Sunday, December 16, 2018

Yuk, Coba 7 Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas

KiniMuda.com - Pernahkah kamu merasakan saat bangun tidur, kepala justru terasa sakit, badan pegal dan terasa tidak nyaman? padahal, waktu tidur cukup lama. Jika hal ini pernah terjadi, mungkin saja itu sebuah pertanda bahwa tidur yang kamu lakukan tidak berkualitas. Dari hasil studi Great British Bedtime Report menyebutkan, setidaknya kurang lebih 30% orang mengalami tidur yang tidak berkualitas. Jadi, hal ini memang bisa terjadi pada siapa saja. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti adanya gangguan psikis, rasa khawatir, suara bising, tempat tidur tidak nyaman atau posisi tidur yang salah.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas?
Setidaknya, ada beberapa cara atau tips agar tidur nyenyak dan berkualitas yang bisa dilakukan dengan mudah, diantaranya sebagai berikut ini:


7 Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas


Tidur Nyenyak dan Berkualitas

1.    Bersihkan Tubuh
Jika saat hendak tidur, tubuh terasa kotor, berkeringat dan tidak nyaman, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dengan cara mandi, mencuci kaki, tangan atau wajah. Keadaan tubuh yang bersih dan segar sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat tidur, dengan begitu kamu bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Saat bangunpun, tubuh akan terasa lebih bugar dan siap beraktifitas kembali.

2.    Matikan Lampu
Ada banyak penelitian yang menyebutkan manfaat tidur dalam keadaan gelap, salah satunya yang disebutkan oleh Joan Robert, seorang ahli biologi ternama. Ia mengatakan bahwa tubuh bisa memproduksi hormon melatonin saat tidak ada cahaya. Hormon ini memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh. Pada saat seseorang tidur dalam keadaan gelap, maka secara otomatis tubuhnya akan mudah dalam memproduksi hormon melatonin. Itu artinya, tubuh juga jadi lebih kuat terhadap serangan penyakit.

3.    Matikan Barang Elektronik & Ponsel
Salah satu gangguan yang paling sering terjadi menjelang seseorang ingin tidur adalah dari suara barang elektronik atau ponsel. Jadi, sebaiknya matikan barang elektronik yang berpotensi mengeluarkan suara, seperti misalnya TV dan radio. Matikan pula ponsel selama jam tidur karena dikhawatirkan suara dering ponsel akan mengganggu. Banyak yang mengalami bangun tidur secara mendadak akibat suara bising, hal ini turut berdampak pada kurangnya kualitas tidur.

4.    Rapikan Tempat Tidur
Tempat tidur yang nyaman, bersih, lega dan rapi juga salah satu faktor kenyamanan saat tidur. Jadi, tips agar tidur nyenyak dan berkualitas selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan merapikan dan membuat tempat tidur senyaman mungkin.

5.    Jangan Tidur Dalam Keadaan Lapar
Tidur dalam keadaan perut lapar memang sangat tidak nyaman. Untuk itu, menjelang tidur ada baiknya makan terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu banyak atau sampai terlalu kenyang, makanlah dengan porsi secukupnya, setidaknya agar perut tidak terasa lapar. Selang setengah jam atau 1 jam kemudian, barulah pergi tidur.

6.    Hindari Kopi Menjelang Jam Tidur
Jika memiliki kebiasaan suka minum kopi, maka sebaiknya hindari minum kopi disaat hendak tidur. Kandungan kaffein dalam kopi dapat menyebabkan susah tidur sehingga ketika tiba saatnya istirahat, justru mata tidak mengantuk.

7.    Atur Suhu Ruangan
Tips agar tidur nyenyak dan berkualitas yang terakhir adalah dengan mengatur suhu ruangan tempat tidur senyaman mungkin. Jika cuaca sedang panas, maka dinginkan ruangan dengan AC atau kipas angin. Tidur dalam keadaan gerah tentu sangat tidak nyaman. Tidur nyenyak dan berkualitas akan jadi sulit didapatkan jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin.

Nah, itulah ke 7 Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas yang wajib kamu coba jika selama ini kamu mengalami susah tidur atau tidur yang tidak nyenyak.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon