7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bunaken Manado : Informasi Lengkap yang Harus Kamu Tau

Bunaken Manado

Sumber : https://www.indonesia.travel/content/dam/indtravelrevamp/en/destinations/sulawesi/north-sulawesi/manado/point-of-interest/bunaken/747ddfa9321d2734dfe3537eb4b5ee1cc7be9688-4f511.jpg/_jcr_content/renditions/cq5dam.web.1280.1280.jpeg


Kekayaan alam Indonesia benar-benar luar biasa dan hal ini tidak hanya terkonsentrasi pada beberapa daerah saja. Hampir semua pulau memiliki keindahan dan daya tariknya masing-masing. Salah satu daerah yang harus Anda kunjungi karena alamnya yang menakjubkan adalah Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Objek wisatanya yang paling terkenal adalah Taman Laut Bunaken serta berbagai titik diving yang mempesona. Hal ini karena Bunaken terletak di posisi segitiga emas terumbu karang dunia. Keren, kan? Tapi sebelum Anda terbang ke sana, berikut ini adalah informasi lengkap seputar Bunaken Manado yang harus Anda ketahui.


1.       Aktivitas yang Harus Dicoba

Banyaknya spot alam seperti pantai, gua bawah laut, dan tentu saja pemandangan bawah laut yang menakjubkan di Bunaken bisa jadi akan membuat Anda sedikit bingung kegiatan apa yang akan Anda lakukan disana. Beberapa aktivitas di bawah ini harus Anda coba :

Menyelam ke kedalaman laut tertentu untuk melihat cantiknya terumbu karang dan kehidupan laut Bunaken. Terdapat setidaknya 20 titik menyelam (diving) yang harus Anda coba setidaknya sekali seumur hidup.

Jika belum berani, Anda dapat mencoba snorkeling di sekitar permukaan laut. Meskipun tidak terlalu dalam, keindahan biota laut tetap dapat Anda saksikan dan tentu saja tidak mengecewakan.

Menikmati keindahan alam dengan berjemur, bermain air, berenang, dan menunggu matahari terbenam adalah kegiatan menenangkan yang banyak diburu wisatawan.


2.    Lokasi dan Akses ke Bunaken Manado

Untuk penerbangan menuju Bunaken, Anda dapat menggunakan beberapa maskapai penerbangan yang langsung mendarat di Bandara Sam Ratulangi. Perjalanan udara ini biasanya hanya memakan waktu 45 menit saja. Pulau Bunaken berada sekitar 7 mil dari Pelabuhan Manado dan dapat ditempuh kurang lebih 50 menit perjalanan darat. Dari pelabuhan ini Anda dapat meneruskan perjalanan dengan kapal ke Pulau Bunaken.

Wonderful Indonesia

3.    Waktu yang Ideal Untuk Mengunjungi Bunaken

Karena Indonesia merupakan negara dengan 2 musim, yaitu musim panas dan musim hujan saja, jadi tidak ada waktu khusus untuk mengunjungi Bunaken. Semua musim cocok dikunjungi jika Anda murni ingin jalan-jalan di sana. Namun jika Anda ingin menyelam, sebaiknya datang antara bulan Mei dan Agustus. Hal ini karena air laut berada pada titik paling jernih dan suhu air hangat, yaitu berkisar antara 21 – 31 derajat.

Pilihan lainnya, Anda dapat berkunjung pada bulan Oktober karena warga Bunaken mengadakan festival tahunan bernama Festival Bunaken. Namun jika bisa hindari datang pada bulan Desember hingga Januari karena sampah yang terbawa arus akan mengganggu aktivitas air Anda.

Mengunjungi Bunaken
Sumber : https://www.indonesia.travel/content/dam/indtravelrevamp/en/event/the-charm-of-bunaken-festival-2018/1-header.jpg/_jcr_content/renditions/cq5dam.web.1280.1280.jpeg


4.    Tips Berlibur ke Bunaken, Manado

Saat Anda ingin berlibur ke Bunaken, pastikan Anda sudah merencanakannya jauh-jauh hari. Bahkan jika perlu beberapa bulan sebelumnya. Banyak pengelola tempat wisata di sana yang akan menutup objek wisata jika sudah terlalu banyak wisatawan yang berkunjung. Selain itu, booking tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari akan membuat harganya semakin murah.

Tips berikutnya adalah usahakan Anda membawa uang tunai secukupnya dan perkirakan jangan sampai kurang. Hal ini karena mesin ATM belum terlalu banyak, hanya kota-kota besar yang memilikinya. Sedangkan transaksi dengan kartu kredit dan debit juga tidak semua tempat memilikinya. Sehingga paling aman jika membawa uang tunai.

Semenarik dan mengasyikkan apapun suatu tempat untuk dikunjungi, persiapan yang matang tetap harus dilakukan. Tentu Anda tidak mau jika aktivitas yang seharusnya dapat menghasilkan banyak kenangan indah harus gagal karena kurangnya informasi tentang tempat yang dituju. Sebelum ke Bunaken, kunjungi Wonderful Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment