7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Keutamaan Registrasi Konsultan HKI Terdaftar Untuk Pebisnis UMKM

Keutamaan Registrasi Konsultan HKI Terdaftar

Pelindungan Konsultan HKI terdaftar di Indonesia ditata dalam Undang-Undang No 15 Tahun 2001. Di dalam Undang-Undang Merek pada pasal 1 ayat (1) diterangkan jika merek ialah sinyal yang berbentuk gambar, nama, kata, huruf-huruf, beberapa angka, formasi warna, atau gabungan dari beberapa unsur itu yang mempunyai daya pembanding dan dipakai dalam aktivitas perdagangan barang atau layanan.

Di dalam undang-undang konsultan hki terdaftar, merek dibagi jadi dua jenis yakni merek dagang dan merek layanan. Tentang hal pemahaman ke-2 macam merek itu ialah :


1. Merek Dagang

Merek Dagang ialah Merek yang dipakai pada barang yang diperjualbelikan oleh seorang atau sebagian orang secara bersama atau tubuh hukum untuk membandingkan dengan beberapa barang semacam yang lain


2. Merek Layanan

Merek Layanan ialah Merek yang dipakai pada layanan yang diperjualbelikan oleh seorang atau sebagian orang secara bersama atau tubuh hukum untuk membandingkan dengan beberapa jasa semacam yang lain.

Pada pasal 3 Undang-Undang konsultan hki terdaftar disebut jika Hak atas Merek ialah hak terbatas yang diberi oleh Negara ke pemilik Merek yang tercatat dalam Daftar Umum Merek untuk periode waktu spesifik dengan memakai sendiri Merek itu atau memberi izin pada pihak lain untuk memakainya. Di dalam pasal ini diterangkan jika Metode registrasi Merek yang digunakan di Indonesia ialah metode konstitutif (aktif) hingga pemilik merek tercatat sebagai pemegang hak merek (Hadi P, 2013). Metode konstitutif diketahui dengan arti metode "First to File" (Evelina S, 2013). Di dalam metode konstitutif registrasi merek sebuah kewajiban supaya pemilik merek bisa mendapatkan hak atas brand-nya.

Dalam metode ini negara Indonesia pasti jamin pelindungan merek yang sudah tercatat di dalam perincian umum merek. Metode konstitutif ini pada intinya akan menggerakkan tiap pemilik usaha supaya secara aktif mendaftar merek dagang dan jasanya ke Kantor HKI. Oleh karenanya, kesadaran untuk mendaftar merek beberapa pebisnis Indonesia terutamanya aktor usaha UMKM perlu terus-terusan disosialisasikan. Ini penting supaya sangkanya beberapa pemilik merek dapat membuat perlindungan brand-nya dari pembajakan beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab dan pemilik merek juga dapat membesarkan brand-nya hingga dapat memperlebar pasar baik pasar dalam negeri atau pasar luar negeri.

Sejauh ini, beberapa pebisnis UMKM lebih mengutamakan jualan lebih dulu daripada mendaftar merek barang dan jasanya. Berdasar data, sekarang ini baru seputar 25% dari 30 ribu UMKM yang berada di Kota Bandung yang sudah mendaftar Hak Kekayaan Cendekiawan (HKI). Angka itu termasuk masih rendah. Walau sebenarnya, registrasi pelindungan HKI di bagian merek sangat penting (Tris Bintoro, 2013).

Masih rendahnya kesadaran beberapa pebisnis UMKM untuk mendaftar merek dagang dan jasanya ini benar-benar sangat disayangkan, sebab selanjutnya beberapa produk usaha UMKM ini sering dipasarkan tiada merek dan produknya diperjualbelikan kembali lagi dengan memakai merek dagang dan layanan faksi ke tiga. Ini pasti benar-benar bikin rugi untuk beberapa pebisnis UMKM tersebut sebab mereka tidak memperoleh nilai lebih dari produk dan layanan yang mereka perjualbelikan.


1. Pemahaman Hak Cipta

Hak cipta ialah hak terbatas untuk pembuat atau yang menerima hak untuk umumkan atau perbanyak ciptaannya atau memberikan izin karena itu dengan tidak kurangi pemisahan-pembatasan menurut ketentuan perundang-undangan yang berjalan.


2. Mekanisme Registrasi Hak Cipta di Indonesia Lewat Konselor HKI Am Badar dan Partners

SYARAT-SYARAT PERMOHONAN PENDAFTARAN HAK CIPTA :

1. Nama, kewarganegaraan dan alamat pembuat.

2. Nama, kewarganegaraan dan alamat pemegang hak cipta.

III. PROSES PENDAFTARAN ± 1,5 tahun

3. Keuntungan Registrasi Hak Cipta lewat Konselor HKI


Kelebihan registrasi Hak Cipta lewat Konselor HKI :

1. Efektivitas waktu dan Tenaga dalam proses registrasi Hak Cipta.

2. Client akan memperoleh kontribusi advise yang lengkap dalam proses registrasi Hak Cipta.

3. Client akan memperoleh advokasi bila satu waktu Hak Ciptanya alami persoalan Hukum.

4. Macam-Jenis Ciptaan yang dilindungi di Indonesia

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment