4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Kulkas memiliki banyak sekali manfaat di rumah. Jadi, kalian harus selalu merawatnya dengan baik. Namun, kadang ada masalah terjadi dan masalah yang paling sering muncul adalah kulkas tiba-tiba tidak dingin.

Untuk itu, kalian harus tahu tentang penyebab kulkas tidak dingin sehingga bisa mengatasi masalah tersebut agar kulkas kembali normal.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Tips Jitu Mengatasinya


4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor yang bisa membuat kulkas tidak dingin. Faktor-faktor tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Berikut beberapa diantaranya serta tips mengatasinya agar kulkas bisa kembali bekerja dengan normal:

1. Bunga Es
Bunga es adalah penyebab utama dan paling umum yang mengakibatkan kulkas tidak dingin. Pasalnya, kulkas yang sudah lama tidak dibersihkan membuat bunga es semakin mengembang. Hal ini membuat lubang angin yang berperan mendinginkan udara menjadi tidak berfungsi. Alhasil, suhu udara di dalam kulkas pun menjadi tidak dingin.

Untuk mengatasi hal ini, kalian harus menghilangkan bunga es tersebut. Cara paling mudah adalah mematikan sambungan kulkas ke listrik dan membiarkan pintunya terbuka. Kalian juga bisa menggunakan bantuan kipas angin dan menghadapkannya ke bagian dalam kulkas. Setelah bunga es mencair, kalian bisa membersihkan kulkas dan menyalakannya kembali.

2. Stop Kontak Rusak
Stop kontak menjadi menyambung sumber energy ke listrik. Sering kali, stop kontak tidak berfungsi baik sehingga listrik tidak mengalir. Jika demikian, wajar saja kulkas menjadi tidak dingin. Sering kali, hal ini terjadi namun banyak yang tak menyadarinya.

Untuk itu, cek dulu apakah stop kontak berfungsi atau tidak. Jika stop kontak memang rusak, maka yang perlu kalian lakukan adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Namun, kadang juga permasalahannya hanya pada kabel kulkas yang tidak kencang saat dipasang ke stop kontak. Jadi, pastikan dulu apakah stop kontak menjadi penyebabnya atau bukan.

3. Freon Bocor
Penyebab kulkas tidak dingin yang ketiga adalah kebocoran Freon. Sering kali, Freon mengalami kebocoran atau bahkan habis. Freon sendiri berada di bagian belakang kulkas dekat dengan grill. Jika Freon tidak terasa hangat atau panas saat dipegang, bisa dipastikan Freon bocor ataupun habis. Hal ini membuat kulkas tidak bisa mengeluarkan suhu dingin lagi.

Jika kalian sudah memastikan kalau Freon bermasalah, maka yang perlu kalian lakukan adalah mengisinya lagi. Jika terjadi kebocoran pada Freon, kalian bisa memperbaikinya ke tempat service kulkas atau barang elektronik pada umumnya. Dengan begitu, Freon akan bisa berfungsi lagi sehingga kulkas pun bisa mengeluarkan suhu dingin kembali.

4. Kondisi Karet Pintu Kulkas Tidak Cukup Bagus
Dalam sehari, tentu saja kita sering membuka pintu kulkas berkali-kali. Hal ini bisa membuat karet yang ada pada pintu kulkas tidak baik kondisinya. Jika karet pada pintu kulkas tidak dalam kondisi baik, pintu kulkas pun tidak bisa ditutup dengan rapat. Alhasil, udara dalam kulkas keluar. Begitu juga udara dari luar bisa masuk ke dalam kulkas sehingga suhu tidak dingin.

Untuk itu, kalian harus mengecek kondisi pintu kulkas dengan teliti. Jika dipastikan penyebab kulkas tidak dingin ada pada karet pintunya, maka kalian harus memperbaikinya atau bahkan mungkin perlu mengganti karet pintunya. Tujuannya agar pintu kulkas bisa tertutup dengan rapat dan suhu dingin di kulkas tetap terjaga dengan baik.

Demikianlah ke 4 penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya yang benar dan mudah. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong share kembali agar banyak orang yang terbantu untuk memperbaiki kulkas yang tidak dingin.

0 Response to "4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel