7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Gerakan Senam Otak dan Cara Melakukannya Untuk Meningkatkan Fokus

Senam otak merupakan serangkaian gerakan tubuh yang bertujuan untuk menjaga kesehatan mental dan juga fungsi kognitif. Gerakan tubuh memang sudah terbukti dapat mempengaruhi aktivitas otak. Dengan rutin melakukan senam otak dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Senam otak memiliki banyak manfaat antara lain meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan belajar, meningkatkan konsentrasi, mengasah refleks dan koordinasi tubuh, menyerap informasi lebih cepat, menyeimbangkan tubuh dan pikiran.

Senam otak bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia karena akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan otak. Anda juga bisa melakukan senam otak kapan saja dan di mana saja baik itu ketika di sela-sela kesibukan kantor, di pagi hari, atau sebelum tidur. Senam otak memang sebaiknya dilakukan secara rutin agar manfaatnya lebih cepat dirasakan.

Gerakan Senam Otak


Gerakan Senam Otak dan Cara Melakukannya untuk Meningkatkan Fokus

Terdapat sekitar 26 gerakan yang termasuk ke dalam senam otak. Masing-masing gerakan memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing dan gerakan-gerakan tersebut bisa dilakukan bergantian sebagai kombinasi. Namun bagi pemula, anda bisa mencoba gerakan berikut ini terlebih dahulu :

1. Hook up

Gerakan senam otak ini membutuhkan kursi atau tempat agar anda bisa duduk dengan nyaman. Caranya yaitu silangkan kaki dengan posisi tumit kiri di atas tumit kanan, pertemukan tangan kiri dengan tangan kanan di depan dada dengan posisi menyilang tangan kiri di atas tangan kanan.

Pertemukan telapak tangan dengan jari-jemari saling bertautan dan angkat hingga menyentuh dagu bagian bawah. Setelahnya, duduklah dengan tenang selama beberapa menit sambil mata terpejam dan tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan dengan perlahan.

Gerakan senam otak yang sederhana ini berfungsi menenangkan sistem saraf pusat serta membantu menyambungkan kembali aliran listrik di dalam tubuh. Hook up juga membantu mengaktifkan otak kanan dan otak kiri serta menstabilkan emosi.

Oleh karena itu, Gerakan senam otak ini paling cocok dilakukan saat Anda merasa stres, banyak pikiran, dan linglung. Situasi lain yang dapat diatasi dengan hook up adalah rasa ingin marah, bingung saat akan mengambil keputusan, hingga ketika anda butuh waktu untuk berkonsentrasi dalam pengambilan keputusan.

2. Positive point

Positive point merujuk pada titik yang terdapat di dahi dan tepat di atas titik pertengahan antara kedua alis. Perlahan, tempatkan tiga jari dari masing-masing tangan Anda di positive point tersebut, pejamkan mata, kemudian tarik napas dalam sebanyak 10 kali.

Positive point adalah titik akupresur pada manusia yang bila ditekan dapat melepaskan stres dan tekanan emosional di dalam otak anda. Oleh karena itu, senam otak ini paling cocok dilakukan ketika anda sedang stres, banyak pikiran, atau bahkan saat anda hanya ingin menenangkan diri.

3. Cross crawl

Anda bisa meniru gerakan jalan di tempat, namun dengan lutut yang diangkat setinggi mungkin dan badan yang diputar hingga lutut menyentuh siku yang berlawanan (misalnya lutut kiri dengan siku kanan). Cross crawl dapat dilakukan dengan berdiri, duduk, bahkan berbaring.

Gerakan ini membantu meningkatkan koordinasi otak kanan dan otak kiri serta lengan kanan dan lengan kiri. Selain itu, gerakan senam otak ini juga dapat meningkatkan keseimbangan, fokus, dan menjaga postur agar tidak mudah jatuh.

Inilah 3 gerakan senam otak yang bisa anda lakukan sebagai permulaan sebelum mulai mengenal gerakan lainnya. Lakukanlah secara rutin di mana saja dan kapan saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email [email protected] atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment