7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Efektif Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat menjadi salah satu awal dari munculnya efek samping pita suara yang akan menegang, flu dan pilek, bahkan indikasi dari sesuatu yang akan lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Seperti yang kita ketahui, sakit tenggorokan bisa benar-benar akan mengganggu. Anda mungkin saja tergoda untuk segera mendatangi dokter, namun beberapa tindakan ternyata bisa Anda lakukan agar dapat meredakan sakit tenggorokan tersebut.

Cara Efektif Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Nah, berikut ini kami akan memberikan 7 cara yang bisa Anda coba ketika tenggorokan mulai terasa serak, gatal, atau mulai sakit saat menelan makanan atau minuman.

1. Kumur air garam
Berkumur dengan menggunakan air garam hangat ternyata bisa membantu dalam meredakan rasa panas dan nyeri sakit tenggorokan. Ternyata, jika berkumur air garam beberapa kali dalam sehari bisa mengurangi bengkak pada tenggorokan dan akan membantu mencairkan lendir, serta dapat membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga akan meringankan ketidaknyamanan Anda ketika menelan.

Anda cukup mencampurkan secangkir air hangat dan 1 sendok teh garam. Aduk sampai tercampur, lalu kumur selama beberapa detik. Cara ini harus Anda lakukan beberapa kali dalam sehari.

2. Penuhi cairan tubuh
Dalam menjaga asupan cairan tubuh merupakan salah satu bagian penting dari pengobatan radang tenggorokan. Saat tubuh Anda kekurangan cairan, maka secara otomatis tubuh Anda tidak bisa menghasilkan cukup lendir dan air liur dalam menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal inilah yang akan menyebabkan pembengkakan dan akan membuat peradangan semakin memburuk.

Anda harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin Anda menjadi berwarna jernih. Hal ini bisa membantu membuat selaput lendir Anda tetap lembab dan bekerja lebih baik serta membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih efektif dalam memerangi gejala flu dan pilek.

3. Permen pelega tenggorokan
Permen dan obat batuk berguna untuk membantu meningkatkan produksi air liur dan bisa menjaga tenggorokan Anda agar selalu basah. Tetapi sesuai namanya, permen ini hanya bisa melegakan tenggorokan gatal Anda, meskipun hanya sementara, namun akan sangat efektif dikonsumsi saat darurat.

4. Air perasan lemon
Jus lemon memiliki kandungan astringent yang bisa membantu untuk mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan akan menciptakan lingkungan asam agar dapat membunuh virus serta bakteri penyebab timbulnya iritasi. Anda cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon dan air hangat, lalu kumur selama beberapa detik. Lakukan terus cara ini beberapa kali dalam sehari.

5. Kumur cuka apel dan garam
Cuka apel memiliki sifat asam yang akan membantu melapisi tenggorokan Anda sekaligus dapat membuat bakteri dan virus tidak dapat bertahan hidup. Agar dapat perawatan yang lebih ringan, Anda bisa campurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, lalu kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam.

6. Mandi air hangat
Ternyata, jika menghirup udara lembab akan membantu dalam meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus dapat mengatasi hidung yang mampet. Anda cukup mandi dengan menggunakan air hangat, atau Anda siapkan sebuah mangkuk besar berisi air hangat lalu gantung selembar handuk di atas kepala Anda agar dapat menjaga uap hangat tidak keluar dari mangkuk.

7. Obat pereda nyeri
Perawatan paling efektif dalam mengatasi masalah radang tenggorokan ini yakni, obat pereda nyeri atau NSAID. Obat pereda nyeri bisa membantu mengurangi beberapa pembengkakan akibat sakit tenggorokan dan tentunya akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, obat pereda nyeri ini juga bisa membantu dalam mengurangi gejala demam dan flu yang diiringi dengan radang tenggorokan.

Nah, itulah cara efektif menyembuhkan radang tenggorakan yang bisa Anda lakukan.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment