7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Melihat Hasil Rapid Test Corona Dari SehatQ.com

Cara Melihat Hasil Rapid Test Corona

SehatQ.com memberikan layanan program rapid test secara gratis bagi masyarakat dengan tujuan untuk mendukung pergerakan pemerintah agar dapat memutus rantai penyebaran COVID-19. Maka dari itu apabila anda ataupun orang terdekat mengalami gejala COVID-19 atau pernah kontak langsung dengan penderita maka bisa langsung melakukan pemeriksaan di SehatQ.com secara gratis.

Apabila sudah melakukan rapid test di SehatQ.com, maka fasilitas kesehatan yang diarahkan oleh SehatQ untuk melakukan pemeriksaan akan mengirimkan hasil rapid test biasanya maksimal 1 hari setelah melakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan ini bersifat rahasia sehingga hasilnya akan dikirimkan langsung ke alamat pribadi anda untuk menjamin keamanan.
 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Rapid Test di SehatQ.com

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah hasil rapid test tidak 100% akurat. Hal ini dikarenakan masih banyak faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil test sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang tepat dan bukan hasil positif palsu. Maka dari itu rapid test hanyalah merupakan proses screening dan bukan merupakan konfirmasi akhir.

Pada saat alat mendeteksi adanya IgG dan IgM yang terbentuk, bisa saja dikarenakan bahwa orang tersebut mengalami cross reaction antibody atau memang terinfeksi virus corona. Cross reaction antibody terjadi dikarenakan tubuh memang sedang terinfeksi virus namun bukan virus penyebab COVID-19.

Apabila tubuh terinfeksi virus lain juga akan membuat tubuh menghasilkan IgM dan IgB maka rapid test akan menunjukkan hasil positif palsu. Sama halnya apabila hasil negatif masa bisa saja dikarenakan antibodi belum terbentuk. Jadi bisa saja test dilakukan pada waktu yang tidak tepat sehingga menujukkan hasil negatif yang memberikan hasil negatif palsu.

Karena hal inilah rapid test hanya dijadikan sebagai pemeriksaan awal dan bukan sebagai hasil akhir atau konfirmasi akhir. Setelah melakukan rapid test maka orang tersebut akan diminta untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila muncul gejala dan dimint untuk isolasi mandiri apabila tidak ada gejala sama sekali.

Apabila hasil pemeriksaan negatif maka anda akan tetap direkomendasikan untuk tetap melakukan isolasi mandiri di rumah dan juga melakukan physical distancing serta menjaga pola hidup yang sehat dan bersih misalnya seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menerapkan etika batuk dan bersin, dan menggunakan masker.

Namun apabila hasil rapid test positif dan tidak ada gejala COVID-19 maka anda akan diminta untuk tetap melakukan isolasi mandiri di rumah serta menjaga pola hidup yang sehat dan bersih serta tetap melakukan konsultasi dengan dokter yang bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Chat Dokter di SehatQ.com.

Hal ini dilakukan untuk mengobservasi apakah nantinya muncul gejala COVID-19 atau tidak. Biasanya dalam kurun waktu 7-14 hari setelah menjalani rapid test, maka anda akan diminat untuk kembali menjalani pemeriksaan secara gratis apakah mengalami gejala atau tidak ada gejala sama sekali.

Apabila muncul gejala berat maka anda akan langsung dirujuk ke rumah sakit yang menangani pasien COVID-19. Hal ini juga berlaku bagi orang yang memiliki hasil positif pada saat rapid test dengan gejala berat.

Apapun yang terjadi, tetaplah untuk melakukan isolasi mandiri di rumah dan tidak berpergian ke luar rumah terlebih dahulu sebelum kondisi dan situasi dinyatakan aman agar tidak terinfeksi virus corona dan juga menginfeksi orang di sekitar. Anda bisa melakukan banyak kegiatan dan menjaga kesehatan tubuh dengan menjalankan pola hidup sehat.

Anda bisa membaca artikel di SehatQ.com untuk mendapatkan banyak informasi seputar kesehatan dengan berbagai pilihan kategori yang lengkap.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment