Ini Dia Beberapa Penyebab Wanita Sangat Sensitif Saat Menstruasi

Saat mengalami menstruasi, wanita cenderung sekali mudah marah, menangis, atau bad mood. Bagi orang di sekitarnya, hal ini membuat serba salah. Karena terkadang untuk hal yang sepele saja mereka akan mudah sensitif. Kondisi sensitif pada wanita yang sedang menstruasi mungkin juga pernah Anda alami. Namun meskipun sudah tidak asing dengan keadaan ini, tetapi banyak diantara kita yang kurang tahu penyebab perubahan dramatis pada suasana hati ketika sedang menstruasi.

Penyebab Wanita Sangat Sensitif Saat Menstruasi

Saat menstruasi biasanya rasa pegal-pegal, letih, nafsu makan yang berubah dan suasana hati sering mood swing. Belum lagi kram atau nyeri haid yang melanda membuat menstruasi menjadi sesuatu yang menyiksa. Selain harus mengelola emosi yang sering meluap-luap ketika menstruasi, berbagai cara mengatasi kram perut saat haid pun juga tidak ketinggalan untuk dilakukan. Mulai dari mengompres dengan air hangat, minum obat pereda nyeri, berbaring sejenak, melakukan olahraga ringan, hingga yang lebih modern, aman, mudah, dan praktis menggunakan pad iFree yang tinggal tempel saja.

Saat wanita sedang menstruasi memang perlu menghindari konflik dengan mereka karena cenderung sensitif yang berlebihan (referensi artikel : https://ifreeindonesia.com/pssst-kalimat-kalimat-ini-yang-sering-menyulut-emosi-perempuan/). Bagi orang terdekatnya, berikan mereka sesuatu yang bisa menaikkan mood atau yang bisa mengurangi rasa sakit yang mendera, seperti dengan memberikan pad iFree. Nah, untuk penyebab wanita sensitif saat menstruasi itu sendiri dari faktor psikologis memang ada alasan medis yang melatarbelakanginya. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Pola makan yang tidak sehat, seperti mengkonsumi minuman bersoda, berkafein, serta makanan yang manis dan tinggi lemak sehingga turut mempengaruhi suasana hati secara emosional.
2. Kondisi hormon yang naik turun, dimana saat awal menstruasi akan terjadi proses ovulasi yang mengakibatkan hormon estrogen turun drastis. Padahal hormon ini berguna dalam proses reproduksi wanita dan efek endorfin tubuh.
3. Menurunnnya tingkat serotonin yang menyebabkan hormon dalam tubuh bergejolak.
4. Menurunnya daya tahan tubuh terhadap rasa sakit.

Itu tadi beberapa penyebab wanita mudah sensitif ketika sedang menstruasi. Agar sensitif tidak berkelanjutan saat haid, mengelola emosi sangat penting dilakukan. Anda bisa mengkonsumsi air putih yang cukup serta mengkonsumsi makanan yang bisa menaikkan mood. Selain itu, meredakan nyeri haid yang mendera juga penting agar mood dan kondisi haid tidak mengganggu aktivitas. Seperti dengan menggunakan pad iFree yang praktis dan mudah.

0 Response to "Ini Dia Beberapa Penyebab Wanita Sangat Sensitif Saat Menstruasi"

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel