7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

5 Cara Membuat Blog Sendiri yang Menghasilkan Uang

5 Cara Membuat Blog Sendiri yang Menghasilkan Uang

Ada banyak untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satunya melalui menulis pada platform internet. Platform untuk menuangkan ide saat ini banyak ditemui, diantaranya adalah blog. Apalagi saat ini membuat blog terbilang muda dan gratis. Oleh karena itu, simak informasi berikut ini mengenai cara membuat blog sendiri agar Anda segera bisa mendapatkan penghasilan darinya.

1.             Cari Topik

Menulis adalah kegiatan yang terlihat mudah. Namun menulis akan menjadi aktivitas yang sangat menyusahkan bahkan membingungkan apabila Anda tidak memiliki tema atau topik tertentu. Tulisan Anda akan akan kehilangan arah karena tidak memiliki tujuan yang jelas. Pesan ataupun makna dari tulisan Anda tidak akan tersampaikan dengan baik kepada pembaca karena tidak ada bahasan topik yang terperinci.

Sebelum membuat blog, ada baiknya Anda menentukan bahasan atau topik apa yang akan Anda bahas setiap harinya bahkan serinci sekalipun. Pada umumnya topi ini biasa disebut sebagai niche. Ada banyak pilihan topik yang bisa Anda pilih. Jika Anda memilih, maka pastikan topik tersebut yang Anda kuasai, Anda minati dan sesuai dengan passion Anda. Sekalipun tidak mengacu dan harus sama dengan persyaratan tersebut, setidaknya nantinya Anda bisa konsisten untuk menulis topik pilihan.

Ada banyak topik pilihan yang bisa Anda pilih. Misalnya saja ada topik yang membahas mengenai perawatan kulit, mengenai jenis-jenis kosmetik, perjalanan, kuliner, budaya, olahraga, dan lainnya. Biasanya satu platform bisa Anda isi dengan maksimal 3 pilihan topik. Apabila lebih dari itu, kesan dari blog Anda akan terlihat campur aduk dan tidak memiliki konsen kepenulisan yang jelas.

2.             Cari Platform Terbaik

Platform terbaik dari beberapa cara membuat blog sendiri biasaya ada 2, yaitu Wordpress atau Blogspot. Kedua platform ini paling banyak dan paling mudah digunakan terutama bagi para pemula yang ingin berkecimpung di dunia blogging. Pasalnya kedua platform tidak terlalu banyak dan konsen menggunakan kode pemrograman yang begitu terinci.

Apabila Anda ingin memperbaiki tampilan secara penuh dari suatu template, berarti Anda harus mengerti betul mengenai kode pemrograman. Misalnya saja dari platform Blogspot Anda mendapatkan template yang kurang enak dipandang. Anda bisa saja mencari dan memperbaiki sedikit pada kode HTML maupun kode CSS yang tersedia pada pengaturannya.

Tidak jauh berbeda dengan platform Wordpress. Apabila Anda memiliki kemampuan dalam pengkodean pemrograman, Anda bisa coba-coba untuk mengotak-atik tampilannya sendiri sesuai selera.

Namun, biasanya dari kedua platform ini telah tersedia template yang banyak. Hanya saja yang membedakan adalah template Wordpress lebih banyak berasal dari pihak ketiga. Sedangkan Blogspot sudah tersedia langsung.

3.             Memilih Menggunakan Hosting

Poin ini bisa menjadi optional dalam langkah-langkah atau cara membuat blog sendiri. Apabila Anda ingin memiliki blog yang terlihat sangat profesional, Anda bisa memilih untuk menggunakan hosting. Hosting sendiri bisa dimaknai sebagai tempat penyimpanan semua data-data terkait informasi yang Anda dapatkan, baik itu tulisan, gambar ataupun bentuk suara dengan sistem daring.

Ada berbagai macam harga yang tersedia di pasaran. Semuanya bisa Anda pilih sesuai dengan budget yang Anda miliki. Anda bisa juga memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan blogging pada penyedia jasa atau layanan hosting.

Apabila Anda memilih menggunakan hosting, pastikan layanan penyedia jasa bisa memberikan layanan selama 24 jam agar blog Anda semakin bekerja optimal. Apabila Anda tidak menghendakinya, hal tersebut juga bisa dilakukan.

Setiap platform baik itu Wordpress ataupun Blogspot pada dasarnya sudah menggunakan hosting otomatis dari platform itu sendiri. Bagi Anda yang ingin mencoba-coba membuat blog, bisa menggunakan layanan seperti ini. Apabila Anda ingin meneruskannya dengan hosting yang otomatis telah tersedia, hal tersebut juga bisa Anda lakukan.

4.             Gunakan Domain

Domain bisa dianalogikan sebagai alamat. Dengan begitu, pembaca yang ingin membaca semua hasil karya Anda bisa memakai alamat atau domain tersebut. Pada dasarnya, platform seperti Wordpress maupun Blogspot sudah menggunakan domain otomatis. Biasanya bisa Anda lihat pada akhir kata seperti blogspot[dot]com atau wordpress[dot]com. Sedangkan kata depannya, bisa Anda pilih dan sesuaikan sendiri.

Apabila blog Anda terlihat semakin profesional, Anda bisa membeli domain kepada penyedia layanan domain. Jenis domain pun banyak ragamnya yang bisa Anda pilih. Apabila Anda membuat blog Anda untuk komersial, bisa Anda pilih domain dengan akhiran dot com. Bisa juga Anda pilih domain lain, apabila Anda menggunakan budget yang lebih rendah. Adapun jenis-jenis domain sebagai berikut.

              Top Level Domain (TLD)

Domain satu ini adalah domain yang paling sering dan paling banyak digunakan. Baik itu untuk digunakan perorangan maupun untuk perusahaan sekalipun.  Hal ini dikarenakan domain jenis ini sudah digunakan secara publik sehingga menjadi populer dan mudah terdengar serta dilafalkan oleh pembacanya. Domain tertinggi ini diantaranya ada dot com, dot net, dot org, dan dot info.

              Second Level Domain (SLD)

Domain adalah turunan dari domain sebelumnya (TLD). Adapun dari penggunaan domain ini digunakan untuk kalangan perusahaan, universitas, serta dari komunitas bisnis di Indonesia tentunya agar bisa dikenali lebih spesifik lagi. Adapun pilihan dari domain SLD ini ada dot co dot id. Ada juga dot ac dot id, bisa juga menggunakan dot biz dot id.

              Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Berikutnya ada ccTLD. Sesuai dengan namanya saja penggunaan dari domain ini dikhususkan untuk kode negara sebagai identitas utama dari sebuah website. Misalnya saja domain yang mengandung unsur dot id adalah domain yang menandakan domain tersebut berasal dari negara Indonesia. Ada juga dot us yang menandakan domain dari Amerika Serikat. Kode dot jp menandakan domain dari Jepang dan lain sebagainya.

              Generic Top Level Domain (gTLD)

Penggunaan domain ini lebih dikhususkan lagi untuk sebuah instansi tertentu. Misalnya untuk instansi pendidikan, Anda bisa memilih dot edu. Ada juga instansi untuk kemiliteran, Anda bisa memilih dot mil. Begitu juga dengan instansi lainnya yang lebih umum.

              Subdomain

Sesuai dengan namanya, domain ini merupakan turunan dari domain utama. Bisa dibilang juga sebagai turunan domain yang digunakan oleh situs-situs besar. Pemilihan subdomain ini digunakan untuk memudahkan pengunjung atau pembaca dalam mengakses konten agar lebih spesifik.

Peletakkan dari subdomain sendiri berada di depan sebelum domain utama yang dipisahkan dengan dot. Misalkan saja subdomain dot domain dot com. Jadi, penggunaannya bisa disesuaikan dengan selera maupun sesuai dengan kebutuhan.

5.             Menggunakan Platform dengan Maksimal

Langkah berikutnya adalah tentu menggunakan atau memanfaatkan platform dengan sebaik mungkin. Apabila Anda menggunakan platform Blogspot, ada baiknya Anda mencari informasi ataupun tutorial mengenai penguasaannya.

Misalnya saja Anda ingin menambahkan kategori dari heading pada tampilan template yang tersedia. Anda harus mencari tutorial mengenai hal tersebut agar tampilan lebih bagus. Selain mengelola konten, jangan lelah juga untuk mengelola platform yang Anda pilih.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat blog sendiri. Inti dari pembuatan blog adalah keseriusan dan tidak mudah menyerah dalam hal mengelola platform yang dipilih dan pengelolaan konten. Dengan begitu, penghasilan dari blog bisa mengalir kepada Anda.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment