Tuesday, July 25, 2017

Wakaf Pangan untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat Kecil

Wakaf Pangan untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat Kecil

KiniMuda.com - Pangan merupakan kebutuhan hidup primer bagi semua makhluk hidup terutama manusia. Manusia bekerja untuk mendapatkan penghasilan sebagai pemenuhan kebutuhan pangan dan kebutuhan lainnya. Namun seringkali banyak manusia yang kurang beruntung sehingga penghasilan yang dimiliki belum cukup untuk membeli kebutuhan pangan dengan layak. Masyarakat yang berada pada keadaan ini termasuk masyarakat yang memerlukan bantuan baik dari pemerintah maupun dari masyarakat lain yang lebih mampu secara mandiri.

Bagi kamu yang ingin membantu mereka yang kurang beruntung, Kamu bisa melakukannya dengan memberikan wakaf pangan. Seperti namanya, wakaf ini merupakan jenis wakaf yang memberikan bahan makanan kepada masyarakat lain yang membutuhkan sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan primernya dengan lebih mudah. Wakaf dalam bentuk pangan bisa disalurkan ke lembaga wakaf yang sekarang ini sudah banyak berdomisili di Indonesia yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam. Mereka akan menyalurkan wakaf yang kamu berikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Bagi kamu yang memiliki lahan pertanian atau perkebunan, maka ada baiknya kamu meniatkan diri untuk memberikan wakaf dalam bentuk hasil pertanian atau perkebunan setiap kali panen. Hal tersebut baik untuk dilakukan mengingat ada hal orang lain yang dititipkan Allah SWT pada harta yang kita miliki. Besar wakaf bisa dihitung sesuai dengan hasil yang dicapai di periode panen atau disesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri terlebih dahulu. Misalnya kamu ingin menjual hasil panen sebanyak berapa kilo untuk menutup biaya tanam, setelah ada sisa maka sisa bahan pangan tersebut yang diwakafkan.

Dengan semakin banyak orang yang memiliki niat dan melaksanakan pemberian wakaf dalam bentuk pangan, maka bukan tak mungkin Indonesia akan bisa memiliki masyarakat yang terbebas dari kelaparan atau kekurangan gizi. Indonesia sendiri merupakan negara besar dimana banyak masyarakatnya yang berada di kalangan mampu sehingga bisa membantu mereka yang berada di kalangan tidak mampu secara mandiri. Dengan memberi bantuan bahkan sebelum diminta maka diharapkan masyarakat yang membutuhkan akan bisa mendapat manfaatnya secara lebih maksimal. Namun kamu juga perlu memantau pemberian atau pembagian wakaf yang diberikan dengan cara memilih lembaga wakaf yang terpercaya.

Menjadi bangsa yang besar dengan masyarakat yang makmur merata sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri oleh bangsa Indonesia dengan sistem wakaf. Semakin banyak masyarakat yang memiliki keinginan untuk mewakafkan sebagian harta bendanya maka semakin besar kemungkinan masyarakat lain bisa mempermudah kehidupan mereka. wakaf sendiri termasuk amalan jariyah yang pahalanya akan terus mengalir meski si pemberi wakaf telah meninggal dunia selama benda wakaf masih terus dimanfaatkan. Untuk itu bagi kamu yang memiliki umur dan kesempatan, maka segera pergunakanlah kesempatan ini untuk bekal tabungan di akhirat.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon