori, dll.

Kenapa Belajar di Al-Ma’soem?

Baik Pendidikan formal maupun pesantren, Al-Ma’soem punya banyak keunggulan. Selain sudah terakreditasi A, banyak siswa Al-Ma’soem memperoleh berbagai piagam penghargaan di beragam kompetisi sains. Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa harus memilih belajar di Al-Ma’soem:

1. Didampingi guru berkualitas untuk menghasilkan siswa yang beriman, bertaqwa, serta berilmu.

2. Siswa bebas memilih full-day school atau boarding school.

3. Waktu belajar dari pukul 7 pagi hingga 3 sore dan wajib ikut Sholat jamaah Dhuhur & Ashar.

4. Ada jam belajar tambahan pukul 6 sore hingga 8 malam (waktu Pendidikan pesantren)

5. Kurikulum Kemendiknas untuk Pendidikan formal dan kurikulum Kemenag untuk jam belajar tambahan.

6. Rasio lulusan SMA yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri cukup tinggi.

Ketrampilan yang Diajarkan di Pesantren di Bandung Al-Ma’soem

Selain dibekali ilmu agama, para santri juga akan diajari ketrampilan lainnya seperti:

1. Kesempatan memperoleh beasiswa lewat hafalan Al-Qur’an atau kriteria lain

2. Mengasah potensi santri hingga menjadi berprestasi, khususnya hafalan Al-Qur’an

3. Mengembangkan bakat & minat santri lewat kegiatan ekstrakulikuler

4. Ketrampilan wirausaha

Kegiatan-kegiatan di Pesantren Al-Ma’soem

Belajar di pesantren Al-Ma’soem sangat menyenangkan karena ada banyak kegiatan seru.

1. Ekstrakurikuler

Salah satu ekstrakurikuler yang ditawarkan adalah olahraga seperti Karate, Pingpong, Memanah, Futsal, Basket, Voli, Berenang, dll. Selain itu, ada juga ekstrakurikuler kesenian seperti Marching Band, Gitar, Gamelan, Biola, Paduan Suara,dan Les Vokal.

2. Kepesantrenan

Bagi siswa yang memilih Boarding School, akan mendapat kesempatan mengikuti kegiatan kepesantrenan yang terdiri dari Membaca Al-Qur’an, Bahasa Arab, Materi ilmu Fiqih & Al-Qur’an Hadist, dan Tahfidz.

3. Hidroponik

Kemudian, para siswa diajak bercocok tanam hidroponik. Pasalnya, pihak Yayasan telah menyediakan lahan khusus untuk bercocok tanam sayuran hidroponik. Sayur-sayuran hidroponik yang ditanam siswa nantinya juga akan dikonsumsi oleh para siswa atau santri yang tinggal di asrama.

4. Kegiatan Sosial

Terakhir, para siswa akan diajak melakukan kegiatan sosial seperti pemeriksaan & pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar pesantren. Selain itu, ada juga kegiatan donor darah, santunan anak yatim, dll di Al-Ma’soem.

Tertarik dengan pesantren modern di Bandung ini? Sebagai informasi, Al-Ma’soem beralamat di Jl. Raya Cipacing, No. 22, Jatinangor, Sumedang. Anda juga bisa menghubunginya via telepon, email, maupun WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Hubungi saya di No Telepon/WA 0821-5429-5557 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment