Sunday, December 9, 2018

5 Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa yang Bisa Langsung Dipraktekkan

KiniMuda.com - Menjadi mahasiswa yang merantau ke luar kota memang penuh tantangan, hal ini yang dulu saya rasakan ketika masih berstatus mahasiswa. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para mahasiswa perantauan adalah masalah keuangan. Biasanya, bagi mahasiswa yang dapat jatah atau kiriman uang dari orang tua, harus bisa membagi dan menggunakannya dengan baik jika tidak ingin kelaparan di akhir bulan.

Bagi mahasiswa yang terbiasa boros atau sulit mengatur keuangan, sebaiknya terapkan 5 tips menghemat uang ala mahasiswa seperti berikut ini.

Yuk baca ulasannya hingga akhir artikel!


Belanja Bulanan Saat Promo


1.    Ambil Uang Seperlunya Saja
Sebagian besar mahasiswa perantauan mendapat kiriman uang melalui rekening yang nantinya bisa diambil melalui ATM. Saya sendiri punya tips menghemat uang ala mahasiswa yang sering saya lakukan yaitu dengan mengambil uang kiriman seperlunya saja. Jadi, misalkan dapat kiriman uang bulanan sebesar 500 ribu, saya hanya mengambilnya 100 ribu saja, sekiranya cukup untuk digunakan 1 minggu. Jika ada keperluan mendadak dan uang cash di tangan tidak cukup, barulah saya ambil lagi uang yang ada di ATM. Hal ini sengaja saya lakukan karena biasanya saya sering khilaf jika pegang uang banyak, hee..

2.    Belanja Bulanan Saat Promo Diskon
Untuk keperluan bulanan misalkan beras, gula, sabun mandi, mie instan, cemilan dan lainnya. Saya memilih untuk berbelanja di supermarket yang kebetulan sedang ada diskon. Ini merupakan salah satu cara mengemat uang jatah mahasiswa juga lho! Potongan harga dari berbelanja, apalagi jika belanjaannya banyak, cukup lumayan ditabung untuk keperluan lainnya.

3.    Buat Daftar Kebutuhan Prioritas
Seringkali faktor kesibukan sebagai  seorang mahasiswa membuat lupa apa saja kebutuhan prioritas dan mana yang tidak terlalu penting. Agar uang jatah dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan utama, maka buatlah daftar barang atau pengeluaran pasti, misalnya uang untuk bayar kost, beli buku kuliah, ongkos transportasi, beli kebutuhan pokok dan lainnya. Dengan begitu, uang jatah bisa dipakai terlebih dahulu untuk keperluan yang utama, jika ada lebihannya barulah dapat digunakan untuk yang lain.

4.    Memasak Sendiri
Sebisa mungkin untuk bisa memasak sendiri, jika tidak memungkinkan, minimal masak nasi, sementara lauk pauk dan sayur bisa beli di warung. Memang sih, untuk seorang mahasiswa apalagi yang sibuk dengan berbagai kegiatan kuliah, memasak sendiri terkadang sulit untuk dilakukan, tapi untuk memasak nasi, kini tidak terlalu sulit lagi karena sudah ada rice cooker yang membuat memasak nasi jadi cepat dan praktis. Dibandingkan harus membeli di warung setiap kali ingin makan, tentu lebih hemat jika memasak sendiri.

5.    Jalan Kaki Ke Kampus
Jika jarak kampus dengan tempat tinggal atau kost tidak terlalu jauh dan masih memungkinkan untuk berjalan kaki, tidak ada salahnya untuk berjalan kaki ke kampus. Selain dapat menghemat ongkos transport atau biaya bensin, yang pasti bisa membuat tubuh jadi lebih sehat. Saya sendiri, di awal perkuliahan masih sering berjalan kaki karena memang belum ada motor pribadi, tidak terlalu berat melakukan hal ini terlebih jika jam kuliah pagi. Aktivitas berjalan kaki di pagi hari bisa jadi semacam olahraga ringan.

Itu tadi 5 tips menghemat uang ala mahasiswa yang bisa kamu terapkan. Semoga ulasan dalam artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Jangan ragu untuk berbagi dan klik share jika dirasa bermanfaat. Salam!

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon