Thursday, January 10, 2019

7 Tips Menghemat Uang Saat Jalan-jalan Atau Traveling

KiniMuda.com - Saat jalan-jalan atau traveling adalah saat dimana orang akan dengan mudah mengeluarkan uang. Ya, tanpa disadari terkadang uang tidak terasa habis begitu saja. Hal ini memang kerap terjadi jika saat jalan-jalan, kita tidak bisa menahan nafsu belanja, terlebih jika sebelumnya tidak ada perencanaan keuangan khusus untuk jalan-jalan. Maka, jangan heran jika uang saku selama traveling habis tak bersisa.

Jalan-jalan Hemat

Sebenanrnya, jika mau melakukan beberapa tips berikut ini, kita bisa ko’ menekan pengeluaran dan menerapkan hidup hemat meski sedang jalan-jalan. Ya, dengan 7 tips menghemat uang saat jalan-jalan seperti berikut ini, dijamin uang saku tidak akan habis terkuras. Penasaran? Yuk intip tipsnya di bawah ini.

1.    Wisata Murah Menyenangkan
Jalan-jalan ke tempat wisata, tidak harus perlu biaya mahal asalkan tempat wisata yang dituju gratis atau tiket masuknya murah. Ya, saat ini sudah banyak tempat wisata murah yang menyenangkan dan tidak kalah bagus dari yang berbayar mahal. Pergi ke taman, kebun binatang, pantai atau wahana bermain bisa jadi pilihan untuk berwisata hemat yang menarik di akhir pekan.

2.    Belanja Oleh-oleh di Pasar Tradisional
Tips menghemat uang saat jalan-jalan lainnya yang harus diterapkan agar uang tidak cepat habis adalah berbelanja oleh-oleh di pasar tradisional atau beli langsung dari tangan pertama. Biasanya, aneka oleh-oleh atau souvenir yang dijual di toko memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan dengan yang dijual di pasar. Kelebihan lainnya jika beli oleh-oleh di pasar adalah bisa ditawar atau melakukan nego dengan penjual, dengan begitu siapa tahu bisa dapat harga yang semakin murah. Lumayankan untuk penghematan?!

3.    Numpang Nginap di Tempat Keluarga Atau Teman
Jika tempat wisata yang dituju dekat dengan rumah saudara atau teman, bisa nih memanfaatkannya untuk numpang nginap. Ini berlaku untuk kegiatan wisata yang menghabiskan waktu selama beberapa hari dan perlu tempat menginap. Dibandingkan dengan harus membayar sewa hotel atau penginapan, menginap ditempat teman atau keluarga tentu jauh lebih hemat karena bisa gratis.

4.    Bawa Bekal Makanan
Membawa bekal selama dalam perjalanan wisata juga bisa jadi cara atau tips menghemat uang saat jalan-jalan. Bawa beberapa jenis makanan yang bisa mencegah lapar seperti roti, snack dan minuman untuk mengurangi jajan yang bisa menguras isi dompet.

5.    Jalan Kaki Atau Cari Tumpangan Gratis
Jika jarak antara tempat menginap dan lokasi wisata tidak terlalu jauh, maka pergi dengan berjalan kaki adalah pilihan yang menarik. Cara ini tidak hanya bermanfaat untuk menekan biaya pengeluaran saat jalan-jalan, tetapi juga dapat memberikan pengalaman menarik. Jalan kaki sambil menikmati pemandangan tentu bisa jadi aktifitas yang menyenangkan saat liburan.

6.    Tahan Nafsu Belanja
Saat sedang traveling, mungkin saja akan ada aneka barang jualan dari banyak pedangan yang menggiurkan dan membuat tertarik untuk membeli. Eits… tunggu dulu! Jangan sampai kalap belanja hingga lupa, cukup atau tidak uang saku yang masih tersedia. Memilih untuk menahan nafsu belanja dari barang-barang yang tidak diperlukan jauh lebih baik daripada harus kehabisan uang saat masih dalam aktifitas liburan.

7.    Manfaatkan Tiket Promo
Pada beberapa momen, sebagian maskapai penerbangan ada yang memberikan promosi dengan potongan harga tiket dari biasanya. Jika waktunya pas dengan jadwal jalan-jalan, bisa memanfaatkan promo ini untuk mendapatkan tiket murah. So, rajin-rajinlah memantau harga tiket pesawat. Ini berlaku untuk yang ingin liburan dengan menggunakan transportasi udara seperti pesawat.

Dengan 7 tips menghemat uang saat jalan-jalan di atas, Kamu tetap dapat menikmati setiap momen liburan kamu tanpa harus boros mengeluarkan uang.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon