Monday, October 23, 2017

5 Alasan MP-ASI Instan Bergizi Patut Dipertimbangkan

Kinimuda.com - Seiring pertumbuhan, bayi memerlukan makanan selain ASI yang biasa disebut MP-ASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Namun, pemberian MP-ASI ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Umur bayi dan jenis makanan harus diperhatikan. Karena, ada sejumlah alasan mengapa bayi patut mengonsumsi MP-ASI instan bergizi.

Adapun usia ideal bayi untuk mengonsumsi MP-ASI adalah di atas enam bulan. Sebab, pada usia tersebut ia sudah mulai siap dan tertarik untuk mencerna makanan atau minuman selain ASI. Jangan terburu-buru memberi MP-ASI sebelum waktunya. Makanan yang dikonsumsi juga mesti instan dan bergizi. Berikut alasannya.

mpasi instan bergizi

1. Mudah Untuk Dikonsumsi dan Dicerna

MP-ASI yang praktis menjadi pilihan terbaik untuk diberikan pada bayi. Cara penyajian yang mudah tentu juga akan memudahkan untuk dikonsumsi oleh bayi. Terlebih bagi bayi yang kerap rewel atau susah makan, jenis makanan instan dan bergizi mesti selalu disediakan.

Nestle Cerelac adalah salah satu solusi untuk makanan bayi yang instan dan bergizi. Untuk menyajikannya tak memerlukan banyak waktu dan sangat mudah. Selain itu, Nestle Cerelac bubur juga memiliki banyak varian rasa, sehingga bagus untuk bayi agar tak bosan mengonsumsi rasa yang itu-itu saja.

Bayi juga bisa mengonsumsi aneka buah-buahan dan sayuran. Apel, kiwi, mangga, jeruk, pir, dan alpukat adalah di antara buah yang dianjurkan. Selain mudah dimakan, buah-buahan tentunya juga kaya akan nutrisi yang baik untuk bayi.

2. Meningkatkan Kualitas Imun Tubuh


Makanan-makanan semisal buah blewah cocok untuk dijadikan MP-ASI. Mengingat kadar Vitamin C di dalamnya sangat tinggi. Kandungan Vitamin C yang begitu tinggi dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh. Dengan itu sistem imun dapat bekerja lebih baik guna melindungi tubuh dari penyakit.

Buah-buahan semacam pepaya, jeruk, dan pisang yang kaya Vitamin C bisa dihidangkan untuk MP-ASI yang praktis. Sejak awal masa pertumbuhannya bayi mesti mengonsumsi makanan penuh gizi demi menunjang pertumbuhan dan perkembangannya menjadi baik.

3. Memberikan Zat Gizi Esensial

Bagi bayi zat gizi sangatlah penting. Zat Besi, Vitamin, dan aneka zat lainnya perlu untuk diberikan pada bayi. Salah satu produk yang siap untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi tersebut adalah Nestle Cerelac.

Berguna sebagai MP-ASI, Nestle Cerelac mengandung aneka zat penting seperti Vitamin A dan C, Zink, serta zat besi. Selain itu, cara penyajiannya juga cocok dan tak merepotkan untuk dapat dikonsumsi bayi.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kamu tentu tahu bayi dianjurkan untuk sering berjemur di bawah sinar matahari pagi. Hal itu guna mendukung pertumbuhan tulangnya menjadi lebih kuat. Namun, paparan sinar matahari punya sisi negatif juga. Jika berlebihan, sinar UV (ultra-violet) bisa membahayakan bagi kesehatan penglihatan bayi.

Oleh karena itu, bayi perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk mata demi mencegah bahaya. Makanan yang mengandung Zea-xanthin dan minyak ikan bisa dijadikan pilihan supaya menjaga dan mengembangkan penglihatan bayi.

5. Membantu Perkembangan Otak

Para orangtua pasti menginginkan anaknya memiliki otak yang cerdas. Untuk meraih itu, tentu perlu dilakukan kiat khusus sejak si Anak masih bayi. Di antaranya dengan memberikan bayi MP-ASI yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

Makanan atau minuman yang mengandung Protein, Kalsium, Kalium, Vitamin B dan D sangat dianjurkan untuk bayi. Zat-zat itu mampu membantu tumbuh-kembang otak bayi. Susu, beras merah, dan buah beri adalah di antara tiga MP-ASI praktis yang dapat membantu perkembangan otak bayi.

Demikianlah di antara lima alasan mengapa MP-ASI instan bergizi patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi bayi. Dengan komposisi pencernaan yang belum sempurna, bayi tentu tak bisa diberi makanan yang sulit dicerna atau makanan yang sulit cara penyajiannya. Bayi ingin yang sehat dan cepat.


Meski telah mengonsumsi MP-ASI, tentu ASI tetap sumber makanan terbaik untuk bayi. Pemberian MP-ASI jangan sampai mengurangi jatah ASI bayi dari yang semestinya. Sekali lagi, dalam memilih MP-ASI untuk bayi, hendaklah tidak sembarangan dan pilih yang tepat dan baik untuk bayi. Hal itu supaya bayi memperoleh gizi dan nutrisi yang maksimal.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon