7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pahami 4 Aspek dalam Memilih Cloud Service Berkualitas

4 Aspek dalam Memilih Cloud Service Berkualitas

Saat ini, ada banyak pilihan untuk menggunakan cloud service di Indonesia. Hal ini sejalan dengan permintaan pasar yang semakin lama semakin besar. Beberapa perusahaan mulai banyak beralih dan berpindah memanfaatkan sistem cloud untuk pengelolaan data yang lebih efektif. Dengan demikian, semua permasalahan yang rumit bisa diselesaikan dengan mudah.

Untuk menggunakan cloud, Anda bisa memanfaatkan layanan lokal atau global, tergantung pilihan masing-masing perusahaan. Namun, sebelum memutuskan untuk memanfaatkan teknologi cloud, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa aspek penting seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Keamanan data dan informasi

Pada dasarnya, cloud merupakan sistem atau teknologi yang bisa menyimpan data secara online. Semua data dan informasi penting terkait perusahaan Anda akan tersimpan dalam satu tempat yang telah terjamin keamanannya. Untuk mendapatkan fasilitas ini, Anda membutuhkan jasa penyedia layanan cloud computing.

Namun, sebelum memutuskan menggunakan jasa yang ditawarkan, tentunya Anda harus melihat track record dari penyedia tersebut. Hal ini penting dilakukan agar data dan informasi perusahaan yang bersifat rahasia dan sensitif tidak tersebar dan bocor ke publik.

Mengukur performa layanan

Sebelum memutuskan menggunakan cloud, salah satu hal yang juga perlu menjadi pertimbangan adalah performa layanan. Anda tentu tidak ingin menghabiskan modal yang besar dengan hasil yang tidak maksimal, bukan? Itulah mengapa, mengukur performa layanan penting dilakukan sehingga Anda mampu mengukur dampak yang akan terjadi di masa mendatang.

Anda juga bisa mencari layanan yang memberikan trial atau test drive terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah melihat hasil penggunaan dan mampu mengukur performa layanan dari penyedia jasa cloud.

Memperhitungkan biaya

Mendapatkan performa yang baik dengan harga yang terjangkau menjadi harapan semua perusahaan. Seperti yang kita ketahui, perhitungan biaya berkaitan secara langsung dengan modal yang harus dikeluarkan setiap bulannya oleh perusahaan. Lalu, bagaimana cara mengukur biaya yang tepat? Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melihat dan memahami kebutuhan yang diinginkan.

Agar lebih mudah, Anda bisa melakukannya berdasarkan ukuran yang dibutuhkan, lalu bandingkan dengan penyedia layanan yang ada. Selanjutnya, perhatikan ukuran yang diberikan tersebut secara mendetail.

Lokasi data

Lokasi sebaiknya disesuaikan dengan bisnis yang dijalankan perusahaan. Misalnya, jika perusahaan bergerak di sektor keuangan atau financial, lokasi data harus berada di Indonesia. Pada dasarnya, lokasi akan berpengaruh terhadap kebutuhan yang diinginkan perusahaan. Itulah mengapa, ada baiknya Anda memilih lokasi data lokal karena jauh lebih fleksibel, murah, dan terjamin. Jika terjadi permasalahan, penanganan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tidak terlalu menghabiskan banyak biaya.

Beberapa penjelasan di atas bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan cloud service. Saat ini ada banyak pilihan penyedia cloud, salah satunya adalah neuCentrIX yang menjadi pelopor cloud service berkualitas di Indonesia.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Hubungi saya di No Telepon/WA 0821-5429-5557 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment