Deadline atau Dateline Sih? Mana yang Benar?

deadline-atau-dateline


KiniMuda.com - Belakangan ini, saya dipusingkan oleh banyaknya penulisan kata yang salah baik itu dalam bahasa Inggris maupun bahasa kita sendiri yaitu bahasa Indonesia. Diskusi pernah terjadi antara saya dan seorang teman yang membahas tentang fenomena yang kadang bikin gregetan ini.
 
Teman saya itupun punya argumen yang menarik. Wajar jika pedagang kecil salah dalam menulis kata, karena mereka bukanlah orang yang memakai bahasa untuk tujuan bisnisnya. Ah, entah bagaimana penjelasan teman saya itu kemarin. Tetapi, bagaimana dengan seseorang yang mengadakan kompetisi atau membuka lowongan pekerjaan lalu ingin menuliskan rentang waktu berlangsungnya acara tersebut?

Orang-orang seperti ini perlu tahu bagaimana penulisan yang benar antara deadline atau dateline. Bukan hanya mereka, kamu pun perlu mengedukasi diri terkait dengan hal ini agar tidak salah menginterpretasikan.

So, mana yang benar? Lemme tell ya right to the point, kata yang benar adalah deadline. Pengertian deadline dari Merriam Webster Dictionary adalah “A date of time before which something must be done.” Secara sederhana artinya batas waktu kita harus menyelesaikan sesuatu.

Kata ini dulunya dipakai oleh para wartawan dalam menyelesaikan tugasnya. Namun pada praktiknya, kata ini sekarang dipakai di mana-mana dan itu sah-sah saja bila penulisannya bertujuan untuk menyebutkan batas waktu.

Seseorang yang menulis dateline, hmm, ini yang bahaya. Ada double mistakes di kata itu. Pertama dateline biasanya tidak ditulis serangkaian tetapi dengan spasi yaitu: date line. Kedua, artinya bukanlah batas waktu. 

Jika kita cari artinya di Merriam Webster Disctionary, “A line in a written document or a printed publication giving the date and place of composition or issue.” Dalam bahasa Indonesia, artinya adalah tulisan tanggal di atas berita yang umumnya terbit di media cetak, media elektronik maupun surat. Date line adalah kata khusus yang digunakan dalam bidang jurnalisme.

Tidak perlu saya simpulkan, kamu pasti sudah tahu mana yang benar dan mana yang salah antara deadline atau dateline melalui tulisan di atas. Sayangnya, saya kemarin melihat sebuah pengumuman kompetisi menulis yang memasukkan kata dateline dalam keterangannya. Semoga kejadian serupa tidak terulang.

Next

Related

18 komentar

wah, beneran ya ada kompetisi yang menuliskan begitu. Seharusnya mereka sebelum mengeluarkan hal itu, dibaca berulang kali ya tetapi semoga jadi pembelajaran deh.

www.rima-angel.com

Wah, parah sih kalau misalnya ada kompetisi yang salah gitu, harus lebih teliti lagi itu mah, sebelum di publikasikan hehehe

Aku jadi kepo.. Kompetisi apa gerangan? Ahh.. Sudahlah.. Yg penting sekarang udah tau.. :)
Terima kasih infonya.. :)
www.shezahome.com

Kalo ada kesalahan seperti ini, entah karena salah tik atau memang ketidaktahuan si penulis memang sering bikin gatal dan gemes sendiri ya kepengen ngoreksi. Tapi, ini juga jadi pengingat bagiku sendiri untuk selalu cek dan ricek lagi tulisan sendiri sebelum diterbitkan. Thanks infonya ya :)

www.beautyandthebookz.com

Yang nulis emang harus punya wawasan literasi yang luas yaa... Kadang yang homofon begini sering ditemui,dari yang bisa dimaklumi sampai yang "harap maklum"

Alhamdulillah berarti selama ini bener aja pake deadline

Aku mah ikutan org banyak aja dgn penulisan deadline aja,hihi

Deadline ya yang bener. Aku kurang mengerti istilah-istilah bahasa Inggris sih mbak, jadi ini pertama kali aku baca soal dateline, sekarang jadi tau deh bedanya dimana. TFS mbak :)

Aku juga bingung kenapa sekarang DL itu disebut dateline ya. Sampai mikir apa aku yang kurang update

Nah iya itu Rim. Kurang ketelitian. Mirip sih dua kata itu.

Iya de, kurang ketelitian dan kehati-hatian.

Sini ulun bisikin... Hehe... Iya mbak, yang penting, semoga banyak orang mau lebih care dengan bahasa.

Bener mbak. Gemes u. Bentuk kegemasannya dituangkan dalam tulisan pendek ini. hehe

Bener mbak, mungkin gara2 dia homofon, makanya sering salah ya mbak.

Syukur yang banyak itu yang bener ya mbak. hehe

Siap mbak, awalnya aku gak habis pikir juga kenapa sampai kata dateline ini muncul ke permukaan. Hehe

Ternyata itu yang salah mbak lah.. hoho

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon