5 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami, Mudah dan Cepat Tanpa Efek Samping

Suka garuk-garuk kepala padahal ga ada kutu? Mungkin penyebab rasa gatal di kepala akibat ketombe. Masalah ketombe memang paling sering dialami oleh banyak orang, biasanya mereka yang malas membersihkan rambut dan kepala secara rutin, lebih rentan terkena ketombe. Mengapa ketombe bisa muncul?Ada beberapa sebab, diantaranya adalah kulit kepala yang kotor, berminyak atau salah pilih produk shampo. Meski ketombe tidak berbahaya, namun keberadaannya seringkali membuat tidak nyaman dan yang pasti membuat penampilan rambut jadi terlihat tidak menarik. Ada cara mengatasi ketombe yang alami, mudah dan bisa dicoba di terapkan di rumah.

5 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami, Mudah dan Cepat

1. Pakai Perasan Jeruk Nipis
Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis serta baunya yang wangi dapat dimanfaatkan untuk membersihkan ketombe yang menempel pada kulit kepala. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, cukup gunakan air perasan jeruk nipis, usapkan ke bagian kulit kepala yang berketombe sambil pijat secara perlahan, biarkan selama beberapa saat kemudian bilas menggunakan air bersih dan shampo. Jika ketombe yang ada di kepala cukup banyak, sebaiknya rutinkan untuk melakukan perawatan menggunakan jeruk nipis misalnya 2-3 minggu sekali agar hasilnya kulit kepala jadi benar-benar bersih.

2. Lidah Buaya
Salah satu jenis tumbuhan yang memang sudah terkenal khasiatnya akan perawatan rambut adalah lidah buaya. Siapa yang tidak kenal dengan jenis tanaman satu ini? Beragam kandungan nutrisi dalam lidah buaya dipercaya dapat membuat rambut tidak hanya tebal dan hitam berkilau, tetapi juga sehat dan menguatkan akar rambut. Selain itu, jika daging lidah buaya diaplikasikan pada kulit kepala yang berketombe, maka akan jadi lebih bersih serta rasa gatal pada kepala jadi hilang.

3. Minyak Kemiri
Manfaatkan buah kemiri untuk diambil minyaknya lalu gunakan sebagai perawatan rambut yang berketombe. Saat ini, sudah banyak produk jadi siap pakai hasil olahan buah kemiri yang diolah menjadi minyak, biasanya minyak kemiri ini memang paling sering dipakai untuk perawatan rambut, mulai dari melebatkan, mmebuat hitam warna rambut, menguatkan akar hingga menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

4. Minyak Zaitun
Jika masalah ketombe sering muncul akibat kulit kepala yang kering, maka dapat diatasi dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini memang dipecaya bermanfaat untuk melembabkan kulit serta sangat baik dipakai untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Gunakan minyak zaitun setiap hari secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam perawatan rambut berketombe.

5. Lemon
Selain jeruk nipis, lemon juga dapat dijadikan sebagai bahan alami atau cara mengatasi ketombe yang mudah dan cepat. Cara pemakaiannya hampir sama dengan penggunaan jeruk nipis, yaitu hanya perlu diperas airnya lalu diusapkan pada bagian kepala yang berketombe. Wangi lemon yang segar dapat membuat pikiran dan kepala jadi lebih fresh, selain itu tentu saja rambut jadi lebih wangi dan lembut.

Dari ke-5 bahan alami di atas, kamu bisa memilih salah satunya untuk dicoba di rumah. Pastikan untuk melakukan perawatan rutin jika ingin hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. Hindari untuk mencoba berbagai jenis shampo, jika memang sudah menemukan shampo yang tepat untuk jenis kulit kepala serta ampuh untuk mengatasi masalah rambut yang sedang dialami, sebaiknya tetap gunakan shampo tersebut. Ada sebagian orang yang justru berketombe bukan karena masalah kulit kepala yang kotor dan berminyak, melainkan karena tidak cocok menggunakan shampo atau terlalu sering gonta-ganti produk perawatan rambut. So, lebih bijak lagi dalam memilih produk perawatan ya…!

0 Response to "5 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami, Mudah dan Cepat Tanpa Efek Samping"

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel