7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Single Parent Juga Bisa Sukses! Berikut Tipsnya

Tips Menjadi Single Parent Sukses

Menjadi seorang single parent atau orang tua tunggal bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, bukan hal mustahil seorang single parent mampu meraih kesuksesan. Banyak cara bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut ini lima tips menjadi single parent sukses.

1. Positif thinking

Hal pertama yang seorang single parent harus terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berpikiran positif. Dengan mengubah cara berpikir positif ini, Anda akan lebih bersemangat meraih tujuan yang sudah Anda tetapkan.

Berpikiran positif juga akan membuat Anda lebih bahagia karena tidak terbebani dengan rintangan maupun cobaan yang Anda hadapi. Meski seorang diri, dengan berpikiran positif, segala hal menjadi mungkin dan menjadikan Anda pribadi yang lebih kuat.

Selain itu, membiasakan diri untuk ikhlas juga jadi hal penting dalam sebuah proses meraih kesuksesan. Menyadari bahwa ada kuasa Tuhan dalam setiap hal yang kita  hadapi dan lalui, maka setelah membiasakan diri berpikir positif ada baiknya untuk mulai belajar berserah dan ikhlas.

Meski di beberapa percobaan Anda mengalami kegagalan, namun jangan lupakan untuk menjadi seseorang yang pantang menyerah dan selalu berpikiran positif. Dan belajar ikhlas akan menjadikan Anda pribadi yang lebih sabar, dan tak mudah menyalahkan keadaan.

2. Tentukan tujuan

Setelah membiasakan diri berpikiran positif, selanjutnya Anda harus menentukan tujuan. Entah itu tujuan finansial untuk membeli sesuatu atau membuka usaha baru, berlibur bersama anak ke tempat baru, hingga tujuan pendidikan anak.

Tulis tujuan-tujuan tersebut di buku catatan atau note ponsel Anda sehingga ketika Anda mengalami kesulitan atau kesedihan melanda, catatan tersebut bisa jadi alasan penyemangat Anda untuk terus melangka maju dan berbahagia.

Selalu ingat bahwa segala hal baik membutuhkan usaha, doa, dan semangat yang tinggi untuk meraihnya. Jadi, jangan menyerah. Apabila tujuan Anda ialah berupa finansial, Anda bisa melihat tips-tips berhemat ala single parent di Bloghemat.com.

Di sini Anda akan menemukan banyak tips dan trik yang berguna untuk meraih tujuan finansial. Mulaid dari tips hemat ala ibu rumah tangga hingga peluang usaha untuk para single parent.

3. Menjadi lebih mandiri

Sebagai seorang single parent, Anda dituntut untuk melakukan semuanya sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Membiasakan diri menjadi mandiri adalah hal penting, sebab hal ini bisa menjadikan Anda sosok yang kuat sekaligus membuktikan kepada anak bahwa ia tak perlu khawatir karena Anda bisa diandalkan dan menjadi apapun yang ia butuhkan.

Mandiri bisa berarti banyak hal, salah satunya mandiri secara finansial. Di Bloghemat dipaparkan juga beberapa tips untuk menjadi seorang single parent yang mandiri secara finansial. Salah satunya dengan mencari peluang bisnis yang menjanjikan.

Mulai dari membuka warung kecil, bagi Anda yang hobi masak Anda bisa membuka usaha katering atau berjualan makanan ringan seperti donat, sosis goreng, hingga makaroni atau kacang goreng.

Sedangkan untuk Anda yang kreatif bisa membuat kerajinan khas daerah seperti mainan anak, tas, lukisan, hingga berbagai gantungan kunci. Jika Anda memiliki modal yang minim, Anda bisa memulai berbisnis online shop dengan menjadi reseller barang-barang yang sedang tren di kalangan masyarakat.

4. Membangun hubungan dengan anak

Menjadi single parent tentunya harus membangun hubungan saling percaya dengan anak. Anda, sebagai orang tua harus menjelaskan kepada anak tentang keadaan yang Anda hadapi. Ketika anak mulai dewasa, mungkin ia akan bertanya-tanya mengenai sosok ibu atau ayah seperti teman-temannya yang memiliki orang tua lengkap.

Ini saatnya Anda bercerita dan menjelaskan sejujurnya kondisi rumah tangga Anda. Dengan begini anak menjadi paham dan mungkin bisa membantu Anda untuk menjadi single parent sukses karena pengertian sang anak. Berikan penjelasan kepada anak bahwa menjadi seorang single parent tak mengurangi rasa kasih sayang yang diperoleh sang anak.

Sebaliknya, Anda akan meyakinkannya memberikan kasih sayang berlimpah sama seperti mereka yang memiliki orang tua lengkap. Selain itu, melibatkan anak dalam setiap kegiatan Anda juga menjadi hal yang baik untuk membangun hubungan saling jujur dan kepercayaan satu sama lain.

Misalnya, jika Anda mengalami kesulitan dalam hal finansial, Anda bisa menjelaskan kepada si kecil untuk lebih bersabar dan pengertian karena Anda sedang berusaha memperjuangkan kebahagiaannya. Hal ini dapat menjadikan si kecil menjadi sosok yang lebih bijak dan pengertian.

5. Me time untuk para single parent

Memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengurus anak sendirian, terkadang para single parent lupa untuk merawat diri sendiri dan melakukan hal-hal yang disukai. Anda masih bisa kok jalan-jalan, ke salon, olahraga, pergi bersama teman-teman untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan rasa lelah.

Pahami bahwa seorang single parent juga manusia yang tidak selalu merasa kuat, Anda juga perlu beristirahat dari penatnya kegiatan. Hal ini berguna untuk menjadikan Anda lebih fokus dan bersemangat lagi meraih tujuan sebagai seorang single parent sukses.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment