7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Membaca Data dari Fitur Instagram Analytics

Cara Membaca Data dari Fitur Instagram Analytics

Instagram analytics adalah tool bawaan Instagram yang dapat digunakan untuk memperoleh insight. Namun, sebelumnya akun yang Anda kelola harus dialihkan ke profil bisnis. Lantas, bagaimana cara membaca data agar bisa memanfaatkan sebaik mungkin?

Membaca Data Instagram Analytics

Membeda fitur Instagram Insight akan membuat Anda kebanjiran banyak angka, grafik, dan data lain. Saat membuka tool ini umumnya ada 3 tabs yang akan Anda dapati diantaranya:

1. Activity

Di dalam tab ini ada metrik interactions dan discovery. Interactions menyajikan data banyak pengguna berinteraksi dengan akun Anda dalam sepekan. Di dalamnya terdapat data meliputi jumlah likes, comments, saves, share, website clicks, call, emails, dan profile visits. Semuanya disuguhkan dalam angka yang mudah dipahami. 

Data dalam tab ini dapat Anda gunakan untuk evaluasi. Misal mengapa engagement hari Sabtu lebih tinggi dibanding hari-hari lain. Demikian Anda bisa mengetahui waktu terbaik untuk memposting konten.

Adapun discovery menampilkan keseluruhan interaksi dalam metrik reach dan impressions. Anda bisa melihatnya dalam bentuk rasio jumlah pengguna yang berkunjung dengan jumlah impresi. Reach menampilkan jumlah pengguna yang melihat konten, sedangkan impressions menampilkan jumlah konten ditampilkan.

2. Content

Tab ini menampilkan jumlah konten yang Anda posting dalam sepekan dan perbandingan jumlah postingan dengan pekan sebelumnya. Terdapat 3 sub menu yang menyuguhkan insight lebih rinci seperti feed post, stories, dan promotion.

3. Audiens

Tab ini membantu memahami audiens dengan membandingkan pertumbuhannya. Anda bisa melihat lokasi audiens berdasar kota ataupun negara. Ada juga data dalam persentasi yang menyajikan top location, age range, gender, dan most active time.

Data-data dalam tab ini bisa Anda manfaatkan untuk merencanakan konten yang lebih relatable dengan audiens.

Bila ingin mendapat data lebih membangun, kini Anda juga bisa memanfaatkan layanan Matamaya.id. Layanan Instagram analytics memungkinkan Anda mendapat insight tentang target audiens seperlu meningkatkan performa di Instagram.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Hubungi saya di No Telepon/WA 0821-5429-5557 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment