Memiliki Masalah Gangguan Pendengaran? Ini Solusinya!

Pendengaran yang baik akan membuat Anda bisa berkomunikasi dengan baik. Sayangnya kemampuan indra pendengaran seiring waktu bisa berkurang seperti saat seseorang sudah berusia lanjut. Selain itu sebab lain yang juga ikut mempengaruhi kesehatan indra pendengaran adalah adanya trauma, kebisingan yang kerap terjadi hingga penyakit infeksi yang menyerang telinga dalam. Semua itu bisa menjadi sebab mengapa pendengaran menurun daya kerjanya dan bisa terjadi di usia berapapun. Namun tak perlu khawatir jika Anda merasa memiliki masalah dengan indra pendengaran karena kini sudah ada alat bantu dengar yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

Alat Bantu Pendengaran

Ada beberapa jenis ABD atau alat bantu dengar yang bisa Anda dapatkan di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai. Jenis ABD yang bisa dibeli nantinya akan disesuaikan dengan kondisi indra pendengaran yang terganggu. Untuk mengetahuinya, petugas ahli akan melakukan sejumlah tes terlebih dahulu sehingga ABD mana yang paling dibutuhkan dapat ditemukan dengan mudah. Harga alat bantu dengar di sana juga lebih terjangkau dan bagi peserta BPJS kesehatan akan memperoleh potongan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara kerja alat bantu dengar ini sangat efektif untuk membantu Anda atau orang tua Anda bisa mendengar kembali sama seperti orang normal lainnya. Berikut ini adalah mekanisme kerja yang bisa dilakukan oleh ABD sesuai kebutuhannya:

•    Memperkuat sinyal suara sehingga lebih mudah ditangkap oleh gendang telinga maupun rumah siput di dalam telinga.
•    Meredam noise atau bising sehingga pengguna lebih fokus pada suara yang berintonasi.
•    Mempertajam pendengaran untuk kosa kata tertentu yang sulit dipahami sebelumnya.
•    Mengurangi tekanan telinga dalam yang bisa mengganggu pendengaran.

Berbagai mekanisme kerja ABD di atas akan membuat pengguna ABD dapat mendengar dan berkomunikasi dengan lebih baik. ABD juga bisa dipasang di salah satu telinga saja jika memang yang memiliki gangguan pendengaran hanya satu telinga. ABD juga bisa dipasang di kedua telinga jika memang menghendaki penggunaan 2 ABD sekaligus. Untuk menentukannya, Anda akan didampingi oleh tenaga ahli yang disediakan oleh Pusat Alat Bantu Dengar Melawai.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon