7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dampak Negatif Akibat Bermain Game Di Handphone Untuk Perkembangan Anak

Dampak Negatif Bermain Handphone Untuk Perkembangan Anak

Awalnya fungsi handphone adalah sebagai alat komunikasi, namun seiring perkembangan jaman handphone ini bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, namun juga bisa menjadi alat hiburan. Misalnya adalah untuk bermain game. Namun sayangnya main game di handphone ini juga memiliki dampak negatifnya, terutama bagi perkembangan anak.  

Bagi anak yang sudah kecanduan bermain game, mereka cenderung lebih senang untuk menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk menuntaskan game yang sedang mereka mainkan.

Lalu apa dampak negatif akibat bermain game di handphone untuk perkembangan anak? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

1. Penurunan Prestasi Akademi Di Sekolah

Dampak negatif bermain game yang pertama adalah dapat menurunkan prestasi akademisi di sekolah. Bermain game memang sangat seru, dan sangat jauh berbeda dengan hari-hari yang dilalui anak ketika menuntut ilmu di sekolah. Jika di sekolah pada umumnya anak-anak merasa bosan dan tertekan, beda halnya ketika mereka sedang bermain game. Sehingga jika anak sudah dalam tahap kecanduan game, mereka akan melakukan segala cara untuk bisa bermain game. Akibatnya, banyak anak yang tidak fokus ketika menyerap pelajaran di kelas, malas belajar, hingga berani untuk bolos sekolah. Oleh karena itu, berbagai hal tersebut akan berujung pada penurunan prestasi akademik anak di sekolah.

2. Gangguan Mental

Biasanya anak yang sudah kecanduan game, akan ditandai ketika anak sudah tidak mampu lagi untuk mengendalikan hasrat untuk bermain game. Akibat yang akan ditimbulkan pada anak yang sering bermain game, adalah anak akan memiliki keinginan untuk terus-menerus bermain game. Selain itu juga, Badan Kesehat Dunia (WHO telah berencana untuk memasukkan kecanduan game sebagai salah satu kategori gangguan jiwa baru yang disebut dengan gaming disorder. Hal ini, didasari atas fenomena dalam peningkatan kasus kecanduan game dari berbegai belahan dunia. Rencanya, gaming disorder diusulkan akan dimasukkan di bawah kategori besar “gangguan mental, perilaku dan perkembangan saraf”, khususnya di bawah kategori “gangguan penyalahgunaan zat atau perilaku adiktif”. Sehingga artinya, bahwa para pakar kesehatan di seluruh dunia menyetujui bahwa kecanduan game dapat memiliki dampak yang serupa dengan kecanduan alkohol maupun obat-obatan terlarang.

3. Berprilaku Agresif

Dampak lainnya yang bisa terjadi pada anak yang sering bermain game adalah berprilaku agresif, pada konten game banyak menyuguhkan konten kekerasan. Sehingga konten tersebut, akan menyebabkan anak-anak menjadi tidak sabaran dan dapat berprilaku agresif dalam kehidupan sehari-harinya.  Dan mereka juga akan lebih sering berprilaku mudah terseingguh dan marah-marah, ketika dilarang atau diminta berhenti untuk bermain game. Selain itu juga, hilangnya kendali diri ini akan membuat anak cenderung menomor satukan gaming dalam hidupnya. Akibatnya, anak akan melakukan berbagai cara untuk dapat menuntaskan hasrat akan kecanduannya dan tidak peduli atas resiko yang akan terjadi termasuk akan berprilaku agresif terhadap orang lain.

4. Gangguan Kesehatan

Dampak negatif terakhir yang bisa terjadi jika anak sering bermain game, adalah dapat terganggunya kesehatan pada anak.  Sehingga tanpa disadari oleh orangtua, bahwa bermain game masuk ke dalam salah satu gaya hidup sedentari karena hal tersebut membuat anak malas untuk bergerak. Ketika anak bermain game, hanya mata dan tangan saja yang fokus untuk bekerja dan sementara untuk bagian tubuh lainnya diam tidak bergerak. Selain itu juga, jika kebiasan itu dilakukan terus-menerus maka sang anak akan berisiko lebih tinggi untuk penyakit seperti obesitas, melemahnya otot, melemahnya pesendian dan bahkan penurunan penglihatan yang signifikan karena paparan cahaya biru dari layar gadget.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment