Wednesday, January 30, 2019

6 Manfaat Senam Hamil Bagi Kesehatan Fisik Dan Psikis Ibu Hamil

KiniMuda.com - Masa-masa kehamilan adalah masa yang cukup berat, terutama bagi perempuan yang baru pertama kali mengalaminya. Berbagai macam perasaan campur aduk, antara bahagia, takut, cemas dan kadang perasaan sensitif juga seringkali terjadi. Ternyata, ada banyak perubahan yang terjadi selama masa kehamilan, tidak hanya perubahan fisik saja tetapi juga psikis. Fisik terasa cepat lelah dari biasanya, terlebih jika memasuki masa hamil tua, dimana janin dalam perut sudah semakin besar. Untuk mengatasi berbagai masalah selama kehamilan, seperti tubuh ibu hamil yang cepat lelah agar tetap sehat bugar, terhindar dari stress dan juga supaya lancar saat proses melahirkan, ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan senam hamil. Apa saja manfaat senam hamil yang perlu diketahui? Berikut rangkumannya.

Manfaat Senam Hamil

1.    Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil
Sebagian besar ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan, hal ini terjadi karena nafsu makan yang meningkat saat masa kehamilan. Tidak heran, jika tubuh terlihat gemuk dan berat badan cepat naik. Nah, agar tubuh ibu hamil tidak terlalu gendut dan juga BB tidak melonjak naik, lakukan senam hamil dengan benar dan teratur.

2.    Melatih Tubuh Agar Tidak Cepat Lelah
Godaan untuk leyeh-leyeh manja atau banyak tidur selama masa kehamilan memang berat, selain karena faktor hormon, keletihan membawa perut yang besar memang seringkali memunculkan hasrat untuk lebih banyak bersantai ketimbang melakukan aktifitas harian seperti biasanya. Padahal, ini tidaklah baik bagi tubuh. Sebaiknya isi waktu luang dengan melakukan senam hamil karena ini dapat melatih tubuh agar tidak cepat lelah. Senam hamil sangat membantu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan ibu hamil.

3.    Membantu Tidur Lebih Nyenyak
Usai melakukan senam hamil, tubuh mungkin akan terasa lelah namun justru hal ini akan berdampak baik bagi tubuh terutama saat tidur. Ya, kelelahan setelah melakukan olahraga dapat membantu tidur lebih nyenyak. Pastinya, ini akan sangat bermanfaat sekali bagi ibu hamil yang sering mengalami kesusahan tidur.

4.    Membantu Proses Kelahiran Secara Lancar
Manfaat senam hamil lainnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah dapat membantu proses kelahiran berjalan lancar dan cepat. Latihan gerak badan, otot dan posisi selama senam hamil akan melatih kekuatan tubuh. Jika tubuh sudah terbiasa untuk bergerak, mengolah energi dan melatih pernafasan, maka ketika waktu melahirkan tiba, ibu hamil sudah siap dan tidak kaget lagi bagaimana harus bertindak.

5.    Mengurangi Stres
Stres selama kehamilan tidaklah baik, tidak hanya bagi kesehatan dan psikis ibu hamil tetapi juga perkembangan janin. Untuk itulah, sebisa mungkin untuk menghindari stres. Salah satu caranya yaitu dengan senam hamil. Pada saat senam, tidak hanya tubuh saja yang perlu bergerak dan dilatih, tetapi juga pikiran. Biasanya, saat senam hamil, ada sesi relaksasi yang membantu untuk mengolah pikiran jadi lebih tenang dan rileks.

6.    Mengurangi Rasa Tidak Nyaman
Berbagai ketidaknyamanan terjadi saat hamil, mulai dari rasa mual, muntah, sering BAK, perasaan sensitif, punggung yang terasa pegal hingga kaki bengkak. Hal seperti ini memang lumrah terjadi pada ibu hamil namun jika dibiarkan tidak jarang dapat mengganggu aktifitas. Ada cara agar ketidaknyamanan ini dapat berkurang yaitu dengan senam hamil.

Lakukan senam hamil yang benar dan rutin serta dibimbing oleh ahlinya agar manfaat senam hamil bisa didapatkan secara maksimal. Semoga informasi seputar kesehatan ibu hamil tadi bermanfaat, salam.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon