7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Beli Mobil Baru Kredit atau Cash, Mana yang Lebih Baik?

Beli Mobil Baru Kredit atau Cash

Baik itu membeli mobil secara cash dan kredit, Anda bisa melakukannya di dealer resmi Suzuki Sejahtera Sunindo Trada. Anda bisa memilih pembayaran sesuai dengan kemampuan, tapi mana yang sebaiknya dipilih kredit atau cash?

Masing-masing cara pembelian ini memiliki keuntungan dan kerugian. Sebelum memutuskan untuk membeli akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan dari dua sisi yaitu untung atau rugi. Maka pembelian yang lebih menguntungkan bisa didapatkan.

Untung Rugi Pembelian Mobil secara Cash

Sebelum hadirnya pembayaran secara kredit, setiap orang harus membeli mobil dengan uang tunai. Keuntungan yang dirasakan sudah pasti yaitu bebas dari tekanan hutang karena Anda tidak perlu mencicil uang bulanan.

Anda hanya perlu mempersiapkan biaya perawatan saja dan merasa lebih tenang soal keuangan. Selain bebas dari beban, beberapa dealer biasanya juga akan memberikan potongan harga untuk pembelian secara tunai.

Selain kedua keuntungan tersebut, ada juga resiko yang bisa jadi kerugian pada saat Anda membeli mobil. Pertama adalah Anda harus mempersiapkan dana yang besar, bahkan tabungan yang selama ini dikumpulkan mungkin saja akan langsung habis.

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan, pendidikan dan asuransi lainnya maka tidak masalah karena masih bisa merasa aman. Apabila tidak ada asuransi dan Anda sudah berkeluarga tentu biaya kebutuhan kesehatan sekaligus cadangan darurat akan ikut terambil.

Memang tidak mudah untuk membeli mobil secara cash, karena perencanaan keuangan harus lebih matang lagi. Oleh karena itulah kebanyakan orang modern dengan uang mepet lebih memilih membeli secara kredit.

Namun pembelian kredit pun juga bukan tanpa resiko, tetap ada untung rugi yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membeli mobil baru.

Untung Rugi Pembelian Mobil secara Kredit

Sistem pembelian secara kredit menjadi salah satu faktor yang mendorong produksi mobil besar-besaran. Pasalnya lebih banyak masyarakat yang lebih memilih cara ini untuk bisa memiliki kendaraan roda empat.

Hadirnya leasing atau perusahaan yang membiayai kredit mobil, motor, rumah mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan yang diinginkan. Konsepnya konsumen akan membayar cicilan serta bunga setiap bulannya dalam jangka waktu tertentu.

Prosesnya memang mudah, tapi soal kredit mobil ini tetap ada keuntungan dan kerugiannya. Mengingat harga mobil tidaklah mudah, Anda harus mengenali lebih dalam untung rugi dari sistem pembelian ini.

Adapun keuntungan yang dihadirkan adalah, pertama secara psikologis kredit adalah proses yang lebih ringan dibandingkan pembayaran tunai. Apalagi mengingat harga mobil yang mencapai ratusan juta tidaklah kecil. Cukup sulit untuk mengumpulkan uang segitu banyak dan menggunakannya untuk membeli mobil saja.

Kedua, perusahaan leasing mempermudah proses pengajuan kredit selama syarat-syarat yang dipenuhi sudah benar. Anda bisa langsung membawa mobil hanya dengan membayar DP saja yang mungkin tidak sampai ratusan juta rupiah.

Keuntungan ketiga adalah masih banyak keperluan bulanan lain yang tercover dari pemasukan. Baik itu biaya kesehatan sampai hiburan masih saja tersedia untuk digunakan. Begitu juga untuk biaya menabung.

Ada keuntungan tentu ada kerugiannya, soal hal ini juga akan mempengaruhi rencana keuangan bulanan. Pertama, Anda harus memiliki pemasukan keuangan yang lebih besar, bukan hanya mencukupi kebutuhan sehari-hari saja.

Kedua, jika Anda masih memiliki cicilan rumah atau yang lainnya artinya hutang akan bertambah banyak. Ingat bahwa leasing hanya meminjamkan uang dengan bunga untuk pembelian mobil. Otomatis Anda berhutang pada perusahaan leasing dan harus membayar sesuai perjanjian.

Resiko ketiga adalah bisa mengalami kenaikan suku bunga kredit ketika negara terdampak masalah sosial dan politik. Begitu juga denda akibat keterlambatan membayar cicilan bulanan. Bunga ini jika ditotal bahkan bisa lebih besar dibandingkan ketika membeli mobil tunai.

Keputusan membeli secara tunai atau kredit tetap berada di tangan Anda. Setiap dealer pasti akan menyarankan beberapa perusahaan leasing yang sudah bekerja sama sejak awal.

Jika ingin kredit Anda bisa memilih mana perusahaan yang menawarkan bunga rendah dengan ketentuan cicilan yang tidak ribet.  Baik itu pembelian tunai atau kredit semuanya bisa Anda lakukan langsung di dealer Suzuki Sejahtera Sunindo Trada.

Sebelum membeli Anda bisa mengakses suzukitradajateng.co.id untuk bertanya langsung dengan sales resmi soal fitur mobil, harga dan proses pembeliannya secara lengkap. Membeli mobil di dealer Suzuki sudah dipermudah sehingga Anda tinggal memilih mobil mana yang ingin dibeli.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment