7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tips Membuat Konten untuk Audiens Online Shop Fashion

 Pembuatan Konten Online Shop Fashion

Seiring berjalannya waktu kini online shop di bidang fashion semakin banyak bermunculan. Agar bisa bertahan di sini maka Anda bisa menggunakan website dengan membeli layanan hosting murah per bulan yang stabil dan berkualitas. Setelah itu, pastikan website diisi dengan konten-konten yang menarik. Berikut adalah beberapa tips membuat konten menarik untuk keperluan audiens online shop fashion.

Tips Membuat Konten untuk Audiens Online Shop Fashion

1. Pahami Konsep Brand

Tips pertama yang bisa dicoba dalam pembuatan konten adalah memahami konsep brand terlebih dahulu. Sebagai pemilik suatu brand atau toko online di bidang fashion, tentu harus ditentukan dulu konsep apa yang ingin dihadirkan. Zaman sekarang ini ada banyak sekali toko online di bidang fashion yang bermunculan. Anda harus membuat konsep bisnis yang menarik dan punya nilai unik.

Baca juga: Bingung Mau Usaha Apa? Coba Lihat 7 Bisnis yang Paling Cocok untuk Anak Muda Ini

Pembuatan konten harus disesuaikan dengan konsep dari toko yang Anda jalankan. Misalnya, Anda ingin membuat toko baju yang mengusung konsep fashion ala Korea. Produk-produk yang dijual nantinya adalah produk baju dengan model ala artis atau idol di sana. Konten yang ditampilkan nanti juga sebaiknya memiliki hubungan dengan dunia Korea. 

2. Kenali Jenis Produk

Selanjutnya pahami dulu setiap jenis produk yang akan Anda jual di toko online tersebut. Setiap produk pasti akan memiliki target audiens yang berbeda. Konten yang ditampilkan harus bisa mencerminkan atau menggambarkan produk spesifik yang ingin dijual. Konten tersebut harus bisa membuat masyarakat mengenal produk dengan baik.

Sebagai contoh, Anda ingin menjual produk sweater yang cocok dengan gaya anak muda zaman sekarang. Buatlah konten yang bisa menjangkau anak muda yaitu dengan mengangkat tema yang mereka sukai. Beda lagi jika produknya adalah gamis untuk wanita muslimah. Konten religi akan lebih cocok untuk jenis produk seperti ini.

3. Cari Tahu Tren Masyarakat

Agar konten bisa mendapatkan perhatian dari audiens maka penting sekali untuk menyesuaikan dengan tren terbaru. Topik apa yang sekiranya sedang banyak diperbincangkan saat ini. Jadikan ini sebagai konten dengan tampilan yang lebih menarik untuk mendapatkan perhatian dari audiens.

Baca juga: Bisnis Anak Muda yang Menjanjikan Dijaman Sekarang Ini

Namun, tetap pastikan bahwa tren tersebut tidak bertentangan dengan konsep toko online juga jenis produk yang dijual. Tentu akan aneh hasilnya jika konten yang disajikan hanya memikirkan tren terbaru tanpa menyesuaikan dengan jenis produk. Jika perlu, ajak juga audiens untuk berkomunikasi dengan meminta mereka meninggalkan komentar atau pendapat mengenai tren tersebut.

4. Sesuaikan dengan Target Audiens

Sebuah konten yang baik harus sesuai dengan target audiens yang sudah ditentukan. Penting sekali bagi pelaku usaha untuk melakukan riset target audiens dan menemukan mana audiens yang cocok dengan konsep bisnisnya. Jika sudah dilakukan riset target audiens, maka akan lebih mudah untuk membuat konsep. Pembuatan konsep tidak akan melenceng dari audiens yang ditargetkan.

Saat akan membuat website bisnis, Anda bisa segera beli domain per tahun terlebih dahulu. Kemudian tentukan tema atau konsep website bisnis. Namun sebelumnya harus ditentukan dulu target audiens yang ingin dijangkau. Barulah website dikelola sesuai dengan target audiens dan pembuatan konten untuk keperluan marketing juga harus disesuaikan.

5. Pastikan Konten Bermanfaat

Meskipun konten Anda dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan banyak konsumen, namun tetap usahakan bahwa konten tersebut bermanfaat. Jangan hanya mencari keuntungan sendiri. Konten yang Anda unggah di website atau media sosial harus bisa memberi manfaat bagi audiens. Jenis konten seperti inilah yang akan diapresiasi dan disukai oleh banyak orang.

Baca juga: 4 Tips Memulai Bisnis Jasa Content Placement Terbaik

Sebagai contoh, Anda bisa membuat konten yang membahas mengenai tips-tips merawat baju. Anda juga bisa mengunggah konten berupa ide-ide styling menggunakan produk baju yang Anda jual. Semakin banyak manfaat yang diberikan oleh suatu konten maka akan semakin bagus. Cara ini juga akan membantu pengunjung website dan pengikut media sosial meningkat.

6. Sajikan dalam Beragam Bentuk

Jangan hanya menyajikan bentuk konten yang itu-itu saja. Misalnya, untuk keperluan website Anda hanya mengunggah konten berupa tulisan dan gambar pelengkap. Agar tak membosankan, sajikan juga konten dalam bentuk video. Biasanya konten dalam bentuk video jauh lebih menarik dan banyak dinantikan oleh para audiens. 

Buat selang-seling bentuk konten yang ditampilkan. Terutama jika Anda mengunggah konten di media sosial. Hindari mengunggah konten dalam bentuk yang sama berturut-turut. Ini akan membuat audiens merasa bosan. Gali kreativitas Anda agar bisa menampilkan bentuk konten berbeda namun tetap menarik. 

Baca juga: Sukses Menjadi Pebisnis Sablon: Cari Tau Tips Ampuh Disini

Hal ini penting untuk diperhatikan terutama dalam pembuatan konten website. Seringkali konten website dibuat terbatas berupa tulisan dan gambar. Anda bisa berkreasi dengan menampilkan bentuk konten yang lebih unik. Gunakan layanan hosting murah yang bisa stabil diakses sehingga konten dalam bentuk apapun dapat dilihat dengan lancar oleh audiens.

7. Selipkan Giveaway

Siapa tidak suka giveaway? Program satu ini sudah pasti akan tinggi peminat. Dalam pembuatan konten online shop, Anda bisa menyelipkan program giveaway. Bagikan hadiah-hadiah sederhana melalui kuis atau game kecil-kecilan di media sosial. Konten giveaway ini sudah pasti akan menarik perhatian apalagi jika nilai barang yang dijadikan hadiah cukup tinggi.

Buatlah sebuah program giveaway yang menarik dan unik. Misalnya dengan membuat video styling memakai satu fashion item favorit. Mintalah peserta giveaway untuk membagikan postingan dan menggunakan hashtag tertentu agar semakin banyak insight dari postingan tersebut.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online agar Dikenal dan Terpercaya

Program giveaway ini bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Sebaiknya jangan melakukan giveaway terlalu sering karena selain membosankan juga akan rugi karena harus keluar modal untuk hadiah. Buat saja jadwal giveaway secara berkala. Jika memungkinkan maka ajak brand lain untuk bekerja sama sehingga hadiah yang diberikan bisa lebih besar.

8. Jalin Kerja Sama

Agar konten yang dibuat tidak membosankan dan lebih kreatif maka Anda bisa menjalin kerja sama dengan pihak lain. Misalnya dengan endorsement influencer maupun pihak lain yang berpotensi membuat produk Anda lebih dikenal. Kolaborasi dengan toko online lain juga bisa dijadikan pilihan untuk menghasilkan konten yang menarik.

Pemilih rekan dalam bekerja sama juga harus diperhatikan. Pilih partner yang sesuai dengan konsep bisnis dan produk yang Anda jual. Jika ingin melakukan endorsement maka pilih influencer yang punya target audiens sama dengan bisnis Anda.

9. Unggah Ulasan Konsumen

Anda juga bisa membuat konten yang berisikan ulasan dari konsumen. Konten seperti ini juga dinantikan oleh audiens apalagi mereka yang berniat untuk membeli produk Anda. Menampilkan ulasan positif dari konsumen sangatlah penting karena bisa berdampak positif pada angka penjualan. Jangan terus-menerus mengunggah konten produk tapi sesekali unggah juga feedback dari konsumen. 

Namun, sangat disarankan untuk menampilkan ulasan konsumen ini dalam bentuk yang menarik. Kreativitas pembuatan konten sangat dibutuhkan agar dihasilkan konten yang langsung menarik perhatian audiens. Misalnya, Anda bisa membuat gambar komik yang di dalamnya memuat percakapan dengan isi ulasan dari konsumen. 

Baca juga: Cara Sukses Memulai Bisnis Print Kaos DTG

Itulah tips-tips membuat konten yang menarik audiens untuk online shop fashion. Pastikan konten-konten yang dibuat memiliki muatan informasi yang bermanfaat dan mendukung jalannya online shop. Jangan lupa, beli domain yang stabil dan berkualitas agar semua konten dapat diakses dengan lancar oleh pengguna.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment