7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen yang Bikin Hari-Hari Tak Nyaman

Anda sedang punya persoalan bau badan? Timbulnya bau badan ini tentu saja menyebabkan ketidaknyamanan. Secara otomatis, rasa percaya diri juga akan menurun. Kecemasan terhadap persoalan ini juga akan dialami. Cara menghilangkan bau badan permanen di bawah ini bisa diterapkan secara rutin dan berkelanjutan sampai baunya tak muncul lagi.

Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen Pada Wanita

Penyebab Timbulnya Bau Badan

Mengatasi suatu persoalan secara efektif memang harus menyasar pada penyebabnya. Sebelum mengatasi bau badan, Anda juga harus mengetahui penyebab timbulnya bau badan tersebut. ketidaknyamanan yang timbul akibat bau badan ini ternyata bersumber dari keringat. Keringat yang melekat terlalu lama di badan akan menimbulkan aroma tidak sedap sampai menyengat.

Selama keringat tersebut menempel di badan, secara alamiah bakteri di kulit akan berkembang biak dengan mudah dan cepat. Akibatnya, timbullah bau badan yang tidak sedap. Kelenjar apokrin adalah kelenjar yang menghasilkan keringat berbau dan terletak jauh di dalam kulit. Umumnya, kelenjar ini terdapat di area ketiak karena ketiak mempunyai pori-pori cukup besar.

Kelenjar ini akan berekskresi dengan bakteri yang berperan pada proses pembusukan. Itulah sebabnya mengapa timbul bau badan yang tidak sedap, bahkan terkadang dapat menyengat. Kelenjar apokrin ini akan aktif setelah seseorang mengalami masa pubertas.

Cara Efektif Hilangkan Bau Badan yang Mengganggu

Sudah diketahui dari penjelasan sebelumnya bahwa kelenjar keringat apokrin adalah yang memicu timbulnya keringat yang bau. Setelah memahami penyebabnya tersebut, tinggal bagaimana Anda mengatasi persoalan tersebut.

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih adalah solusi tepat yang harus diketahui dan diterapkan agar kembali merasa nyaman dan rasa percaya diri meningkat. Agar segera teratasi secara optimal, Anda perlu menerapkan cara efektif dalam menghilangkan bau badan yang mengganggu.

Cara efektif yang pertama adalah mengganti pakaian secara teratur. Bau badan yang tidak sedap ini sering disebabkan karena pemakaian pakaian yang berulang. Seharusnya, tindakan ini dihindari dan gantilah pakaian setelah selesai mandi. Peraturan mandi dua kali sehari dengan sabun juga harus dipatuhi agar keringat tidak mengendap lama di tubuh dan menimbulkan bau badan.

Perlu diingat pula untuk selalu mencuci pakaian dengan deterjen sampai bersih, kemudian bilas dengan air yang mengalir. Menjemur pakaian sampai benar-benar kering juga harus dilakukan agar tidak lembab dan memicu berkembangnya bakteri dan jamur. Mengenakan pakaian yang menyerap keringat juga menjadi solusi efektif mencegah bau badan timbul lagi.

Anda juga harus menghindari makanan pemicu bau badan. Apakah itu? Terdapat banyak jenis makanan serta minuman yang bisa memicu timbulnya bau badan, di antaranya adalah daging merah, makanan cepat saji, kafein, tembakau, dan minuman beralkohol.

Mengonsumsi buah juga menjadi cara menghilangkan bau badan permanen yang efektif. Pasalnya, pencernaan yang tidak lancar akibat penumpukan lemak yang memicu tubuh lebih berkeringat juga dapat menimbulkan bau badan. Persoalan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang mampu menghancurkan lemak jahat, misalnya alpukat.

Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Berbagai cara efektif untuk menghilangkan bau badan di atas memang sangat perlu diterapkan agar persoalan yang mengganggu ini bisa segera diatasi. Agar lebih teratasi, Anda perlu mencoba menerapkan cara alami dalam menghilangkan bau badan. Beberapa ramuan tradisional dapat berkhasiat ampuh menghilangkan bau badan.

Ramuan tradisional pertama adalah bunga rosemary yang dapat digunakan sebagai minyak esensial di ketiak. Cara pemakaian berikutnya bisa dibuat air rebusan bunga rosemary di bak mandi, kemudian gunakan untuk mandi. Lakukan setiap harinya. Bunga yang satu ini mengandung minyak atsiri yang mampu menghilangkan bau badan.

Bunga kecombrang juga sangat ampuh mengatasi bau badan. Bunga ini mengandung banyak zat antioksidan serta zat lain yang berguna untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah vitamin, mineral, antimikroba, glukosa, polifenol, tanin, steroid, triterpenoid, flavonoid, saponin, fenolik, dan alkaloid. Berbagai zat di atas sangat ampuh menghilangkan bau tak sedap.

Cara membuat ramuan dengan bunga kecombrang ini adalah dengan menumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya. Setelah itu, aplikasikan sebagai sabun untuk tubuh setiap kali Anda mandi. Bilas sampai bersih.

Buah apel juga berkhasiat mengatasi bau badan. Di dalamnya, terdapat asam tartrat yang menghambat pertumbuhan bakteri. Pada cuka apel terdapat asam asetat yang berfungsi sebagai antimikroba. Cara membuatnya adalah dengan mengoleskan cuka apel di ketiak menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih. Gunakan setiap sebelum mandi.

Selain mengobati diare, daun jambu biji juga dapat dijadikan ramuan menghilangkan bau badan. Daun jambu biji ini mempunyai kandungan mineral serta anti bakteri yang dapat membasmi kuman penyebab bau badan. Cara membuatnya dengan menumbuk tiga lembar daun jambu biji dan oleskan di ketiak. Biarkan sampai kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Daun sirih sangat kaya antioksidan, sehingga ampuh mengatasi persoalan kesehatan. Salah satunya adalah dapat menghilangkan keringat dengan cepat. Cara pakainya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih ke dalam 2 gelas air. Campurkan air rebusan tersebut ke bak mandi. Lakukan metode ini secara rutin sampai bau badan hilang.

Sebagai tips menghilangkan bau badan sudah terbukti, daun kemangi paling populer di kalangan masyarakat. Kandungan minyak atsiri di dalamnya sangat berguna sebagai antiseptik. Anda bisa langsung mengonsumsinya sebagai lalapan. Cukup gunakan segenggam daun kemangi untuk lalapan setiap makan pagi dan sore hari.

Temulawak yang terkenal akan khasiatnya di dunia kesehatan juga mampu mengatasi persoalan bau badan. Temulawak mengandung minyak atsiri, sapomin, dan flavoinoida yang berperan menghilangkan bau badan. Cara mengaplikasikannya adalah dengan memarut temulawak hingga halus dan berilah air sembari diperas. Tambahkan 1 sdt madu dan minumlah air perasan tersebut.

Jahe juga mampu menghilangkan bau badan karena mengandung gingerol, kurkumen, felandren, resin pahit, bisabolene, minyak atsiri, dan zingiberol. Lewat mengonsumsi minuman jahe setiap hari sekali, persoalan bau badan segera teratasi.

Mengonsumsi mentimun ternyata juga mampu menghilangkan bau badan. Terdapat banyak zat yang bermanfaat untuk mengatasi bau badan yaitu zat besi, fosfor, tembaga, seng, asam pantotenat, vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, vitamin K, folat, thiamin, magnesium, kalium, mangan, dan riboflavin. Selain mengonsumsi langsung, pemakaian masker mentimun di ketiak juga ampuh.

Persoalan bau badan memang sangat mengganggu. Selain menimbulkan ketidaknyamanan untuk diri sendiri, orang lain di sekitar juga bisa mencium bau tak sedap tersebut hingga menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasi dan mencegahnya agar tak balik lagi, cara menghilangkan bau badan permanen di atas dengan tindakan efektif dan ramuan tradisional perlu diterapkan.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment