7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tanya Dokter Diabetes: Pencegahan dan Diet Sehat untuk Pemilik Resiko Tinggi Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Ada dua jenis diabetes yaitu diabetes tipe satu dimana seseorang mengalami kelainan dalam memproduksi hormon insulin sehingga tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 tubuh masih memproduksi insulin akan tetapi tidak efektif menggunakannya karena sebab-sebab tertentu sehingga kadar gula darah menjadi tinggi. Penyakit diabetes dapat diturunkan sehingga dikenal golongan orang yang memiliki resiko tinggi diabetes. Jika Anda memiliki keluarga dengan riwayat diabetes, maka sebaiknya segera tanya dokter diabetes di aplikasi Halodoc cara diet yang tepat dan pencegahan lainnya agar tidak bermasalah dengan penyakit satu ini.

Diet Sehat untuk Pemilik Resiko Tinggi Diabetes

Tingginya kadar gula di dalam darah, selain disebabkan karena kurang maksimalnya tubuh dalam mengubah gula darah menjadi gula otot juga disebabkan karena konsumsi gula yang berlebihan. Makan makanan manis memang lebih nikmat namun inilah yang perlu dihindari apalagi bagi Anda yang memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes. Makanan manis ternyata bukan hanya ditemukan dari gula saja. Ada banyak olahan gula dan makanan lainnya yang ternyata juga mengandung kadar gula tinggi. Agar tubuh tetap sehat dan jauh dari diabetes, berikut ini adalah tips diet sehat dari dokter untuk Anda pemilik resiko tinggi diabetes tipe 2:

1. Cukup kalori.

Meski Anda melakukan diet namun kebutuhan kalori harus tetap terjaga untuk menghindari Anda lemas dalam beraktivitas. Sumber kalori yang sebaiknya dipilih adalah yang sumber karbohidrat sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, bijian serta susu low fat.

2. Cukup serat.

Konsumsi makanan yang kaya serat selain dapat membantu kerja jantung juga bisa membantu tubuh mengatur kadar gula. Makanan yang perlu Anda konsumsi lebih banyak seperti gandum utuh, oat, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan seperti pisang dan buah pir.

3. Ikan.

Anda bisa tetap makan enak dengan lauk yang tepat misalnya ikan. Ikan mengandung protein yang baik untuk metabolisme tubuh. Pilihan yang paling baik adalah ikan cod, ikan tuna, salmon, makarel, sarden, dan bluefish. Ikan mengandung kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan daging merah atau unggas. Selain itu ikan juga kaya akan omega 3 yang juga dapat memperbaiki kerja jantung. Namun cara memasaknya juga harus benar agar tidak menambah kolesterol dan gula.

4. Makanan dengan lemak baik.

Tak semua lemak itu buruk untuk kesehatan asalkan Anda memilih sumber yang tepat dengan jumlah konsumsi yang tepat. contoh makanan yang mengandung lemak baik antara lain alpukat, almond, minyak zaitun dan minyak kacang.

Selain mengkonsumsi makanan di atas, Anda juga harus melakukan diet mengurangi asupan gula dalam makanan dan minuman. Agar tetap manis Anda bisa menggantinya dengan gula jagung atau gula rendah kalori lainnya. Imbangi diet dengan berolahraga sehingga fungsi dan metabolisme tubuh tetap terjaga.

Tanya dokter diabetes di aplikasi Halodoc setiap kali Anda merasakan gejala tekanan darah naik ataupun turun drastis. Dengan mengecek kadar gula Anda setiap saat, Anda bisa mengetahui menu makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan mana yang tidak boleh dikonsumsi. Perlu diketahui bahwa penderita diabetes bisa memiliki kadar gula yang naik turun sesuai dengan diet yang dijalaninya. Karenanya sangat penting untuk menjadikan pola diet sehat ini sebagai kebiasaan sehingga kadar gula tetap terjaga. Sesuaikan juga jenis olahraga yang Anda lakukan dengan kadar gula yang ada disaat tersebut.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email [email protected] atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment