7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Penting! Berikut Tips Hidup Sehat Setelah Operasi Bypass Jantung

Tips Hidup Sehat Setelah Operasi Bypass Jantung

Saat tindakan operasi bypass jantung selesai dilakukan dan Anda sudah diijinkan untuk pulang, bukan berarti Anda sudah benar-benar sehat dan bisa hidup bebas. Anda harus tetap menjalani pola hidup sehat, dan juga melakukan latihan ringan serta program rehabilitasi jantung. 

Kunci penting untuk dapat kembali hidup sehat lebih baik setelah operasi bypass jantung adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Berikut ini beberapa tips hidup sehat setelah operasi bypass jantung dan juga beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pasien. 

Tips Hidup Sehat Setelah Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass jantung bukanlah akhir dari segalanya, yang berarti Anda sudah bebas melakukan hal apapun. Justru setelah operasi, Anda harus lebih menjaga pola hidup agar lebih sehat dan bisa memperpanjang harapan usia. 

Setelah melakukan tindakan operasi, Anda bisa mengikuti beberapa tips hidup sehat setelah operasi bypass jantung berikut ini:

Menjaga pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi asupan makanan bergizi seimbang. 

Tetap melakukan latihan fisik ringan sesuai dengan anjuran dokter.

Mengkonsumsi obat dengan teratur sesuai dengan dosis yang diberikan. 

Rutin melakukan pemeriksaan pasca operasi.

Menjaga berat badan yang ideal dan sebisa menghindari pemicu obesitas.

Mengikuti program rehabilitasi jantung yang terdiri dari konseling psikologis, terapi latihan, serta terapi  perilaku gaya hidup sehat.

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Setelah Operasi Bypass Jantung

Selain beberapa tips hidup sehat di atas, ada juga beberapa hal yang sangat penting untuk Anda jauhi atau hindari setelah melakukan tindakan operasi bypass jantung, diantaranya yaitu:

Merokok.

Mengkonsumsi minuman beralkohol, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. 

Mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi. 

Melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti misalnya lari marathon, tenis, sepak bola, basket, dan banyak lagi lainnya. 

Hal-hal di atas jika tidak Anda hindari maka akan membuat tindakan operasi bypass jantung yang sudah Anda lalui menjadi sia-sia saja. 

Anjuran Dokter pada Pasien Pasca Operasi 

Selain hal-hal di atas, Anda juga harus memperhatikan dengan seksama anjuran dokter setelah menjalani operasi bypass jantung. Anda harus benar-benar teliti, karena proses penyembuhan seutuhnya dilakukan di rumah dan bukan lagi di rumah sakit. 

Umumnya, dokter akan memberikan beberapa anjuran sebagai berikut:

Rutin melakukan pengecekan terhadap munculnya tanda infeksi, seperti demam, pendarahan pada area luka, atau nyeri yang semakin parah. 

Membersihkan luka bekas sayatan secara rutin sesuai dengan arahan dari dokter.

Mengecek kondisi emosi dan mental, jika dirasa muncul semacam depresi maka segera hubungi dokter atau psikolog.

Itulah beberapa tips hidup sehat setelah operasi bypass jantung, selalu terapkan gaya hidup sehat dan  tetap berolahraga demi kualitas hidup yang lebih baik.

Baca Juga : Jenis Operasi Bypass Jantung

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment