Friday, July 7, 2017

Boleh Tidak Menawar Harga Sapi Kurban?

Boleh Tidak Menawar Harga Sapi Kurban?

KiniMuda.com - Berkurban menjadi salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam dengan cara menyembelih hewan kurban. Salah satu jenis hewan kurban adalah sapi. Untuk 1 ekor sapi, diperuntukkan bagi 7 orang yang berkurban sedangkan unta untuk 10 orang. Artinya 7 orang yang patungan untuk membeli sapi untuk kurban tersebut pahala yang diperoleh tersebut mencakup seluruh anggota dari 7 keluarga orang yang ikut berkurban sapi. Akan tetapi, tidak semua sapi bisa untuk dikorbankan karena sapi yang boleh untuk dikurbankan adalah yang berusia minimal 2 tahun.

Selain harus memenuhi usia minimal dari sapi tersebut, sapi harus dalam keadaan yang sehat dan tidak cacat. Ada 4 hewan yang tidak boleh untuk dijadikan kurban, yaitu:

Hewan yang buta sebelas dan jelas buta nya.
Sakit yang jelas sakitnya.
Pincang yang tampak jelas pincang nya yang tidak bisa berjalan dengan normal.
Hewan yang sangat kurus sehingga seperti tidak memiliki sumsum.

Menurut dokter hewan sendiri yang dikemukakan oleh Sri Mujiaringsih sebagai ketua PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Cabang Jabar I, ada cara untuk memilih sapi yang sehat untuk kurban, yaitu:

Lihat bulu dari hewan tersebut. Apakah hewan tersebut, termasuk sapi, memiliki bulu yang mengkilap atau tidak atau bulu yang tidak berdiri. Hal tersebut disebabkan karena jika hewan tersebut memiliki bulu yang berdiri maka hewannya cacingan.
Gerakan hewan tersebut harus lincah.
Memiliki selaput lendir dari hidung, mata dan anus yang berwarna merah muda dan tidak ada lelehan yang berwarna hitam.
Suhu tubuh harus diantara 39-40oC. Jika suhu dari sapi dan hewan kurban tersebut di atas 40oC atau 40,5oC maka sapi tersebut mulai demam dan dicurigai jika sapi tersebut memiliki penyakit.



Semakin sehat sapi tersebut maka harga sapi kurban akan semakin mahal. Namun, apakah membeli sapi untuk berkurban apakah boleh ditawar atau tidak? Menurut Ali bin Abi Thalib R.A, jika Rasulullah SAW pernah memerintahkan untuk berkurban dengan hewan yang paling mahal yang dimiliki. Dari hal tersebut maka selaku umat Islam diperintahkan untuk membeli hewan kurban yang harganya paling mahal. Sederhananya jika Anda menawar sapi tersebut untuk berkurban maka Anda tidak lagi mendapatkan harga yang paling mahal sehingga untuk mendapatkan hewan kurban yang harganya paling mahal adalah jangan ditawar.

Akan tetapi, anjuran untuk memilih hewan kurban adalah yang paling berkualitas yaitu yang bersih dan tidak cacat dan memberikan manfaat seperti memiliki badan yang gemuk sehingga memiliki daging yang banyak. Hewan kriteria tersebut biasanya adalah hewan yang paling mahal harganya walaupun tidak menutup kemungkinan jika ada sapi untuk kurban yang lainnya yang memiliki harga yang lebih murah namun memiliki kualitas hewan yang sama.

Next

Related

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
EmoticonEmoticon