7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memahami Tentang Mesin CNC dan Jenisnya

Mesin CNC

Penggunaan alat-alat tentunya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan industri di era sekarang ini. Anda tentu mengerti bahwa jika alat tersebut memenuhi harapan dan kebutuhan Anda, semuanya akan bermanfaat bahkan sudah banyak digunakan dalam industri. Pernahkah Anda mendengar tentang mesin CNC dari MesinCNC.id? Mesin yang tidak asing lagi di industri manufaktur. 

Pengertian Mesin CNC

Mesin CNC banyak digunakan dalam industri manufaktur dan dapat secara akurat memproduksi banyak komponen teknik mesin dalam waktu yang relatif singkat. Sesuai dengan namanya, computer numeric control, mesin ini menggunakan sistem komputer dalam setiap prosesnya untuk memastikan hasil produk yang akurat. 

Contoh sederhana penggunaannya yaitu pembuatan baut dan sekrup, tentu saja perlu disesuaikan dengan presisi atau paten tertentu (jika diperlukan). Dengan mesin canggih ini, komputer Anda dapat dengan mudah mengontrol semua perangkat mekanis. 

Terutama dalam proses pengeboran dan pemotongan berbagai material/benda. Dengan cara ini, objek dari mesin CNC akan sesuai dengan tingkat akurasi tertentu. Tentu banyak keuntungan ketika membuat produk dengan mesin CNC dibandingkan dengan mesin tradisional atau manual.

Cara Kerja Mesin CNC

Fungsi mesin CNC tidak jauh berbeda dengan fungsi robot. Cukup masukkan program dan mesin akan secara otomatis bergerak untuk menjalankan perintah dari program. Perancangan mesin CNC dilengkapi dengan perangkat komputer yang mendukung proses perancangan produk secara digital. 

Mesin kemudian membaca desain dan menyesuaikannya dengan tepat. Dengan membaca program, mesin memproduksi produk sesuai dengan desain. Secara sederhana, mesin CNC bekerja dengan beberapa prinsip/jalur seperti:

1. Programmer membuat program sesuai dengan desain produk. Cukup ketik di mesin atau komputer Anda. Namun, sebelum Anda dapat menggunakan komputer Anda, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Anda telah menginstal program CNC di komputer Anda.

2. Prosesor mesin CNC kemudian mengirim dan memproses program (GCode). 

3. Motor penggerak menyesuaikan motor servo dan mesin CNC menggerakkan untuk memproses dan memproduksi produk. 

Macam-macam Mesin CNC dan Fungsinya

1. Mesin CNC Plasma Cutting

Jenis ini sering digunakan untuk logam 2D. Mesin ini agak mahal, tetapi tidak membutuhkan daya sebanyak menggunakan router. Bahkan, hasilnya sangat bagus. Proses operasi menggunakan obor plasma. Output dari obor plasma sangat tinggi. Alat ini bahkan dapat memotong benda yang sangat berat. Dibandingkan dengan las busur, mesin ini memiliki suhu tinggi hingga 5.000 ° C.

2. Mesin CNC Router

Kebanyakan orang menggunakan mesin ini dalam proses produksinya. Umumnya mesin CNC jenis ini digunakan untuk mengolah plastik, logam, atau kayu. Sebagai operator, Anda tidak perlu mengoperasikan mesin. Cukup masukkan program ke dalam mesin dan router CNC akan berfungsi dengan baik

3. Mesin CNC Laser

Prinsip operasi mesin laser CNC jenis ini mirip dengan mesin pemotong plasma. Perbedaannya terletak pada alat pemotongnya. Pemotong plasma menggunakan obor plasma, dan pemotong laser menggunakan laser. Mesin ini tidak hanya dapat memotong logam dan kayu, tetapi juga plastik.

4. Mesin CNC Bubut

Mesin bubut CNC ini merupakan mesin yang mencengkeram dan memutar objek kerja/benda sedangkan poros atau spindel yang berputar menggerakan alat potong ke semua sumbu. Mesin bubut CNC umumnya digunakan dalam proses manufaktur untuk memproduksi berbagai produk. 

Misalnya, pembuatan pipa dan poros. Mesin ini sangat cocok untuk benda kerja melingkar/simetris, memungkinkan spindel untuk mencengkeram sumbu dalam bentuk melingkar. Sumbu mesin bubut CNC sama dengan mesin bubut konvensional. 

Perbedaan yang dimiliki yaitu mesin ini memiliki beberapa keunggulan lain yaitu dapat memproduksi produk yang seragam dalam ukuran dan bentuk, dapat menyesuaikan (mengurangi atau menambah) hasil produk, hasil pengukuran sangat akurat dan tidak perlu diperiksa berulang kali, proses pembuatannya sangat cepat sehingga Anda dapat menghemat waktu, dan terjangkau.

MesinCNC.id jual mesin CNC plasma cutting, CNC router, CNC laser, hingga CNC bubut dengan pilihan spesifikasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan industri Anda. tidak perlu bingung bagaimana cara menggunakannya karena MesinCNC.id akan mengajarkan atau memberikan training untuk penggunaan mesin yang tentu saja akan menjadi salah satu yang membantu dalam meningkatkan peluang usaha Anda.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Hubungi saya di No Telepon/WA 0821-5429-5557 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment