7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Terhindar Dari Utang

Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Menjalani kehidupan di masa pandemi seperti ini memang sangat sulit. Sebagian besar kegiatan harus dihentikan dan digantikan dengan cara online. 

Dampak yang sangat besar juga dirasakan oleh para pekerja. Dalam kurun waktu hampir satu tahun pandemi melanda semakin banyak orang yang kehilangan pekerjaannya. 

Dengan alasan untuk mengurangi kuota untuk mematuhi protokol kesehatan, ada banyak perusahaan yang memangkas jumlah pekerjanya, sehingga masyarakat tidak memiliki pekerjaan dan masalah keuangan juga menjadi sangat besar. 

Walaupun demikian, semua orang harus tetap bertahan dan mencari sumber pendapatan lain agar dapat memenuhi kebutuhan. 

Selain mencari sumber penghasilan lain, alangkah baiknya jika seseorang juga memperhatikan bagaimana cara mengatur keuangan keluarga agar terhindar dari utang. 

Berikut ini adalah ulasan mengenai cara mengatur keuangan keluarga agar terhindar dari utang yang bisa Anda lakukan.

Evaluasi Anggaran dan Sumber Penghasilan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari utang dan dapat mengatur keuangan keluarga dengan benar adalah dengan evaluasi anggaran dan sumber penghasilan. 

Apapun sumber penghasilan yang Anda miliki, baik sebagai karyawan, freelancer, atau pengusaha sama-sama merasakan dampak menurunnya penghasilan akibat adanya pandemi Covid-19 ini. 

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan ulang pos-pos anggaran Anda dan segera lakukan modifikasi pada anggaran keuangan keluarga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan. 

Jika sebelumnya Anda memiliki beberapa pos anggaran, seperti biaya hidup, tabungan, jatah bulanan orang tua, hiburan, pendidikan anak. Nah, di masa sekarang ini Anda tentunya harus lebih bijak dan membuat skala prioritas. Yang bisa Anda lakukan adalah mengalihkan anggaran untuk hiburan menjadi simpanan dana darurat. 

Dengan dengan adanya dana darurat ini bisa menjadi penolong atau berfungsi sebagai dana cadangan agar tabungan tidak terpakai saat ada kebutuhan mendesak. 

Belanja Bijak

Cara mengatur keuangan keluarga selanjutnya adalah dengan belanja bijak. Di masa sulit ekonomi seperti ini Anda juga harus memperhatikan masalah belanja. Jangan sampai Anda membeli beberapa barang tanpa memikirkan pengeluaran. 

Ketika ingin belanja, sebaiknya Anda juga lebih mengedepankan masalah skala prioritas. Anda harus bisa membedakan mana pengeluaran yang memang dibutuhkan. Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membagi aktivitas belanja dalam 3 kriteria, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. 

Belanja kebutuhan primer ini adalah kegiatan belanja untuk kebutuhan sandang pangan papan, seperti pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Belanja kebutuhan sekunder adalah kegiatan belanja yang memang dibutuhkan, namun sifatnya tidak darurat. Misalnya, perabotan rumah, kendaraan pribadi, gadget, barang elektronik, dan rekreasi.

Sedangkan belanja kebutuhan sekunder adalah kegiatan belanja yang bersifat menuruti keinginan saja, seperti liburan ke luar negeri, membeli smartphone keluaran terbaru, pakaian dan tas bermerek, dan lain-lain. 

Meskipun Anda telah berusaha membagi kegiatan belanja pada 3 kriteria tersebut, namun Anda tetap harus memprioritaskan memenuhi kebutuhan primer dibandingkan kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. 

Jika Anda ingin menghemat uang, jangan lupa mencari diskon atau promo terlebih dahulu. Kabar baiknya, di Indonesia telah hadir website yang memberikan berbagai diskon dan promo dari berbagai toko online secara gratis, yakni Kuponq.com

Menariknya, website ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja lewat smartphone atau laptop Anda. Jadi, Anda bisa belanja hemat dengan memanfaatkan berbagai kode kupon promo dan diskon dari Kuponq.com.

Mencari Pendapatan Tambahan

Cara berikutnya adalah dengan mencari pendapatan tambahan. Jika masa pandemi virus corona ini mengakibatkan Anda mengalami penurunan pendapatan, maka cara  termudah yang bisa Anda lakukan adalah mencoba bisnis online. Ada banyak bisnis online yang bisa dilakukan, seperti jual makanan online atau jual pakaian online. 

Anda bisa juga memanfaatkan hobi, seperti mendesain, fotografi, atau buat video tutorial di Youtube. Dengan cara ini, Anda tetap bisa memperhatikan protokol kesehatan karena menjalankan usaha secara online. Anda memanfaatkan media sosial dan aplikasi ojek online, seperti Gojek atau Grab untuk mempromosikan bisnis online Anda.

Menyisihkan Uang Untuk Investasi

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar tetap bisa menjaga stabilitas keuangan keluarga adalah dengan menyisihkan uang untuk investasi. Investasi merupakan hal yang sangat penting untuk yang harus Anda perhatikan. Walaupun sudah memiliki tabungan, Anda juga harus tetap memiliki investasi. 

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda lakukan, seperti saham, tabungan berjangka, peer to peer lending, atau mata uang kripto. Namun, jika Anda ingin investasi dengan risiko rendah dan harganya melambung tinggi selama pandemi, Anda bisa mencoba investasi emas. Anda tidak harus membeli emas dalam jumlah besar karena sekarang Anda bisa investasi emas mulai dari jumlah kecil, yaitu 0,5 gram. 

Kini telah hadir website perbandingan keuangan Financer.com yang dapat Anda gunakan untuk membandingkan dan membaca review seputar produk investasi di Indonesia dan mancanegara.  

Menariknya, Anda juga bisa bisa membandingkan berbagai produk keuangan lainnya dan juga belajar manajemen keuangan di website Financer.com secara gratis. 

Belanja Barang Multifungsi

Cara mengatur keuangan keluarga berikutnya adalah belanja barang multifungsi. Sebelum belanja barang, sebaiknya Anda memperhatikan betul-betul kegunaan barang atau jasa yang akan dibeli. Lebih baik Anda membeli satu barang yang memiliki banyak kegunaan dan memberikan banyak manfaat. 

Agar tidak salah dalam memilih barang ataupun jasa yang dibutuhkan, Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu dengan membaca review barang atau jasa tersebut. Anda bisa melihat review dan membandingkan produk barang atau jasa dengan mengunjungi situs review terbaik, seperti Duniapedia.com.

Dengan melihat review dan membandingkan produk barang atau jasa terlebih dahulu, maka Anda bisa memilih barang atau jasa apa yang betul-betul Anda butuhkan. Pada akhirnya, Anda bisa hidup lebih hemat dan tidak boros lagi. 

Mempersiapkan Dana Pendidikan Sejak Dini

Cara terakhir yang juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan agar Anda terhindar dari utang dan selalu dapat mengatur keuangan keluarga dengan baik adalah mempersiapkan dana pendidikan sejak dini. 

Biaya pendidikan memang kadang diabaikan oleh kebanyakan orang tua. Hal ini sangat tidak baik, mengingat kebutuhan sekolah kadang menjadi hal yang sangat mendesak. 

Untuk mengantisipasi adanya biaya tak terduga karena terjadi hal-hal buruk ke depannya, maka Anda harus mempersiapkan dana untuk pendidikan sejak dini. 

Hal ini sangat penting mengingat keadaan keuangan tidak selamanya normal dan cukup. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan untuk pos biaya sekolah anak atau pendidikan. 

Dengan cara ini, Anda tidak akan khawatir lagi jika di kemudian hari anak Anda tiba-tiba membutuhkan biaya untuk sekolah. Jadi, Anda tidak perlu mengambil simpanan keluarga di tabungan yang bisa membuat keadaan keuangan keluarga berantakan. 

Menabung untuk biaya pendidikan ini bisa Anda lakukan sejak pertama menikah. Dengan demikian, ketika anak memasuki usia pendidikan, Anda tidak akan kebingungan untuk memenuhi kebutuhan anak. Dengan menyisihkan biaya pendidikan seperti ini, Anda juga bisa merencanakan tahapan pendidikan anak hingga lulus kuliah agar dapat mencapai cita-citanya. 

Demikian cara mengatur keuangan keluarga agar terhindar dari utang, sehingga keuangan keluarga tetap stabil selama masa pandemi. Semoga dengan memperhatikan dan menerapkan cara di atas, Anda dapat mengatur keuangan keluarga lebih baik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment