7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Efektif Membersihkan Setrika Lengket dengan Bahan Sederhana

Cara Efektif Membersihkan Setrika Lengket

Setrika adalah salah satu barang yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Bagaimana tidak, dengan adanya setrika seseorang bisa menambah rasa percaya diri dan terlihat lebih rapi. Sebagai salah satu alat yang sangat penting, setrika juga membutuhkan perlakuan khusus dan perawatan. Perawatan setrika sederhana yang sebaiknya selalu dilakukan adalah membersihkannya agar tidak lengket. Setrika lengket tentu membuat kinerja setrika menurun, oleh karena itu anda harus selalu memperhatikan kebersihan setrika agar tidak lengket. 

Setrika yang lengket biasanya disebabkan ketika anda menyetrika pakaian yang berbahan kain sintetis yang rentan hangus saat disetrika. Karena halnini akhirnya muncullah kerak pada bagian besi setrika dan menjadikan setrika lengket.  Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah beberapa cara efektif yang bisa anda lakukan untuk membersihkan setrika lengket dengan bahan sederhana. 

1. Menggunakan cuka putih

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membersihkan setrika yang lengket adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih adalah salah satu bahan sederhana yang dipercaya mampu menghapus kerak pada setrika yang mengakibatkan setrika jadi lengket. Caranya adalah dengan memanaskan sedikit cuka putih kemudian menggosokkannya pada setrika yang berkerak. Jangan lupa untuk menggunakan lap bersih saat menggosokkannya agar setrika jadi bersih. 

2. Menggunakan pasta gigi

Cara berikutnya yang juga cukup efektif untuk membersihkan setrika yang lengket adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi memang sering digunakan untuk membersihkan besi yang terbakar, hal ini juga bisa diterapkan pada setrika. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian bawah setrika yang berkerak kemudian lap dengan kain bersih. 

Setelah itu, selanjutnya nyalakan setrika kurang lebih selama 5 menit, lalu biarkan setrika dalam keadaan berdiri. Saat  setrika mulai panas gosokkan setrika pada kain bersih untuk membersihkan sisa-sisa pasta gigi yang masih menempel pada besi setrika. 

3. Menggunakan garam

Cara efektif berikutnya yang juga bisa anda lakukan untuk membersihkan setrika yang lengket adalah dengan menggunakan garam. Cara nya adalah dengan mengambil selembar koran,  dan di bubuhi garam diatasnya. Panaskan setrika dan gosokkan di sepanjang koran bergaram. Setelah dirasa cukup, kemudian matikan setrika dan diamkan hingga setrika benar-benar dingin. Untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran pada setrika , lap dengan kain bersih. 

4. Menggunakan lilin

Selanjutnya yang juga bisa anda lakukan untuk membersihkan setrika lengket adalah dengan menggunakan lilin. Dengan menggunakan lilin, noda yang keras dan membuat setrika lengket dapat dihilangkan dan setrika tampak bersih seperti baru. Caranya yaitu dengan menyalakan setrika dan mengoleskan lilin pada permukaan setrika. Setelah rata, kemudian bersihkan lilin dengan kain yang lembut. Jika masih tersisa noda pada alas setrika, anda bisa menggunakan sedikit cuka untuk membersihkannya. 

Cara-cara diatas harus selalu anda lakukan untuk bisa menjaga setrika anda tetap terlihat baru dan terawat. Dengan menjaga setrika tetap dalam keadaan bersih tentunya anda juga bisa lebih maksimal untuk menjaga penampilan agar tetap rapi. Selain menjadikan pakaian tetap rapi, setrika yang selalu bersih juga bisa membuat setrika lebih awet ketika di gunakan. 

Itulah beberapa cara efektif yang bisa anda lakukan untuk membersihkan setrika lengket dengan bahan sederhana. Semoga dengan informasi yang kami berikan semoga dengan informasi yang kami berikan anda bisa menjaga setrika anda agar tetap terawat. Semoga membantu, terima kasih.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment