7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik?

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik?

Mudik menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Sebab di momen inilah Anda bisa kembali bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman. Oleh karena itu, dalam perjalanan mudik Anda harus berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang di luar keinginan. Dan jangan lupa untuk menerapkan tips mudik aman dan nyaman agar perjalanan Anda lancar hingga di tempat tujuan.

Sebelum mudik, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yakni:

1. Transportasi yang aman dan sesuai budget

Jika akan mudik, maka hal penting yang utama harus dipersiapkan adalah moda transportasi yang aman dan sesuai dengan budget Anda. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, maka pastikan dalam kondisi prima. 

Jika Anda menggunakan transportasi umum, seperti bus, kereta api, kapal, atau pesawat, maka usahakan memesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Hal ini tak hanya akan menghindarkan Anda dari risiko kehabisan tiket, tetapi juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Mempersiapkan barang bawaan sesuai kapasitas transportasi

Usahakan agar Anda mempersiapkan barang-barang bawaan beberapa hari sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko tertinggalnya barang-barang penting yang Anda butuhkan. Selain itu, sesuaikan juga barang bawaan Anda dengan kapasitas transportasi yang digunakan. 

Jika Anda menggunakan pesawat, maka ketahui kapasitas bagasi yang disediakan. Sebab jika sampai Anda melebihi kapasitas bagasi, maka akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

3. Membawa makanan, minuman, dan obat-obatan secukupnya

Anda bisa membawa makanan, minuman, dan obat-obatan untuk bekal selama di perjalanan. Sebab jika Anda lapar dan membeli makan di rest area misalnya, harga yang ditawarkan seringkali lebih tinggi dari harga secara umum. Hal ini tentunya akan sangat boros jika perjalanan yang ditempuh lumayan jauh.

Selain itu, obat-obatan juga penting jika selama perjalanan Anda mengalami mabuk. Setidaknya bawalah minyak kayu putih, obat luka, plester, dan obat-obatan pribadi jika mengalami suatu penyakit khusus.

4. Kenakan baju yang nyaman

Buat diri senyaman mungkin di dalam kendaraan, salah satunya dengan mengenakan pakaian yang nyaman. Anda juga bisa membawa jaket karena terlalu lama terpapar AC juga akan membuat tubuh kedinginan. Apalagi jika menuju daerah yang berhawa dingin atau sedang musim hujan. Maka, jaket wajib untuk disediakan di kendaraan dan tidak diletakkan di dalam koper.

5. Jalin komunikasi secara berkala

Sebelum berangkat mudik, ada baiknya jika Anda memberikan kabar pada keluarga atau sanak saudara di kampung halaman. Beritahu di mana posisi Anda agar keluarga di kampung halaman bisa mengecek keberadaan Anda secara berkala. 

Dengan mempersiapkan beberapa hal tersebut, maka Anda sudah memberikan perhatian yang besar untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda. Sehingga, Anda bisa tiba di kampung halaman dan segera bertemu dengan sanak saudara dalam kondisi yang sehat.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment