7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tak Perlu ke Dokter, Ini Langkah Perawatan Luka di Rumah yang Bisa Dilakukan

Langkah Perawatan Luka di Rumah yang Bisa Dilakukan

Terkadang kecerobohan atau kelalaian kerap kali membuat seseorang terluka. Ini tentunya bukan hal yang bagus, karena jika seandainya luka tersebut dibiarkan maka berpotensi untuk menyebabkan masalah yang serius, seperti diantaranya adalah infeksi dan juga bekas luka yang tak kunjung menghilang.

Jadi pastinya harus ditangani secara tepat. Jika seandainya luka tersebut cukup parah atau dalam pastinya butuh ke dokter untuk segera dilakukan tindakan pertolongan. Namun jika seandainya luka terbuka yang dialami kecil maka cukup perawatan luka dirumah saja tanpa harus ke dokter.

Pertolongan pertama ketika Anda sedang terluka memang yang paling penting untuk dilakukan, mencegah agar darah tak banyak keluar atau terjadi pendarahan. Karena jika sudah demikian dampaknya memang sangat fatal. Bisa menyebabkan masalah yang cukup serius. Luka terbuka tak bisa diatasi hanya dengan menempelkan plester saja, karena belum tentu akan sesuai atau efektif untuk menyembuhkannya. Anda harus tahu perawatan yang benar berikut ini, yaitu:

1. Cuci tangan terlebih dahulu, sebelum menangani luka tersebut, alangkah baiknya memastikan bahwa tangan yang Anda gunakan untuk merawatnya tersebut bersih atau steril. Sehingga nantinya tidak ada kuman yang justru akan memicu terjadinya infeksi pada luka. Sehingga dianjurkan untuk cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

2. Menekan area kulit yang masih mengeluarkan darah, jika seandainya luka tersebut masih mengeluarkan darah, maka dianjurkan bagi Anda untuk menekannya, dengan ditekan maka akan membantu agar darah tidak keluar lagi. dampaknya akan sangat serius jika seandainya Anda sampai mengalami kondisi yaitu pendarahan.

3. Membersihkan luka dengan air, selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan luka tersebut memakai air. Gunakan air bersih yang mengalir, namun jangan terlalu lama atau nantinya darah justru akan banyak keluar. Anda harus memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menempel pada area yang terluka tersebut, karena kuman akan memicu terjadinya infeksi atau memperparah kondisinya.

4. Oleskan salep antibiotik, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan salep antibiotik, ini akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri juga bagus untuk mengurangi resiko gatal yang mungkin akan muncul pada luka tersebut. Hanya saja pemakaian salep antibiotik memang tak boleh sembarangan, melainkan harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

5. Membalut luka dengan perban, untuk mencegah area yang terluka tersebut terpapar oleh udara luar bahkan juga mungkin dihinggapi oleh kuman maka sangat dianjurkan untuk menutupnya dengan perban. Gunakan perban yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Karena jika dilihat jenis-jenis perban juga banyak dan disesuaikan dengan kondisi luka tersebut.

6. Pastikan untuk rutin membersihkan dan mengganti perbannya dengan yang baru, selanjutnya hal yang penting untuk diingat adalah sebaiknya Anda mengganti perban tersebut secara rutin dan melakukan pembersihan agar tetap steril. Guna mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut.

Itulah diantaranya rangkaian perawatan luka di rumah yang dapat Anda lakukan. Namun jika seandainya luka yang dialami cukup dalam dan bahkan membutuhkan jahitan, sebaiknya Anda membawanya ke dokter. Sekarang ini Anda juga bisa lebih mudah menemukan tenaga medis secara home care, diantaranya adalah dengan menggunakan layanan dari Aido, Anda bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu, yaitu lewat Appstore bagi Anda yang menggunakan iOS, sedangkan bagi yang menggunakan Android bisa mendownloadnya di Playstore.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment