7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pentingnya Keterampilan Pemrograman di Era Revolusi Industri 4.0

Pentingnya Keterampilan Pemrograman di Era Revolusi Industri 4.0

Seiring dengan masuknya era revolusi industri 4.0 banyak sekali bermunculan robot canggih yang dilengkapi kecerdasan buatan, superkomputer, kendaraan otonom dan serba robotik lainnya. Pemanfaatan robot dan kecerdasan buatan akan lebih banyak digunakan sebagai proses produksi manufaktur. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa revolusi industri 4.0 akan menyebabkan disrupsi atau gangguan tidak hanya di bidang bisnis saja, namun perubahan ke arah otomasi yang akan mendatangkan dampak kepada para pekerja industri.

Ini artinya akan banyak jenis pekerjaan yang hilang dan tergantikan oleh fungsi robot canggih. Tapi jangan khawatir, bukan berarti setelah ini akan banyak tenaga kerja yang tidak mendapatkan pekerjaan. Perubahan di era revolusi industri 4.0 memang akan bermunculan berbagai robot canggih, tetapi di satu sisi akan muncul berbagai jenis pekerjaan baru yang tak terbayangkan sebelumnya, sehingga dari revolusi industri 4.0 ini menuntut kita untuk memiliki skill atau kemampuan yang selaras dan mumpuni yang tentu sangat diperlukan di masa depan.

Pentingnya Menguasai Pemrograman

Sebenarnya banyak ketrampilan penting yang harus dikuasai terutama di era revolusi industri 4.0 ini, seperti yang berkaitannya dengan teknologi terutama pada pembuatan teknologi atau aplikasi canggih di bidang pemrograman. Perusahaan besar Google juga mengemukakan bahwa belajar pemrograman itu baik dan memiliki dampak positif. Dengan belajar pemrograman, tanpa sadar seorang mendapatkan kemampuan untuk berpikir secara logis, untuk mendapatkan manfaat dari belajar pemrograman ini tentunya juga harus disertai dengan cara belajar yang tepat. Selain itu, dengan belajar pemrograman, seorang juga akan terbiasa untuk berpikir secara sistematis. Berpikir sistematis adalah berpikir serta berbuat yang bersistem, yaitu berurutan, runut, serta tidak tumpang tindih. Sehingga dengan terbiasanya seorang untuk berpikir secara sistematis dalam menyusun program otomatis akan membantu mengembangkan pikiran yang bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan berbagai macam permasalahan sehari-hari.

Dengan belajar pemrograman atau coding melatih seseorang untuk teliti, karena dalam kegiatan coding, seseorang harus teliti dalam membangun dan merangkai ratusan baris kode yang terdapat dalam satu program agar program tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai instruksi yang diberikan. Selain melatih seseorang untuk teliti, belajar pemrograman berarti seorang harus berpikir secara logis dalam membangun algoritma kodenya untuk menyederhanakan masalah agar lebih cepat dan efektif dalam penyelesaiannya, yang mana hal ini sekaligus melatih dan meningkatkan pola dan daya pikir seseorang juga akan mengembangkan potensi diri. Belajar pemrograman dapat melalui pemrograman bahasa C, C++, C#, Visual Basic, Java, Php, Html, Database dan lain sebagainya.

Peran Lembaga Kursus Pemrograman

Melatih seorang programmer tidaklah mudah, keahlian programming harus diasah secara bertahap mulai dari sekolah, kuliah kemudian terlibat langsung dalam proyek pengembangan aplikasi dalam dunia kerja. Semua itu juga belum cukup, perlu peran lembaga kursus pemrograman yang melatih para lulusan perguruan tinggi yang belum mampu memenuhi standar keahlian yang dibutuhkan oleh industri. Lembaga kursus pemrograman ini juga digunakan untuk memberikan keahlian yang bervariasi kepada para tenaga ahli programmer. 

Seorang lulusan perguruan tinggi belum tentu mempunyai keahlian yang cukup untuk diterjunkan ke dalam dunia industri. Sebagian besar kurikulum perguruan tinggi hanya menyentuh teori dan jarang menyentuh praktek yang dibutuhkan oleh industri. Peran lembaga kursus pemrograman adalah menyeimbangkan teori dengan kemampuan praktek. Hal ini dibutuhkan oleh dunia industri pada umumnya.

Seorang yang sudah menjadi programmer juga tidak lepas dari kebutuhan layanan lembaga kursus pemrograman. Begitu banyak variasi bahasa pemrograman yang harus dikuasai dan begitu banyak teknologi baru dalam bidang IT yang perlu dipelajari. Seorang programmer juga butuh menambah variasi keahlian dengan keahlian baru baik bahasa pemrograman baru atau teknologi baru. Dalam hal inilah lembaga kursus pemrograman dapat membantu pengembangan keahlian para programmer tersebut.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment