7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lancarkan ASI, Ini 4 Rekomendasi Makanan Diet Saat Menyusui

4 Rekomendasi Makanan Diet Saat Menyusui

Sah-sah saja memang menjalankan diet saat tengah menyusui, namun tetap saja harus di bawah pengawasan dokter, serta tak mempengaruhi produksi ASI. Nah, agar diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI ini bisa dijalankan dengan baik, jenis makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini adalah 4 rekomendasi makanan diet yang juga akan memperlancar ASI. 


1. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang wajib ada di rumah Anda, khususnya saat tengah menyusui dan ingin menjalankan diet. Jenis sayuran yang terutama sekali direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kale. Sayuran hijau ini diketahui mengandung fitoestrogen yang bermanfaat melancarkan produksi ASI. 

Selain kaya akan nutrisi yang bisa melancarkan ASI, sayuran juga kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam sayuran ini, akan membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Selain dikonsumsi bersama dengan menu makanan utama, sayuran juga bisa Anda jadikan sebagai camilan, yang bisa dikonsumsi kapan dan di mana saja. 


2. Buah-Buahan

Stok beragam jenis buah di rumah Anda untuk melancarkan produksi ASI dan juga untuk jadi menu diet saat menyusui. Jeruk, bluberi, stroberi, pepaya, dan pisang merupakan beberapa jenis buah yang dipercaya manjur untuk memperlancar produksi ASI. Disamping itu, kandungan dalam buah pun bisa menjadi sumber energi bagi tubuh, sama dengan yang diperoleh dari makanan tinggi karbohidrat.  

Sama dengan sayuran, buah sangat direkomendasikan untuk dijadikan camilan, kala Anda merasa lapar setelah tak lama mengonsumsi makanan utama. Daripada mengonsumsi camilan yang mengandung pemanis buatan, tentu lebih baik mengonsumsi buah yang sudah terjamin kandungannya yang bermanfaat. 


3. Beras Merah

Gantilah beras putih yang selama ini Anda konsumsi dengan beras merah, agar berat badan bisa turun secara bertahap selama menyusui. Beras merah mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih, namun kalorinya justru terbilang jauh lebih rendah. Dengan mengonsumsinya, Anda tetap akan merasa kenyang dan asupan nutrisi pun tetap akan terpenuhi. 

Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah juga akan membuat ibu menyusui merasa kenyang lebih lama. Hal yang paling penting adalah, beras merah bisa menstimulasi hormon yang berperan dalam proses produksi ASI, membuatnya jauh lebih lancar. Dengan begini, tak heran jika beras merah jadi salah satu makanan diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI yang begitu direkomendasikan. 


4. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang sudah lama dikenal atas manfaatnya dalam menurunkan berat badan. Pengonsumsian yoghurt akan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, serta membantu tubuh membakar lebih banyak lemak dan juga kalori. Hal yang paling penting, yoghurt akan bisa membantu melancarkan produksi ASI. 

Pengonsumsian yoghurt bisa melancarkan ASI dikarenakan di dalam produk olahan susu ini terkandung protein dan juga kalsium. Kedua nutrisi penting inilah yang membuat produksi ASI dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, konsumsilah yoghurt dengan rutin, untuk menyukseskan diet Anda saat menyusui, serta untuk menjaga persediaan ASI untuk si buah hati. 

Pilihlah makanan diet yang tepat saat menyusui, agar berat badan bisa turun tanpa membuat produksi ASI jadi menurun. Selain melalui menu diet, pengonsumsian jamu atau obat diet untuk ibu menyusui jenis herbal mungkin bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Namun tetap saja, pengonsumsian jamu atau obat diet untuk ibu menyusui ini harus seizin dokter agar tetap aman.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment