Beginilah Sebaiknya Menerapkan Pola Asuh Anak yang Baik

Setiap orang tua memang memiliki cara yang berbeda satu sama lainnya dalam pola pengasuhan. Namun tujuan utamanya tetap sama, yaitu menginginkan agar anak-anaknya menjadi pribadi yang baik, tangguh, percaya diri dan hal-hal baik lainnya. Memang benar, bahwa setiap anak terlahir dengan kecerdasan yang berbeda pula, tetapi pengetahuan, sikap juga kemampuan orang tuanya juga sebaiknya lebih baik.

Menerapkan Pola Asuh Anak yang Baik

Lantas bagaimanakah seharusnya memperlakukan anak-anak agar semua tujuan tersebut di atas bisa tercapai? Tentunya banyak yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah.

Kasih Sayang

Pola asuh anak yang baik bisa ditunjukkan dengan kasih sayang. Bentuknya tidak melulu berbentuk hadiah dan benda yang diinginkan oleh sang anak. Pelukan, pujian, merupakan salah satu bentuknya.

Kecerdasan emosional anak akan berkembang dengan baik bila ia mendapatkan curahan kasih sayang yang tepat. Bahkan memberikan pujian, mampu membuat pribadi sang anak menjadi lebih percaya diri dan harga dirinya bisa meningkat. Anak-anak yang kurang kasih sayang dan tidak mendapatkan kehangatan keluarganya, biasanya akan mudah stress, gelisah dan takut.

Tidak membanding-bandingkan
Setiap anak terlahir berbeda, meskipun berasal dari rahim yang sama. Karenanya, setiap anak akan berbeda pula dalam hal penerimaan materi yang diajarkan, kecerdasan baik itu IQ maupun EQ. Jangan membanding-bandingkan anak dengan saudaranya yang lain merupakan salah satu dari pola asuh anak yang baik.

Banyak efek buruk yang bisa terjadi padanya, salah satunya adalah timbulnya rasa tidak percaya diri, bersikap acuh, kehilangan bakat alaminya, stress dan yang terburuk, ia bisa saja menjauh dari orang tuanya karena merasa tidak dihargai sebagai dirinya sendiri.

Ajari tanggung jawab
Jika Anda menginginkan anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab, maka kenalkan anak-anak akan tanggung jawab. Tugas-tugasnya bisa dimulai dengan hal yang paling kecil sekalipun. Seperti misalnya, memintanya untuk membereskan mainan yang telah digunakan.

Kemudian mengenalkan padanya risiko, bila ia melalaikan tugasnya.

Biarkan anak belajar
Pola asuh anak yang baik adalah dengan mengenalkannya banyak hal. Biarkan anak mengeksplore lingkungan dan sekitarnya. Kenalkan semua hal yang ia lihat, seperti tanah misalnya. Biarkan ia bermain dengan tanah dan ajarkan ia bagaimana memanfaatkannya.

Setelah anak belajar banyak hal, biasanya akan terlihat minat dan bakatnya. Bantu dan dukung potensi anak agar ia bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimanapun juga memaksakan kehendak orang tua di luar bakat minatnya bukanlah hal yang mudah.

Menjadi model yang baik
Ini adalah bagian dari pola asuh anak yang baik namun kerap diabaikan. Orang tua sebenarnya adalah cerminan bagi anak-anaknya sendiri. Karena itu, jadilah role model yang baim agar anak bisa mencontohnya dengan mudah.

Jangan meminta anak melakukan hal yang biasa Anda lakukan. Semisal, anak menolak memakan sayuran karena ia mencontoh Anda yang juga tidak suka makan sayuran. Banyak hal-hal sepele lainnya yang biasa diabaikan oleh orang dewasa namun ternyata menjadi contoh besar untuk anak-anak yang berada di sekitarnya.

Gizi
Setelah melakukan semua pola asuh anak yang baik di atas. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhannya. Memilihkan makanan dan minuman yang baik tentunya tidak bisa diabaikan. Penuhi dengan aneka buah, sayuran, daging, protein dan susu yang merupakan kebutuhan utamanya.

Itulah beberapa contoh pola asuh anak yang baik dan bisa diterapkan di rumah Anda. Semua memang kembali pada keputusan Anda sebagai orang tua. Namun kelak, Anda bisa melihat bagaimana hasilnya kualitas dan pribadi seorang anak. Dan semuanya bergantung pada pola asuh yang anak dapat sejak mereka kecil.

0 Response to "Beginilah Sebaiknya Menerapkan Pola Asuh Anak yang Baik"

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel