7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

7 Cara Mendapatkan Pelanggan Untuk Usaha Kecil

Cara Mendapatkan Pelanggan Untuk Usaha Kecil

Terdapat banyak cara mendapatkan pelanggan untuk usaha kecil yang bisa dilakukan secara konsisten. Tak hanya bisnis besar, usaha kecil atau UKM juga berpeluang mendapatkan pelanggan yang banyak.

Pelanggan menjadi faktor penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Tanpa mereka, usaha kecil yang Anda bangun juga tidak akan berjalan. Dengan begitu, Anda perlu mencoba beberapa cara berikut ini agar mendapatkan banyak pelanggan.

1. Kenalkan Produk Anda

Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda dapat memulainya dengan mengenalkan produk yang ditawarkan. Mereka tidak akan membeli jika informasi produk kurang detail. Terlebih jika produk tersebut terpasang secara online di media sosial. Pembeli akan ragu untuk membelinya.

Penting bagi setiap UKM memberikan informasi terkait barang yang dijual. Berikan deskripsi produk secara jelas dan ringkas. Pastikan menggunakan bahasa dan gaya penulisan yang sesuai dengan target pelanggan Anda, apakah mereka anak muda atau orang tua.

Secara psikologis ini mempengaruhi mereka karena terlihat sedang ditawarkan produk secara real saat berada di toko. Dengan begitu, mereka akan lebih tertarik dan yakin akan produk yang Anda jual.

Keyakinan mereka juga akan bertambah jika Anda menyematkan katalog foto produk yang sesuai dengan deskripsi barang. Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti ShopKey untuk membuat etalase produk yang bisa diakses calon pembeli dengan mudah.

2. Manfaatkan Teknologi dan Internet

Seiring perkembangan zaman, kita tidak terlepas dengan kemajuan teknologi dan internet. Dampak positif dari perkembangan ini adalah memudahkan kita dalam menjangkau orang di luar sana tanpa harus bertatap muka dan mendatanginya.

Dengan kecanggihan teknologi berupa gadget dan internet super cepat, Anda bisa berkomunikasi secara virtual dengan banyak orang. Mengingat banyak platform dan aplikasi yang bisa digunakan sebagai sarana berkomunikasi, mulai dari media sosial, website, dan marketplace.

Ketiga platform tersebut tentu akan memberikan peluang besar agar pelanggan bisa bertambah. Jika Anda terbiasa memasarkan produk secara offline, seperti promosi produk dari mulut ke mulut saja, mulai manfaatkan ketiga platform tadi sebagai tempat mengenalkan produk UKM Anda.

3. Aktif Pasang Iklan

Sebagai UKM, mengeluarkan biaya untuk pembuatan dan pemasangan iklan mungkin akan menjadi pertimbangan besar. Terlebih jika anggarannya tidak terlalu besar, tentu menjadi PR bagi pebisnis bagaimana caranya menarik pelanggan melalui produk yang ditawarkan.

Ada cara yang lebih  murah untuk tetap eksis di hadapan pelanggan, yaitu dengan membuat konten yang menarik. Pembuatan konten sebagai strategi pemasaran dinamakan sebagai konten marketing. Jadi, Anda harus pintar menyesuaikan konten dengan target pelanggan.

UKM yang membuat konten akan lebih mudah mendapat kepercayaan pelanggan karena menganggap usaha Anda cukup unik dalam memasarkan produknya. Bisa jadi, brand dari UKM Anda akan lebih mudah diingat oleh mereka yang melihatnya.

4. Gencar Melakukan Promosi

Salah satu trik yang sering digunakan para pebisnis adalah memberikan promo menarik bagi pelanggan mereka. Usaha kecil Anda bisa meniru gaya ini dengan memperhatikan beberapa hal. Apakah nantinya tetap untung atau malah rugi? Untuk itu, gunakan strategi promosi yang cerdik.

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan hari besar seperti tanggal kembar atau hari Kemerdekaan Indonesia sebagai peluangmu dalam meningkatkan penjualan. Tentunya, ini akan berdampak pada peningkatan jumlah pelanggan.

Secara sadar, pembeli akan membandingkan harga produk di toko A dengan lainnya. Tidak ada salahnya untuk menurunkan harga asli dalam waktu tertentu. Sebab, pembeli juga memikirkan keuntungan bagi mereka sendiri. 

Untuk memulainya, gunakan ShopKey sebagai aplikasi pengatur promo produk UKM Anda. Fitur ini sangat mudah digunakan. Cukup dengan memilih produk yang ingin Anda promosikan, kemudian tentukan harga akhir produk itu sesuai keinginan. Nantinya, ShopKey akan menghitung jumlah diskon yang terhitung. Bahkan, Anda bisa menentukan jadwal promosi tersebut.

5. Lakukan Kolaborasi

Dalam hal pemasaran produk, layanan kolaborasi dengan influencer menjadi salah satu strategi marketing yang patut dicoba bagi pebisnis. Cara ini dinilai cukup efektif apabila dijalankan dengan benar. Produk UKM Anda akan semakin dikenal dan meningkatkan penjualan.

Minimal, Anda akan mendapatkan target pelanggan baru dari banyaknya jumlah followers mereka. Hal ini menjadi salah satu kelebihan bagi UKM yang berkolaborasi dengan mereka karena telah membuka pintu akses para followers untuk mengenal produk Anda.

Selain beberapa manfaat di atas, pentingnya berkolaborasi dengan influencer adalah mereka akan menambah nilai dari produk UKM yang ditawarkan. Nantinya, para influencer itu akan memberikan detail informasi, seperti kelebihan produk tersebut. Pesan penting ini yang nantinya akan ditangkap oleh orang lain.

Untuk mulai melakukannya, ada beberapa hal yang perlu direncanakan. Pilih kolaborasi dengan  influencer dengan patokan harga yang tidak terlalu tinggi. Biasanya, Anda dapat meminta bantuan dengan barter produk dan jasa influencer mereka. Kekuatan influencer memang cukup besar dalam menarik perhatian pelanggan. Namun, jangan jadikan mereka hanya sebatas sarana promosi saja. Buatlah mereka menjadi satu bagian dengan UKM Anda.

6. Gunakan Testimoni Pelanggan

Semakin banyak testimoni pelanggan yang Anda tampilkan, membuat orang lain ikut percaya akan produk UKM yang ditawarkan. Mereka cenderung melihat penilaian pembeli lain sebelum mereka sendiri membelinya. Sebab, mereka tidak mau rugi jika ternyata produk tidak cocok.

Untuk mendapatkan testimoni, Anda bisa menyediakan tempat untuk pelanggan memberikan feedback terhadap produk yang mereka beli. Anda bisa memulai memasang testimoni dari teman, keluarga, atau orang terdekat yang pernah membeli produk tersebut.

Tips bagi pebisnis agar mendapat kan testimoni yang baik adalah dengan memberikan kualitas yang baik mulai dari produk hingga layanan yang diberikan, seperti packing yang cepat dan aman untuk UKM online, atau sekadar merespons feedback para pelanggan.

7. Beri Pelayanan Terbaik

Memberikan layanan terbaik tak sekadar menarik perhatian pelanggan, namun menjadi hal penting setelah terkoneksi dengan mereka. Anda perlu memikirkan tentang reputasi UKM dari pembicaraan konsumen di belakang usahamu.

Pelayanan menjadi penilaian penting bagi setiap pelanggan. Untuk itu, bangun layanan UKM Anda dengan ramah. Pastikan untuk memberikan afirmasi positif agar mereka mau datang dan membeli lagi. Bonusnya, mereka akan ikut mempromosikan UKM Anda ke teman mereka karena penilaiannya terhadap layanan ini.

Cara memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan semakin meningkat bisa Anda lakukan dengan menjadikan pelanggan sebagai prioritas, mendengarkan keluhan mereka, mencari solusi jika ada kendala, dan yang terpenting jadilah sabar dan jaga kesopanan.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Hubungi saya di No Telepon/WA 0821-5429-5557 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment