Rekomendasi Makanan Kering saat Berwisata ke Yogyakarta

Tidak lengkap jika ke Yogyakarta tanpa mencoba makanan kering yang khas dan enak. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh saat liburan ke Yogyakarta. Berikut ini rekomendasi makanan kering khas Jogya yang dapat menjadi pilihan.

6 Makanan Kering Khas Yogyakarta


Bakpia Pathok Salah Satu Makanan Kering Khas Yogyakarta
Bakpia Pathok Salah Satu Makanan Kering Khas Yogyakarta

1. Bakpia Pathok
Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan bakpia yang khas dari Yogyakarta. Rasanya berbeda dan jauh lebih enak. Bentuk bakpia daerah ini berukuran bulat kecil yang di dalamnya berisi kacang hijau dan dibungkus tepung lalu dipanggang. Bakpia ini lebih lembut dan sering dibilang lumer di dalam mulut.

Selain isi kacang panjang kamu juga bisa memilih isi cokelat atau keju. Harga makanan kering ini sangat terjangkau yang bisa didapatkan dengan mudah. Kamu bisa memilih bakpia Pathok 75 dan 25 yang paling terkenal. Lokasi tempat jual makanan ini ada di area Monumen Jogja Kembali.

2. Geplak
Kamu juga bisa memilih makanan kering Geplak untuk dijadikan oleh-oleh atau pun dimakan saat berwisata. Makanan ini berbentuk bulat dengan warna-warni yang menarik. Terbuat dari parutan kelapa yang diberikan gula pasir atau pun gula jawa. Rasa geplak yaitu ada rasa cokelat, vanilla, nangka, dan durian yang bisa kamu pilih sesuai selera.

3. Tahu Susu Bakso
Saat ke Yogyakarta jangan lupa untuk mencoba makanan Tahu Susu Bakso yang rasanya sangat enak. Tekstur yang pada membuat kamu merasa puas saat memakannya. Istimewanya makanan ini dibuat tanpa menggunakan pengawet dan bisa tahan sampai 6 bulan. Harganya sekitar Rp32.000,00 per kotak.

4. Yangko
Buat kamu yang suka dengan makanan manis bisa menjadikan yangko sebagai pilihan. Makanan ini terbuat dari tepung ketan dengan bentuk persegi empat. Makanan ini terbuat dari campuran kacang yang dicincang dengan  tekstur mirip kue moci khas Jepang. Varian rasa yang tersedia ada strawberi, melon, dan durian.

5. Cokelat Monggo
Buat kamu yang doyan cokelat jangan sampai melewatkan makanan khas Yogyakarta ini. Cokelat yang citarasanya seperti cokelat Belgia ini akan membuat kamu ketagihan. Ada banyak ragam yang bisa menjadi pilihan ada dark chocolate, white chocolate, dan milk chocolate. Selain itu juga ada rasa kacang-kacangan, buah-buahan, dan cabai merah yang bikin penasaran.

Baca Juga :

6. Peyek Mbok Tumpuk
Makanan berikutnya yang menjadi pilihan dengan rasa gurihnya adalah Peyek-Mbok-Tumpuk. Makanan ini dijual dengan harga yang murah. Kamu akan ketagihan saat mencobanya. Selain bisa langsung dimakan, bisa juga dijadikan oleh-oleh. Ciri khas dari peyek ini adalah bentuknya yang bertumpuk tidak beraturan.

Bentuknya yang tidak beraturan ini membuat kamu tidak perlu khawatir saat membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Sebab tidak perlu hati-hati untuk meletakkannya atau pun tidak perlu repot membeli tempat khusus untuk meletakkan peyek. Rasanya enak karena dibuat dengan jumlah kacang yang lebih banyak dibandingkan peyek pada umumnya.

Perbandingan jumlah tepung dan kacangnya bisa dikatakan 1 banding 2. Rasanya yang gurih bisa kamu makan dengan campuran saat makan nasi atau pun lontong. Makanan ini bisa dibeli ddi Jl. KHA. Wahid Hasyim No.104 Bantul. Harganya tidaklah mahal sekitar Rp44.000,00 untuk satu kg peyek.

Makanan kering tentu menjadi pilihan yang tepat untuk dimakan selama perjalanan atau bisa dibawa saat berwisata. Selain itu bisa dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta untuk dibawa pulang. Buat kamu yang hobi kuliner tentu tidak boleh melewatkan makanan ini. Bisa mencari alamat penjualnya lewat aplikasi atau pun maps. Kamu bisa beli seberapa yang diinginkan sesuai selera.

0 Response to "Rekomendasi Makanan Kering saat Berwisata ke Yogyakarta"

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel