7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Obat Flu Burung

Obat Flu Burung

Penyakit menular pada hewan (unggas dan babi) yang disebabkan oleh virus influenza tipe A (H5N1). Flu burung pada manusia adalah penyakit influenza yang ada hubungannya dengan viirus influenza asal unggas.

Hingga akhir Maret 2008, kasus flu burung pada manusia di Indonesia adalah 130 kasus, meninggal 108. Di Jawa Tengah, kasus positif flu burung sejak 2005 hingga Mei 2008 yang dilaporkan sebanyak 11 orang, meninggal 10 orang.

Cara Penularan dan Penyebab

1. Unggas liar  →  unggas domestik  →  manusia  →  manusia lain.

2. Unggas liar  →  unggas domestik  →  babi terinfeksi flu burung  →    manusia  →  manusia lain.

Meskipun demikian, babi tidak berperan penting pada wabah flu burung yang disebabkan oleh H5N1 di Asia.

Dapat juga menular lewat udara yang tercemar virus H5N1 yang berasal dari kotoran unggas yang sakit, unggas yang sakit lalu dipotong untuk dikonsumsi tanpa dimasak sempurna, unggas sakit yang mengeluarkan air liur, lendir, dan kotoran yang mengandung virus H5N1, peralatan yang tercemar virus H5N1 dari unggas sakit. Penyebaran virus juga terjadi melalui kotoran unggas liar yang mengering lalu dihirup oleh unggas domestik (angsa, ayam, bebek, kalkun, dan burung peliharaan). Manusia yang berada di sekitar ungga domestik ini beresiko tertular flu burung. 

Flu burung disebabkan oleh Virus influenza A subtipe H5N1.

Gejala Flu Burung

Masa inkubasi satu sampai tujuh hari (rata-rata tiga hari). Pada orang dewasa adalah satu hari sebelum dan tiga sampai lima hari setelah gejala timbul. Pada anak-anak bisa sampai 21 hari. Awalnya seperti flu biasa, hanya lebih cepat memberat. Demam (di atas 38°C), batuk, pilek, radang paru-paru, nyeri telan, muntah, sakit tenggorokan, nyeri atau sakit kepala, nyeri otot dan sendi atau nyeri tulang, nyeri dada, mimisan, perdarahan gusi, nyeri perut, diare, sesak napas, dan lemas.

Riwayat kontak dengan unggas yang sakit atau mati tanpa sebab, atau di sekitarnya ada unggas yang sakit atau mati, atau bepergian ke daerah endemis (Asia Tenggara).

Obat Flu Burung

Penyakit flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, penderitan memerlukan rawat inap di rumah sakit pada ruang isolasi. 

Obat-obatan antivirus merupakan obat utama yang digunakan untuk mengatasi flu burung. Beberapa obat antivirus yang biasanya diberikan adalah oseltamivir dan zanamivir.

Obat antivirus dapat meredakan gejala, mencegah terjadinya komplikasi, serta meningkatkan peluang pasien untuk sembuh. Obat ini perlu dikonsumsi secepatnya dalam waktu 2 hari setelah gejala muncul.

Obat antivirus hampir semua memerlukan resep dokter. Pastikan penderita sudah berkonsultasi dengan dokter dan diberikan resep yang tepat. Resep bisa ditebus pada apotek terdekat atau gunakan jasa Apotek Online apabila ingin membeli obat secara online dan mengirimkan obat melalui jasa kurir.

Selain untuk pengobatan, oseltamivir dan zanamivir juga bisa digunakan sebagai obat untuk mencegah flu burung. Oleh karena itu, obat ini terkadang diberikan kepada orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien, seperti para petugas medis yang menangani pasien serta anggota keluarga dan kerabat pasien.

Pencegahan Flu Burung

Menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan, memproteksi diri sendiri.

Selalu mencuci tangan dengan desinfektan (sabun, alkohol, detergen) sesuai kontak dengan unggas dan sebelum menyentuh makanan dan minuman.

Menghindari mengonsumsi unggas dan produknya secara mentah atau setengah matang.

Mengonsumsi daging ayam yang telah dimasak pada suhu 80°C selama satu menit dan telur unggas pada suhu 64°C selama lima menit.

Membatasi pergi ke daerah endemis.

Vaksinasi manusia dengan Fluarix (GSK) atau Vaxigrip (Aventis Pasteur), juga pada ternak unggas yang masih sehat.

Melakukan surveilans epidemiologi di setiap lokasi peternakan, terutama yang sedang terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) flu burung.

Pencegahan dengan oseltamivir 1 tablet selama 7 hari, hanya diberikan atas indikasi dan jika terjadi pandemi.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment