7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dear Para Blogger, Ini Berbagai Keuntungan Memiliki Domain Pribadi

Blogger merupakan sebutan untuk para content creator yang menggunakan media blog atau web. Karena menggunakan media blog dan web, setiap blogger pasti memiliki laman web-nya sendiri. Ada yang menggunakan domain gratisan seperti Blogspot dan Wordpress, banyak juga para blogger yang memiliki website pribadi dengan beli domain dan hosting.

Sudah tersedia domain gratisan yang bisa digunakan, kenapa ada blogger yang memilih untuk menggunakan domain berbayar? Tentu saja karena domain berbayar menawarkan hal yang tidak ditawarkan oleh domain gratisan. Ada harga, ada rupa. Begitu juga yang terjadi dengan domain berbayar dan domain gratisan. 

Keuntungan Memiliki Domain Pribadi

Berbagai Keuntungan Memiliki Domain Pribadi

Sebagai blogger, konten memang segalanya. Terlepas dari konten, nama domain juga memegang peranan penting. Anda memang bisa menggunakan domain gratisan yang sudah tersedia. Namun akan jauh lebih menguntungkan jika Anda menggunakan domain pribadi.

Apa saja keuntungan tersebut? Berikut ini ada beberapa keuntungan memiliki domain pribadi bagi para blogger: 

1. Memberi kesan website yang lebih profesional

Yang pertama, website yang menggunakan domain pribadi memiliki kesan yang jauh lebih profesional daripada website yang menggunakan domain gratisan. Apa dampaknya? Para pengguna internet tidak akan segan untuk mengunjungi laman web Anda. Pengunjung web Anda meningkat. Traffic pun tinggi.

2. Nama domain sebagai branding atau identitas

Yang kedua, nama domain merupakan identitas atau branding bagi website Anda. Dari nama domain, orang lain bisa mengasosiasikan dengan hal tertentu. Karena itulah, ketika Anda memilih nama domain sendiri, Anda sebaiknya memilih nama yang mudah diingat dan mudah ditemukan. 

Beli domain dan hosting bisa diibaratkan seperti membeli rumah. Ketika Anda membeli rumah, Anda memiliki tempat tinggal untuk menaruh semua barang-barang Anda. Anda juga memiliki alamat yang jelas sehingga orang lebih mudah untuk main ke rumah Anda tersebut. Alamat inilah yang juga menjadi identitas Anda.

3. Mengirim email yang lebih profesional

Yang ketiga, email yang Anda kirim juga lebih profesional. Ketika Anda menjalankan kegiatan digital marketing, broadcast email atau email newsletter yang dikirim kepada para pelanggan Anda tentu harus profesional. 

Tentu ada pilihan untuk menggunakan email gratisan, tapi kalau bisa menggunakan email berbayar yang lebih profesional kenapa tidak? Anda bertaruh pada profesionalitas. Bukan tidak mungkin, email newsletter yang Anda kirim dengan email gratisan akan dideteksi sebagai spam sehingga tidak akan terbaca oleh penerimanya.

4. Lebih mudah ditemukan mesin pencari

Yang keempat, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Ini berkaitan dengan SEO atau Search Engine Optimization. Dalam SEO, tidak hanya konten dan jumlah pengunjung website yang Anda masuk dalam kategori penilaian. Hal-hal di luar itu, misalnya kecepatan loading web, nama domain website, hingga tingkat kepercayaan website juga berpengaruh pada penilaian skor SEO.

Apa untungnya mendapatkan skor tinggi SEO? Keuntungannya adalah website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Hal baik yang sangat mungkin terjadi adalah akan ada lebih banyak orang yang berpotensi untuk mengunjungi website Anda.

5. Meningkatkan kepercayaan dan keamanan

Yang kelima, beli domain pribadi mampu meningkatkan kepercayaan dan keamanan. Ini masih berhubungan dengan poin pertama, yaitu kesan yang lebih profesional. Ketika website Anda terkesan lebih profesional karena memakai domain pribadi, ada banyak orang yang mempercayai website Anda sehingga mereka tidak ragu untuk mengunjunginya berkali-kali atau bahkan menjadikannya sebagai informasi rujukan.

Tidak hanya kepercayaan, aspek keamanan website juga terjaga dengan baik. Website memiliki tingkat keamanan yang baik karena penyedia layanan domain dan hosting memberikan fitur tersebut.

Nah, itulah 5 keuntungan memiliki domain pribadi untuk para blogger. Jadi, untuk Anda yang sudah lama terjun di dunia blogging namun masih saja menggunakan domain gratisan, Anda bisa mulai memikirkan untuk beli domain pribadi. Cek domain yang Anda pilih untuk mengetahui apakah domain tersebut sudah ada yang memakainya atau belum. Jika tidak tersedia, Anda perlu mencari nama domain lainnya.

Kesalahan Pemilihan Nama Domain

Dalam memilih nama domain, Anda sebaiknya melakukannya dengan hati-hati. Jangan sampai Anda membuat kesalahan-kesalahan seperti berikut ini :

1. Memilih nama yang ribet

Kesalahan yang pertama, memilih nama yang terlalu ribet. Karena nama domain yang Anda inginkan tidak tersedia, akhirnya Anda memutuskan untuk menuliskannya dengan kata yang sulit. Misalnya, Anda ingin domain catatankertas.com. Sayangnya, domain ini sudah ada yang menggunakannya. Anda tetap menginginkan nama tersebut kemudian mengakalinya dengan ejaan yang sulit menjadi catatatQerthaz.com.

Meskipun mampu menarik perhatian pengguna internet, nama domain seperti ini sulit diingat karena terlalu ribet. Jangan ditiru, ya.

2. Terlalu banyak simbol dan angka

Tidak hanya mengakali nama domain dengan ejaan yang sulit, Anda juga mengakalinya dengan membubuhkan angka-angka dan simbol. Misalnya catatan-kertas_45779.com. Meskipun Anda bebas memilih nama domain, hindari pemilihan nama domain yang demikian. Selain susah diingat, Google juga sangat mungkin salah mendeteksi website Anda sebagai spam.

3. Salah pilih ekstensi domain

Kesalahan ketiga dalam memilih nama domain adalah salah pilih ekstensi. Pahami jenis, fungsi, dan macam-macam ekstensi domain. Tiap ekstensi memiliki fungsinya masing-masing. Jangan sampai blog pribadi Anda menggunakan ekstensi .sch atau .ed. Pilihlah ekstensi yang umum digunakan, misalnya .com, .id, atau .net.

Itulah 3 kesalahan dalam pemilihan nama domain yang perlu Anda hindari. Beli domain adalah perkara mudah. Kesulitannya terletak pada pemilihan nama domain. Mungkin saja nama domain yang Anda pilih sudah dipakai oleh orang lain atau memiliki riwayat yang tidak terlalu baik. Karena itu, sebelum membelinya, Anda sebaiknya melakukan cek domain untuk mengetahui ketersediaannya.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment