7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Poin-Poin Penting yang Harus Dipahami Dalam Work Permit Indonesia

Poin-Poin Penting Work Permit Indonesia

Pekerjaan di negara Indonesia memiliki tingkat keragaman yang cukup besar. Baik itu yang beresiko kecil maupun besar semuanya banyak menampung para pekerja. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi orang-orang yang akan melakukan pekerjaan berbahaya mengetahui beberapa poin penting terkait work permit Indonesia atau sering disebut sebagai surat perizinan.

Sebelum Pergi Bekerja, Pahami Poin-Poin Terkait Work Permit Indonesia

1. Apakah work permit Indonesia dan alasan dibutuhkan

Surat izin keamanan merupakan dokumen tertulis yang dikeluarkan untuk mengontrol suatu jenis pekerjaan tertentu dengan potensi berbahaya yang cukup tinggi. Tentunya izin ini sangatlah dibutuhkan untuk mengidentifikasi berbagai hal. Diantaranya seperti pekerjaan yang dijalankan, presentase bahaya yang berhubungan dengan pekerjaan, dan pengendalian atau pencegahannya. Tidak semua pekerjaan bisa didaftarkan surat ini, contohnya saja adalah pekerja yang masuk ke dalam ruangan terbatas, pekerja yang beroperasi dengan alat berat, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Siapa yang memiliki wewenang untuk mengeluarkannya

Seperti yang diketahui bahwa work permit Indonesia merupakan surat resmi yang pastinya terdapat pelopor yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkannya. Diantaranya adalah supervisor atau pengawas kepada para pekerja yang akan memasuki area kerja. Sebelum mengizinkan biasanya ada beberapa prosedur pemeriksaan terkait, kelengkapan prasarana kerja, hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan, kondisi terkini, dan kesehatan pekerja.

3. Kapan perizinan ini dibutuhkan

Setiap pekerja yang membutuhkan surat ini perlu memperhatikan kapan waktu tepatnya. Biasanya work permit akan dikeluarkan jika pekerja melakukan kegiatan menggali, mengoperasikan peralatan berbobot berat, bekerja dengan bahan radioaktif, lokasi terdapat potensi suhu ekstrem ataupun radioaktif, dan sebagainya. Jika pekerjaan yang dilakukan hanya berpotensi kecil terhadap bahaya maka surat ini tidak perlu dibutuhkan.

4. Apa saja informasi yang mesti dicantumkan

Tak hanya poin-poin di atas yang wajib diketahui namun ada juga informasi apa saja yang mesti dicantumkan. Untuk itu cakupannya seperti nama, pekerjaan, lokasi, waktu, daftar potensi bahaya, sampai tanggal dan waktu perizinan tersebut dikeluarkan haruslah diperhatikan dengan baik. Jika ada salah satunya yang tertinggal untuk dicantumkan maka bisa dipastikan surat tersebut tidak akan diturunkan. Oleh karena itulah sebelum benar-benar mengirimkan perizinan teliti dahulu kedetailannya.

5. Masa berlaku surat perizinan

Seperti halnya surat-surat lainnya yang mempunyai batas waktu terakhir dan membutuhkan pembaharuan work permit Indonesia pun sama. Dimana batas ini malah terbilang sangat singkat yakni satu shift atau 8 jam saja. Itu artinya tidak sampai satu hari. Pada umumnya rentang waktu ini mulai diberlakukan pada pukul 07.00 sampai 17.00 atau disesuaikan dengan waktu kerja setempat.

Apabila kondisi yang ada di lingkungan pekerjaan itu berubah maka surat perizinan itu berubah dan harus dilakukan pemeriksaan kembali sesuai dengan situasi yang ada. Izin tersebut harus diperbarui jika lingkungan mengalami perubahan, namun apabila tidak maka surat bisa dipergunakan kembali. Perlu diketahui juga bahwa pekerja membutuhkan kurun waktu tambahan maka wajib melaporkan pada pengawas untuk mengesahkan surat baru untuknya.

Dalam dunia kerja work permit Indonesia menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan, terlebih yang resiko bahaya besar. Untuk itu permitindo.com menjadi layanan yang akan membantu perusahaan agar bisa melakukan perekrutan ekspatriat yang akan disesuaikan dengan peraturan yang ada di Kementrian Ketenagakerjaan Indonesia. Dengan begitu KITAS pun dapat segera bisa langsung diberlakukan.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment