7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berikut Dokumen yang Diperlukan untuk Membuat NPWP Pribadi

Dokumen yang Diperlukan untuk Membuat NPWP Pribadi

Banyaknya manfaat yang dihadirkan, tentunya akan sayang apabila seseorang tidak mengurus NPWP, terlebih persyaratan membuat NPWP terbilang mudah dan cepat. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah kemudahan mengajukan kredit ke bank, pengajuan dan pembuatan SIUP, mendapat keringanan tarif pajak, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Sebelum menuju proses pembuatan NPWP, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan. Namun, tidak perlu khawatir karena pada dasarnya, semua dokumen yang dijadikan syarat merupakan berkas umum yang pasti dimiliki oleh setiap individu. Anda hanya perlu menyiapkannya agar nanti bisa mengurus proses pembuatan NPWP dengan mudah.

Mengapa Setiap Individu Perlu Membuat NPWP?

NPWP adalah nomor yang dikeluarkan oleh pihak wajib pajak agar bisa digunakan untuk mengurus semua administrasi perpajakan, mulai dari pelaporan hingga pembayaran. Pada dasarnya, keberadaan NPWP wajib bagi seluruh warga Indonesia, baik itu dalam hitungan perorangan ataupun badan usaha. Hal ini karena NPWP digunakan sebagai bahan panutan untuk menghitung pajak dan berbagai pelayanan umum yang akan dibutuhkan.

Selain itu, kegunaan NPWP ini sangatlah penting bagi keberlangsungan kehidupan, baik dalam skala kecil maupun skala besar. Anda bisa mengurusi berbagai hal yang berhubungan dengan pengajuan kredit, pajak, dan pembuatan paspor dengan mudah. Tidak hanya itu, kepemilikan NPWP juga menandakan apabila Anda merupakan salah satu warga negara disiplin yang memberikan kontribusi besar terhadap pemerintah.

Dokumen yang Dibutuhkan Untuk Membuat NPWP Pribadi

Terdapat tiga klasifikasi NPWP pribadi yang perlu diketahui. Ketiga klasifikasi tersebut, masing-masing menentukan persyaratan membuat NPWP yang secara otomatis menimbulkan sedikit perbedaan syarat dokumen. Untuk lebih jelasnya simak saja beberapa ulasan berikut.

Wajib Pajak Pribadi bukan Pekerja Bebas
Fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya, semisal SIM (Surat Izin Mengemudi) apabila seorang WNI.
Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau paspor bagi WNA.

Wajib Pajak Pribadi Karyawan atau Pekerja
Fotokopi KTP atau SIM bagi WNI
Fotokopi KITAP atau KITAS bagi WNA
Fotokopi surat keterangan pekerja yang diperoleh dari perusahaan terkait. Surat keterangan yang dibuat harus bertanda tangan materai
Formulir yang diperoleh dari kantor pajak

Wajib Pajak Pribadi Wanita Kawin yang Dikenai Pajak Terpisah dari Suami
Fotokopi kartu identitas
Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Fotokopi surat pernyataan yang di dalamnya berisi informasi terkait pemisahan harta antara suami dan istri
Fotokopi kartu NPWP milik suami

Itulah beberapa persyaratan membuat NPWP pribadi yang perlu dipahami dengan baik agar tidak keliru ketika mengurusi prosesnya. Anda juga sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi BukuKas yang bisa membantu proses pengelolaan keuangan menjadi lebih baik. Fitur-fitur yang tersedia seperti pencatatan transaksi, pembukuan terpisah, laporan penjualan, laporan hutang piutang, akan sangat berguna untuk mengembangkan usaha Anda. Dengan menggunakan fitur tersebut, tentu saja urusan pencatatan keuangan bisnis menjadi lebih mudah dan cepat. Jadi, pastikan untuk mencobanya ya!
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment