7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Menghabiskan Liburan di Wisata Jawa Tengah

Wisata Jawa Tengah memiliki beberapa daftar nama tempat yang populer dengan kegiatan menarik  bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Mulai dari sentra budayanya, alam, serta sentra kerajinan bisa menjadi salah satu lokasi kunjungan. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, berikut beberapa daftar referensi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk liburan terbaik Anda.

5 Daftar Lokasi Wisata Jawa Tengah

1. Candi Borobudur

Wisata Jawa Tengah Candi Borobudur

Mungkin banyak yang megira Candi Borobudur masuk menjadi bagian dari Jogjakarta, namun ternyata secara administratif tergolong dalam daftar wisata Jawa Tengah. Lokasinya berada di daerah Magelang yang dekat dengan kompleks Jogja, namun tidak masuk dalam bagiannya. Menjadi salah satu ikon yang masuk sebagai salah satu warisan dunia dengan pengakuan langsung dari UNESCO.

Berdiri dan dibangun pada masa dinasti Syailendra, menjadi simbol keberadaan agama Budha sebagai kepercayaan  pada masa itu. Bisa dijadikan destinasi wisata budaya dan juga sejarah sekaligus, cocok untuk edukasi anak-anak. Namun, selain itu pemandangan yang ditawarkan juga tidak kalah menakjubkan karena terletak di perbukitan dengan lereng pegunungan yang indah serta eksotis.

2. Gunung Merapi

Wisata Jawa Tengah Gunung Merapi

Daftar wisata Jawa Tengah selanjutnya adalah yang paling populer di kalangan para pendaki, gunung Merapi. Salah satu gunung aktif di Indonesia ini banyak menjadi tujuan utama pendakian dengan jalur Selo, Boyolali.

Bagi Anda yang senang dengan kegiatan pendakian, gunung Merapi bisa menjadi pilihan utama untuk mengisi liburan. Namun diperlukan perizinan untuk bisa menikmati pemandangan gagah dan menakjubkan dari alamnya yang masih asri dan alami.

3. Karimunjawa

Wisata Jawa Tengah Karimunjawa

Karimunjawa masuk dalam daftar wisata bahari yang keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Gugusan kepulauan yang berjumlah 22, berbaris dan terbentuk melintasi laut Jawa. Tempat ini menjadi rumahnya terumbu karang. Berbagai spesies langkah seperti penyu hijau dan putih, serta Elang Dada Putih juga hidup dengan damai di sana.

Terdapat setidaknya 400 spesies fauna yang berada di sana. Pemadangan hijau dari hutan pantai dan juga hutan bakau menghiasi setiap sisinya. Karimunjawa juga menampilkan pesona laut yang eksotis dan tiada duanya. Berbagai keindahan di dalamnya kemudian memberikannya beberapa julukan seperti the paradise of java,Pulau Liburan dan  Caribean van Java.

4. Kota Lama

Wisata Jawa Tengah Kota Lama

Wisata Jawa Tengah bernuansa budaya dan sejarah selain Candi Borobudur yaitu Kota Lama yang berada di Semarang. Tempat ini memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan yang ada di abad 19 hingga saat ini. Sekitar 50 bangunan kuno berdiri kokoh dan tetap terawat berjajar di sekitarnya.

Menjadi salah satu tujuan utama bagi pengunjung yang sedang melangsungkan perjalanan wisata ke daerah Jawa Tengah pada khususnya. Bangunan-bangunan berarsitektur Belanda banyak menjadi daya tarik utama serta spot andalan untuk mengambil gambar atau foto.

5. Keraton Surakarta Hadiningrat

Wisata Jawa Tengah Keraton Surakarta Hadiningrat

Sudah berada di Jawa Tengah tapi tidak menyempatkan diri untuk melipir dan singgah ke Keraton Surakarta Hadiningrat, tentu sangat disayangkan sekali. Destinasi ini adalah lokasi sejarah dan juga budaya yang tentu tidak boleh terlewatkan dalam kunjungan Anda.

Berbagai bangunan dengan arsitektur Jawa kuno menjadi satu pemandangan sejarah yang menarik untuk dilihat. Selain itu terdapat juga berbagai koleksi kesultanan yang dipajang di museumnya untuk dilihat dan dipelajari.

Itulah beberapa daftar wisata Jawa Tengah, mulai dari alamnya, kebudayaannya, peninggalan sejarah, hingga lain sebagainya. Tentu masih banyak lagi destinasi terbaik yang bisa Anda kunjungi selain beberapa nama di atas. Namun, 5 tempat tersebut menjadi yang paling direkomendasikan.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment