Isi Perjanjian Linggarjati

KiniMuda.com - Perjanjian Linggarjati menjadi sebuah peristiwa dan kejadian yang tidak bisa dilupakan oleh bangsa Indonesia. Perjanjian ini menjadi awal mula perjuangan bangsa Indonesia untuk diakui oleh Belanda dan Dunia Internasional sebagai negera yang merdeka.

Perjanjian Linggarjati ini terjadi pada tanggal 11 sampai dengan 13 November 1946 yang bertempat di Linggarjati Kabupaten Cirebon. Perjanjian Linggarjati adalah satu diantara perjanjian yang dibuat antara pihak Indonesia dengan Belanda yang di tengahi oleh pihak dari negara Inggris.

Isi Perjanjian Linggarjati

Dalam musyawarah ini, Sutan Syahrir menjadi orang yang mewakili Indonesia saat itu, dan Belanda membawa perwakilannya yang bernama im Schermerhorn dengan 2 anggotanya yaitu H.J.Van Mook dan Lord Killearn. Namun anda perlu tahu, bahwa perjanjian Linggarjati ini baru berhasil di tanda tanggani atau disahkan oleh kedua belah pihak pada tanggal 25 Maret tahun 1947.

Adapun isi perjanjian linggarjati tersebut yang perlu anda ketahui sebagai pengetahuan sejarah perjuangan Indonesia membuahkan hasil dengan poin-point dibawah ini!

1. Mendapatkan pengakuan secara de facto oleh pihak Belanda atas daerah Republik Indonesia yaitu Sumatera, Jawa dan juga Madura
2. Sebelum tanggal 1 Januari tahun 1949 adanya sebuah kesepakatan antara Indonesia dan Belanda untuk membentuk negara Republik Indonesia Serikat yang terdiri dari daerah Indonesia, Kalimantan dan juga Timur Besar
3. Pada tanggal 1 Januari tahun 1949 itu waktu yang paling lambat Belanda harus rela meninggalkan negara Indonesia
4. Dengan bentuk negara yang membentuk Republik Indonesia Serikat, jadi dengan itu semua perintah Indonesia harus mampu untuk bergabung dalam suatu Commonwealth dengan wadah yang bentuknya Republik Indonesia Serikat, jadi dengan itu perintah Indonesia harus mampu untuk bergabung dalam suatu Commonwealth bersama Ratu Belanda yang berlaku sebagai kepala.

Dengan adanya isi perjanjian linggarjati di atas yang telah kami sajikan, tentu anda harus mengerti bahwa perjanjian itu mempunyai beberapa tujuan yang diinginkan oleh negara Indonesi yaitu sebagai berikut ini!

1.    Telah diakuinya kemerdekaan Indonesia oleh negara Belanda
Ternyata, Indonesia sudah menyata kemerdekaannya dengan melakukan proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 sebelum adanya perjanjian linggarjati di cirebon tersebut. Namun, kemerdaan Indonesia tersebut yang ditandai dengan proklamsi belum diakui oleh negara Belanda dan mereka masih menganggap Indonesia negara jajahannya.

2.    Diakuinya kemerdekaan Indonesia oleh Dunia Internasional
Adanya kejadian perjanjian linggarjati membuahkan hasil bagi keuntungan negara Indonesia. Selain diakui oleh Belanda, ternyata Indonesia juga diakui oleh Dunia Internasional yang sudah sah bahwa Indonesia sudah merdeka. Dengan begitu, adanya dukungan dari dunia Internasional untuk melawan para menjadi sebuah kekuatan dan hal penting untuk bangsa Indonesia.

Namun dengan adanya isi perjanjian linggarjati ini tidak serta merta bangsa Belanda menerima begitu saja. Pada tanggal 20 Juli Tahun 1947 mengungkapkannya dan pada tanggal 21 Juli Tahun 1947 Belanda melakukan agresi militernya.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon