Tuesday, July 4, 2017

Jangan Sampai Salah, Lakukan 5 Strategi Ini dalam Memilih Lokasi Usaha yang Tepat

memilih lokasi usaha yang tepat

KiniMuda.com - Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha seperti keberanian, pemilihan jasa atau barang yang ditawarkan sampai dengan pemilihan lokasi usaha. Dari segala macam persiapan sebelum memulai usaha, menentukan lokasi yang strategis merupakan langkah pertama yang akan sangat menentukan kelancaran usahamu, apapun jenis usahanya. So, apa saja hal yang perlu kita lakukan untuk memilih lokasi usaha yang tepat? Yuk, scroll down pelan-pelan. 

1.    Perhatikan Tingkat Keramaian

Berjualan di tempat sepi bukanlah sebuah hal yang heroik dan penuh keberanian, melainkan sebuah kesalahan besar. Apa yang orang bilang “take a risk” bukanlah dengan cara melakukan hal tanpa pertimbangan dan observasi. So, pilihlah tempat ramai dan perhatikan pula jenis keramaian seperti apa yang terjadi, apakah ramai oleh kendaraan bermotor atau pejalan kaki. Dari sana, kamu bisa mengetahui usaha apa yang lebih cocok didirikan.

2.    Amati Tingkat Kompetisi 

Rejeki memang telah diatur oleh Tuhan, namun bukan berarti kamu harus nekat membuka usaha di dekat usaha orang lain yang sama persis, apalagi jika usaha orang lain jauh lebih lama berdiri daripada usaha yang kamu dirikan. Kalau bisa, carilah tempat lain atau bisnis lain yang peluangnya besar. Kalau memang tempatnya sangat strategis dan tidak memungkinkan untuk membuka usaha lain, cobalah untuk lebih kreatif dan tawarkan sesuatu yang lain dari usaha sejenis milik orang lain.

3.    Cari Tahu Besar Kecilnya Pendapatan Masyarakat

Mendirikan sebuah hotel mewah di daerah gang berjubel tentu merupakan sesuatu yang sangat gegabah dan ceroboh. Ini contoh paling sederhana dari poin ke-3 ini. Intinya, kamu harus menyesuaikan jenis usahamu dengan pendapatan masyarakat yang menjadi target dari usaha kamu.



4.    Pertimbangkan Dana untuk Lokasi Usaha

Sebagus apapun survei kamu tentang beberapa hal di atas pasti akan useless jika tidak mempertimbangkan masalah dana. Harga sewa lokasi yang strategis tentu jauh lebih mahal daripada pada lokasi biasa yang kurang strategis. Kamu harus menghitung kembali untung serta ruginya sebelum memutuskan lokasi.

5.    Pilih Lokasi yang Aman

Sering terlupakan, padahal keamanan pun sangat penting untuk diperhatikan. Lokasi dengan keamanan yang baik akan membuatmu tenang dari ancaman kejahatan. Selain itu, lokai yang aman juga akan membuat para konsumen berdatangan dengan nyaman karena tidak khawatir akan hal-hal yang berbau kejahatan.

Menemukan dan memilih lokasi usaha yang tepat memang merupkan hal yang susah-susah gampang. Namun, jika kamu tekun dalam melakukannya, keuntungannya akan sangat besar terasa di kemudian hari. Kita bukan main siapa cepat dia dapat, tetapi siapa yang punya strategi yang baik, ia yang dapat. Be smart young people!

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon