7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pengertian Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan dan Pencegahan

Pengertian Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan dan Pencegahan

Pengertian kanker serviks adalah sebuah penyakit kanker yang timbul pada sel-sel di leher rahim. Kanker yang satu ini terjadi ketika ada sel-sel di leher rahim atau serviks yang tidak normal, dan terus menerus berkembang biak dengan tidak dapat terkendali. Sel-sel abnormal yang ada bisa berkembang dengan cepat, lalu dapat mengakibatkan tumbuhnya tumor pada serviks. Tumor yang ganas inilah yang akan berkembang dan menjadi penyebab yang disebut kanker serviks.

Penyakit kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang paling banyak memakan korban wanita di dunia. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, setidaknya ada sekitar 15.000 kasus kanker serviks di setiap tahunnya.

Namun sayangnya, deteksi mulai dini seperti tes pap smear rutin masih belum menjadi perhatian umum di kalangan masyarakat. Bahkan, penyakit kanker serviks ini juga tidak akan menunjukkan gejala pada tahap awalnya. Gejala baru yang bisa muncul saat kanker sudah mulai menyebar lalu mulai memasuki tahap stadium lanjut. Dengan banyaknya kasus, kanker serviks ini juga memiliki kaitan erat dengan infeksi menular seksual atau IMS.

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks sebenarnya dapat disebabkan oleh HPV atau Human papillomavirus. Infeksi virus dari penyakit ini biasanya meningkat pada orang yang sering melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan. Perilaku seksual inilah yang akan berisiko tinggi, seperti seks tanpa menggunakan kondom atau sex toys yang tidak dicuci terlebih dahulu sebelum menggunakan, membuat seseorang akan sangat rentan mengidap kanker serviks. Selain itu, bagi wanita yang tidak pernah mendapatkan vaksin (imunisasi) HPV mungkin juga memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi HPV yang bisa menjadi penyebab munculnya kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks

Sebenarnya, gejala baru dari kanker serviks ini akan muncul ketika tumor sudah mulai tumbuh. Tumor ini kemudian bisa mendorong organ yang ada di sekitar lalu mengganggu sel-sel sehat. Berikut ini gejala kanker serviks yang harus diwaspadai:


  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur seperti dulu.
  • Terasa nyeri pada panggul. 
  • Terasa nyeri pada pinggang atau kaki.
  • Terasa nyeri ketika berhubungan seks.
  • Terjadi perdarahan yang tidak wajar dari Miss V.
  • Cairan pada Miss V yang tidak normal, seperti berbau menyengat dan disertai darah. 
  • Berat badan menurun drastis.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Salah satu kaki bengkak. 
  • Mudah lelah dan badan selalu lemas.


Diagnosis Kanker Serviks

Diagnosis kanker serviks ini dapat dilakukan dengan melakukan tes pap smear. Dokter bisa melakukan tes lainnya agar dapat melihat sel kanker dan prakanker pada serviks kalau tes pap smear tersebut menunjukkan malfungsi dari perubahan sel, seperti biopsi dan kolposkopi. Bila dokter telah menemukan adanya potensi kanker serviks, maka dokter kemudian akan memeriksa seberapa parahkah kondisi atau tahap stadium kanker yang dialami. Tesnya bisa mencakup hal-hal berikut ini :

Melakukan pemeriksaan pada kondisi vagina , rahim, rektum, dan kemih jika terdapat kanker.
Tes darah agar dapat memeriksa kondisi sekitar di organ kewanitaan, seperti darah, tulang, dan ginjal.
Tes pemindaian, yakni dengan menggunakan teknologi Computerised Tomography (CT) scan, Positive emission tomography (PET) scan, Magnetic resonance imaging (MRI) scan, dan sinar X. Tujuan dari tes ini untuk mengidentifikasi tumor kanker yang ada dan jika sel kanker telah menyebar atau metastasis.

Pengobatan Kanker Serviks

Apabila dokter telah yakin bahwa Anda menderita penyakit kanker serviks, maka akan terdapat beberapa pilihan dalam penanganan yang dapat dilakukan. Diantaranya dengan radioterapi, operasi, dan kemoterapi. Metode pengobatan itu juga dapat dikombinasikan agar dapat melenyapkan sel kanker yang ada.

Pencegahan Kanker Serviks :

  • Jangan merokok. 
  • Peroleh vaksinasi HPV.
  • Harus rutin melakukan pemeriksaan pap smear.
  • Selalu jaga kebersihan area intim kewanitaan. 
  • Lakukan hubungan intim yang aman serta gunakan kondom.
Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan dan Pencegahan, semoga dengan mengetahui hal ini kita bisa mencegahnya sebelum Kanker Serviks menyerang kita, terima kasih.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment