7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Terjun Investasi Melalui Deposito Bank

Terjun Investasi Melalui Deposito Bank

Keadaan dan kondisi tidak selalu stabil, khususnya dalam hal keuangan. Contohnya saat terjadi pandemi seperti saat ini. Simpanan seperti tabungan dan investasi bisa sangat membantu. Itu lah yang menjadi perbedaan antara tabungan dengan investasi, khususnya bentuk deposito bank atau sering disebut deposito berjangka.

Apa itu deposito? Deposito merupakan produk yang ditawarkan oleh para bank sebagai alat investasi berbunga, disimpan di bank dengan aktivitas diawasi lembaga pemerintah, serta hanya bisa disetorkan dan diambill dalam waktu tertentu sesuai kebijakan atau perjanjian. Apa kelebihan dari investasi ini dibandingkan lainnya? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Keuntungan yang Didapatkan dari Deposito

Lalu apa untung bisa didapat dari berinvestasi dalam bentuk deposito? Berikut beberapa keuntungannya.

1. Risiko Lebih Rendah

Dibanding bentuk investasi lainnya, risiko yang mengikuti dianggap lebih rendah. Bahkan banyak yang menganggap deposito tidak mendatangkan kerugian sama sekali. Hal ini dibandingkan dengan menanam modal dalam bentuk reksadana, atau juga dalam bentuk membuka usaha.

Meski dari segi keuntungan tidak sebesar bentuk investasi lainnya, tetap sebanding dengan risiko yang mengikutinya. Semakin peluang untung lebih besar, semakin besar pula risikonya. Anda yang lebih suka jalan aman dalam berinvestasi, deposito merupakan solusi.

2. Bunga Tergolong Tinggi

Keuntungan lainnya dari melakukan deposito bank ialah besar bunganya yang jauh lebih tinggi dibandingkan menabung biasa. Jika Anda memang lebih suka bertransaksi dan melakukan penyimpanan uang di bank, mengikuti deposito dengan beragam program yang ditawarkan oleh bank bisa jadi pilihan tepat.

Tidak hanya itu, dalam penarikan bank, bunga yang menjadi keuntungan dari aktivitas deposito pun bisa dicairkan dalam bentuk tunai sesuai  dengan waktu atau kebijakan yang telah ditetapkan. Jadi akan terasa lebih menguntungkan.

3. Keamanan Lebih Terjamin

Saat ini sangat beragam wadah untuk berinvestasi. Bahkan para kaum generasi sekarang dengan penghasilan terbatas pun bisa melakukan investasi dengan mengandalkan berbagai wadah tersebut. Ada banyak perbedaan yang bisa dirasakan. Salah satunya dalam hal keamanan.

Deposito yang melibatkan banyak bank ternama bisa lebih menjamin keamanan aktivitas investasi atau tabungan jangka panjang Anda dibandingkan berinvestasi melalui wadah yang dioperasikan dalam bentuk digital.

4. Cocok Bagi Investor Pemula

Keuntungan lainnya berupa deposito bisa jadi pilihan bagi investor muda atau pemula untuk memahami pergerakan dari aktivitas investasi ringan. Bila berinvestasi melalui atau pada satu wadah pergerakannya tergolong ‘ekstrim’, dipengaruhi berbagai faktor yang meningkatkan risiko, berbeda dengan deposito yang pergerakannya lebih terbuka dan terjamin.

5. Simpanan Jangka Panjang

Anda mungkin jadi salah satu nasabah yang sering khawatir akan pemakaian tabungan atau menjadi salah satu yang memilih membuka beberapa rekening dengan tujuan memisahkan uang tabungan berdasarkan keperluan. Seperti simpanan jangka pendek, dana darurat, maupun simpanan jangka panjang.

Nah, Anda bisa mulai mencoba deposito sebagai simpanan jangka panjang yang dari segi pemakaian akan lebih teratur. Anda tidak bisa langsung mencairkan atau menggunakannya tanpa pertimbangan matang.

Setiap bank biasanya menawarkan produk deposito dengan beragam jenis program yang disesuaikan kebutuhan para nasabahnya. Anda bisa memilih bank maupun program yang sesuai. Baik dari segi peraturan, kebijakan, maupun sistem yang diberlakukan. Deposito bank sendiri memiliki jatuh tempo yang membuat penggunanya harus lebih bijak dalam menggunakan dana di dalamnya. Maka investasi ini memang lebih cocok bagi Anda yang benar-benar ingin serius membuat simpanan jangka panjang.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment