7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mengenal SD-WAN dan Manfaatnya untuk Perusahaan Anda

Mengenal SD-WAN dan Manfaatnya

Inovasi di bidang teknologi terus berkembang seiring dengan bergeraknya zaman. Salah satu bentuk inovasi dalam teknologi telekomunikasi adalah diciptakannya jaringan. Jaringan sangat bermanfaat bagi manusia dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Untuk menunjang kinerja jaringan ditemukan sebuah inovasi yang diberi nama SD-WAN. SD-WAN mampu mengoptimasi kinerja jaringan WAN (Wide Area Network). Software Defined-WAN (SD-WAN) menjadi solusi anyar untuk mengoptimalkan jaringan.

Apa itu SD-WAN?

SD-WAN merupakan teknologi software defined yang diintegrasikan pada WAN atau wide area network. SD-WAn berfungsi untuk menghubungkan data yang tersebar di berbagai tempat. Salah satu bentuknya adalah menghubungkan data dari kantor pusat ke kantor cabang. SD-WAN sendiri digunakan ketika perusahaan memerlukan kekuatan yang lebih pada jaringan WAN. SD-WAN mampu mengelola jaringan menjadi lebih efisien.

Manfaat menggunakan SD-WAN pada jaringan di perusahaan:

1. Meningkatnya Performa Perusahaan

Perusahaan yang menggunakan SD-WAN dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan jaringan. SD-WAN bekerja secara mandiri sehingga tidak perlu dikelola oleh pihak tertentu. Hal ini tentu meringankan beban perusahaan karena tidak perlu effort lebih dalam pengelolaan jaringan. Dengan SD-WAN proses failover hanya memakan waktu kurang dari satu menit sehingga performansi jaringan akan meningkat.

2. Fleksibilitas Meningkat

Jaringan SD-WAN memiliki fleksibilitas tinggi. Tingginya tingkat fleksibilitas ini akan mempengaruhi aliran data yang berjalan antar jaringan. Dengan ini, maka dinamika transformasi data akan berjalan dengan cepat dan tentunya lebih baik.

3. Irit Biaya

Jaringan WAN yang sudah terintegrasi dengan software defined dapat bekerja secara mandiri. Teknologi ini dilengkapi dengan sistem deteksi kerusakan otomatis yang membuat jaringan akan melakukan recovery mandiri jika ada bagian yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya maintenance dengan banyak.

4. Didukung Sistem Keamanan Terenkripsi

SD-WAN menggunakan sistem yang akan mengenkripsi data sehingga data tidak bisa dilihat oleh sembarang pihak. Enkripsi sendiri merupakan sebuah proses yang mengkonversikan data menjadi gabungan sandi dan kode yang tidak bisa diterjemahkan oleh banyak orang. Dapat  dipastikan data jaringan konektivitas perusahaan yang menggunakan SD-WAN terjaga keamanannya.

5. Sistem Pemantauan Kinerja Terpusat

Terdapat dashboard pada sistem untuk memantau kinerja jaringan. Dashboard tersebut dapat diakses dengan mudah oleh siapa pun. Informasi yang terdapat pada dashboard dapat dimengerti orang awam. Dengan hadirnya fitur dashboard pada SD-WAN, Anda dapat mengetahui seberapa optimal jaringan yang Anda gunakan. Informasi yang tertera pada dashboard dapat menjadi bahan evaluasi kinerja jaringan yang juga berpengaruh terhadap sistem di perusahaan.

Lima poin di atas adalah alasan mengapa Anda harus mengoptimasi SD-WAN pada jaringan di perusahaan. Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia memiliki layanan SD-WAN yang terbukti dapat menjadi solusi efisiensi jaringan perusahaan. SD-WAN Telkom menyediakan berbagai keuntungan yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Hubungi saya di No Telepon/WA 0821-5429-5557 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment