7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kumpulan Doa Untuk Orang Yang Sakit

Kumpulan Doa Untuk Orang Yang Sakit

Apabila kerabat atau teman jatuh sakit maka kita dianjurkan untuk menjenguk dan mendoakan kesembuhannya. Sebab yang namanya menjenguk itu bukan hanya untuk menjenguk dan untuk tanya kabar saja, tetapi juga untuk menyemangatinya dan mendoakan kesembuhan baginya. 

Menjenguk dan mendoakan orang yang sakit juga merupakan perbuatan yang terpuji. Menjenguk juga dapat menyenangkan orang sakit asalkan datang di waktu yang tepat. 

Lalu bagaimana doa untuk orang sakit? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba merangkum beberapa doa yang bisa dibacakan untuk orang yang sedang sakit sebagai berikut : 

1. Allahumma inni audzubika minal-barashi, wal-junuuni, wal-judzami, wa min sayyiil-asqaam.

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari segala penyakit buruk (mengerikan) lainnya.” (HR. Abu Daud no. 1554, Ahmad 3 : 192).

2. Ini merupakan salah satu doa yang dapat diamalkan ketika ada anggota tubuh yang sakit. Misalnya, keseleo atau sakit gigi. Rasulullah shallallahu alaihi wassallam mengajarkan doa ini, sembari memerintah untuk meletakkan tangan di bagian yang sakit pada badannya. 

Bismillah (3 x)

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri ma ajidu wa uhaadzir (7x)

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai.”

3. Asalullahal Adhim rabbal ‘arsyil adhim. An yasyfiika fa inkaana fii ajalihi takhirun ‘afii min waj’ihi.

Artinya : “Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, pemilik ‘Arsy yang besar untuk menyembuhkanmu. Maka apabila dalam ajalnya yang datang kemudian, semoga dia diselamatkan (dibebaskan) dari rasa sakitnya.”

4. Doa Lain

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.” (HR. Abu Dawud 1554).

5. Doa Lain

Allahumma fa’ annal ghala wal waba’ war-riba waz zina wal zalazila wal mihan, wa su’al fitan, ma dhahara minha wa ma bathan, ‘an bilaadina haadza khaashatan wa ‘an saa’iri biladil muslimiin, bi rahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya : “Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit, wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman –ancaman yang beranekaragam, paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau maha berkuasa atas segala seuatu.

6. Doa Lain

Adzhibil ba’sa allahumma rabban naasi wasyfii anta syaafi laa syifaa’a illa syifaa’uka syifaa’an laa yughaadiru saqoma.

Artinya : “Hilangkanlah rasa sakit Ya Allah Rabb manusia, sembuhkanlah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

7. Syafallahu saqomaka, waghofaro dzanbaka wa’aafaaka fii diinika wajismika illa muddatin ajalika.

Artinya : “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

8. Doa Nabi Ayyub

Artinya : “(Ya Rabbku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Yang Maha Penyayang diantara semua penyayang.” (QS. Al Anbiya : 83).

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang beberapa doa kesembuhan dari penyakit yang bisa anda baca saat anda atau orang lain sedang sakit, semoga ada guna dan manfaatnya.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment